cara optimasi seo pada gambar

Dalam hal optimasi Seo blog, tidak sedikit orang yang fokus pada tulisan saja. Padahal sejatinya, Google tidak hanya mengindexan melalui artikel atau kata kunci saja. Salah satunya juga melalui optimasi seo pada gambar.

Sobat tentu pernah bahkan sering, mengetikan pencarian gambar di search engine. Duniaelektronik.net bahkan ketika dicari di search engine, biasanya gambarlah yang bisa tampil di halaman pertama Google., meskipun umur uploadnya baru beberapa hari saja.

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Ini menunjukan betapa pentingnya optimasi gambar blog ini. Sebab ketika seseorang mencari gambar tertentu, dengan hal ini ketika gambar di klik maka ia akan mengarahkan ke blog kita.

Selain itu, selain serach berupa tulisan, atau pun video Google juga memang memiliki image search, yakni pencarian yang berdasarkan gambar. Jadi jika blog sobat ingin senantiasa muncul di halaman pertama, lakukanlah selalu optimasi seo gambar ini dengan maksimal.

Selain dapat membuat trafik blog meningkat, adanya optimasi gambar blog, juga akan membuat tampilan artikel dalam blog kita semakin menarik. Sehingga pengunjung akan sangat tertarik untuk membacanya.

Pentingnya Memiliki Gambar yang Fresh

Selain artikel, Google juga sangat menyukai sesuatu yang baru. Termasuk di dalamnya perihal optimasi gambar blog. Sehingga dengan demikian, sangat disarankan sobat memilik koleksi gambar sendiri.

cara optimasi seo pada gambar

Memiliki gambar sendiri, yang sobat dapatkan dari jepretan kamera DLSR, ataupun smartphone. Tentu juga merupakan salah satu kekayaan bagi blog itu sendiri. Sebab tidak menutup kemungkinan, jika gambar yang kita upload berkualitas, maka akan ada banyak blog lain yang juga menggunakannya. Hingga akhirnya menuliskan sumber gambar, dengan caption alamat blog kita.

Senang bukan ?Selain bermanfaat juga blog kita akan semakin mudah dikenal publik. Karena banyak yang memperkenalkannya melalui blog mereka. Inilah pentingnya sebuah tulisan sumber keterangan gambar, akan membuat senang pemilik gambar senang. Sehingga blog yang kita miliki, tidak beresiko dibaned karena menggunakan karya orang lain begitu saja.

Oleh karenanya, jika sobat terpaksa mengambil gambar dari blog orang lain, karena tidak memiliki blog sendiri. Lakukanlah cara ini sebagai salah satu cara permisi, kepada pemilik gambar asli, yang tak jarang mereka peroleh dengan susah payah. Mulai dari mendapatkannya, bahkan hingga langkah pengeditannya.

Referensi Kami : Inspiratif, 4 Orang Ini Tinggalkan Pekerjaan Bergaji Hingga Puluhan Juta Demi Menjadi Full Time Blogger

Jangan Asal Menggunakan Gambar

Meskipun gambar akan membuat tampilan artikel dalam blog semakin menarik, namun kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakan gambar.

Cara optimasi seo melalui gambar yang terbaik, salah satunya adalah dengan menggunakan gambar, yang sesuai dengan tema gambar yang kita buat. Terasa aneh bukan, jika kita membahas seputar komputer, namun gambar yang ditampilkan justru gitar. Oleh karenanya, kita harus senantiasa memperhatikan gambar yang kita upload. Sehingga benar-benar pas dengan isi artikel, dan dapat meningkatkan kualitas seo.

Selain itu, senantiasa berhati-hatilah dalam mengambil gambar. Dikhawatirkan gambar yang kita ambil memiliki hak cipta. Sehingga blog kita justru bisa dilaporkan ke DMCA Google, dan akhirnya reputasi blog kita pun bisa menjadi buruk karenanya.

Selain menuliskan sumber link, dimana kita mengambil gambar. Sebaiknya sobat juga gunakan software untuk mengedit gambar, seperti Photoshop, CorelDraw dan lainnya. Sangat dianjurkan sobat mendesain sendiri gambar dengan aplikasi tersebut, sehingga gambar akan senantiasa fresh.

Selain itu, bisa juga menggunakan software screenshoot, untuk kemudian mengeditnya sehingga tidak terdeteksi plagiat. Jangan lupa pula rename, atau buat judul gambar yang sesuai dengan optimasi gambar seo.

Namun meski demikian, jika gambar tersebut diambil dari website orang lain. Sangat dianjurkan sobat tetap menulis sumber link, dari gambar tersebut, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Optimasi Gambar Blog yang Baik

Dibawah ini dijelaskan beberapa tips sederhana, namun sangat berpengaruh untuk meningkatkan optimasi seo pada gambar.

1.Sesuaikan Ukuran Gambar

Salah satu yang harus diperhatikan, pada optimasi seo gambar, adalah ukuran dari gambar yang kita upload. Tidak sedikit yang memasukan gambar, tanpa memperhatikan ukuran, atau size dari gambar itu sendiri. Dampaknya, saat gambar tersebut berukuran sangat besar, selain membutuhkan cukup lama saat diupload. Lebih dari itu hal ini dapat menyebabkan proses loading blog bisa menjadi sangat lambat.

Oleh karena itu, perhatikanlah selalu ukuran gambar yang akan diupload. Jangan sampai ukurannya justru akan membuat proses loading menjadi sangat lambat. Sebelum gambar di upload, coba periksa ukurannya dengan cara klik kanan pada gambar, lalu pilih propertis dan lihatlah sizenya. Jika terlalu besar, silahkan rubah melalui sebuah aplikasi, seperti photoshop dan lainnya.

2. Sesuaikan Ukuran Luas Gambar

Setelah size gambar sudah kecil, langkah selanjutnya sobat juga harus memperhatikan luas gambar, yang meliputi panjang dan tingginya.

cara optimasi seo pada gambar

Untuk standar ukuran gambar web, atau blog. Tentu bermacam-macam, hal ini terutama ditentukan pada template yang sobat gunakan. Misalnya ada yang menggunakan 600×350 pixel, 640 x 448 pixel, atau 700 x 350 pixel. Untuk menentukan luas gambar, sobat bisa menggunakan Photo Shop ,ataupun Microsoft Office Picture Manager. Sehingga lebih mudah dalam mengeditnya, dan kemudian menyimpannya dalam format png ataupun jpeg.

3. Buat Nama Gambar Sesuai Target Kata Kunci yang Dituju

Cara optimasi seo pada gambar blog yang terakhir kita bahas, adalah merubah nama gambar, menjadi sesuai dengan kata kunci yang sobat bidik. Sehingga dengan demikian, saat ada yang melakukan pencarian di halaman pencari terkait kata kunci tersebut. Maka setiap gambar yang ada di dalam artikel kita pun akan muncul.

Selain memberi nama yang sesuai keyword, sobat juga harus membuat deskripis gambar, yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Sehingga semakin membuat gambar tersebut semakin seo.

Demikian cara optimasi seo pada web atau blog yang dapat kami jelaskan. Selebihnya bisa ditanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Cara membuat website self hosted tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi sobat yang ingin m…