Ini Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Agar Blog Banyak Pengunjung, Ini Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Diposting pada

Cara submit sitemap ke Google Webmaster Tools, adalah salah satu hal yang penting untuk sobat yang memiliki blog atau website. Sebab dengan menerapkan cara ini, maka setiap artikel yang sobat buat akan cepat terindeks mesin pencari, sehingga akan lebih mudah mendatangkan para pembaca.

Saat ini cara submit sitemap terbilang sangat mudah, sebab berlaku untuk semua domain. Sebab dahlu biasanya hanya berlaku untuk domain bawaan blogspot saja, sehingga jika sobat sudah mencustom domain akan mengalami eror.

Meskipun bisa digunakan untuk semua domain selain blogspot, jika sobat salah memasukan kode, tentu tetap akan mengalami eror. Contoh kode yang benar adalah https://inspirasi-dttg.blogspot.com/sitemap.xml .

Pengertian Submit sitemap

Pengertian sitemap pada dasarnya adalah peta situs. Sementara yang maksud dari submit sitemap, adalah suatu proses pendaftaran dimana sobat selaku pemilik web atau blog, mengirimkan peta situs ke search engine, seperti Google, Yahoo, Bing dan yang sejenisnya.

Adapun tujuan submit sitemap adalah agar website atau pun blog yang sobat miliki, cepat terbaca/terindeks oleh search engine, sehingga setiap postingan yang kita buat dalam situs kita bisa segera muncul di halaman mesin pencari.

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Sebelum membahas cara submit sitemap, pastikan terlebih dahulu bahwa blog yang sobat buat sudah di daftarkan pada Google Webmaster Tools. Jika ternyata blog sobat belum di daftarkan, silahkan baca terlebih dahulu panduannya : Cara daftar dan verifikasi blog di google webmaster tools atau Search Console

Jika sudah, silahkan sobat masuk ke Google Webmaster Tools, yang sekarang telah berubah nama menjadi Search Console tersebut. Setelah masuk, silahkan sobat lihat pada menu sebelah kiri, yakni pada tulisan putih berkotak merah, seperti gambardi bawah ini :

Cara Submit Sitemap

`Selanjutnya silahkan klik tuliskan Tambahkan Peta Situs, atau Add Test Sitemap. Selanjutnya silahkan masukan sitemap blog sobat, seperti contoh di bawah ini.

Crawl – Sitemap“>Klik “ADD/TEST SITEMAP” masukkan sitemap blog anda https://duniaelektronik.net/sitemap.xml.

Silahkan sobat ganti duniaelektronik.net, dengan alamat link blog sobat semua. Selanjutnya sobat tinggal mengklik submit sitemap, seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Submit Sitemap

Selanjutnya kita tinggal menunggu Google, untuk mengindeks semua artikel dalam blog kita. Jika tulisan kita sedikit, maka hal ini akan dilakukan Google dalam waktu beberapa jam. Namun jika artikel dalam blog kita sudah banyak, maka Google memerlukan waktu 1 x 24 jam untuk dapat melakukannya. Setelah artikel blog kita mulai bisa terindeks, jika sebelumnya menggunakan sitemap yang lain, maka sitemap yang lama tersebut bisa kita hapus.

Cara Submit Sitemap Blog dengan Banyak Artikel

Jika blog sobat sudah memiliki banyak artikel, sebaiknya menggunakan cara khusus agar semua artikel blog sobat bisa cepat terindeks Google. Adapun cara sumit sitemap blog yang memiliki banyak konten tersebut adalah sebagai berikut :

  • Jika blog kamu memiliki artikel kurang dari 500 buah, silahkan bisa menggunakan kode berikut : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500.
  • Jika blog kamu memiliki artikel lebih dari 50, namun kurang dari 1000, silahkan bisa kamu gunakan dua kode berikut ini, satu demi satu : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Sementara jika blog kamu sudah memiliki artikel lebih dari 1000, , maka kamu bisa mensubmit kedua kode tersebut dan mengganti kode star-index = 1 dengan jumlah max result+1.

Keuntungan Blog yang Sudah Melakukan Proses Submit Sitemap

Meskipun cara ini terlihat sangat sederhana dan mudah, namun keuntungan yang sobat dapatkan selaku pemilik blog, akan besar sekali. Sebab dengan melakukan submit sitemap ini, maka blog sobat akan memiliki tingkat SEO yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan tingginya SEO tersebut, maka kesempatan blog sobat untuk tampil di halaman pertama Google pun semakin terbuka lebar. Sehingga dengan demikian, kesempatan mendapatkan banyak visitor blog pun akan semakin tinggi pula, dan akhirnya berdampak bagi semakin besarnya penghasilan Adsense kita.

Bagi sobat, yang kebetulan blognya belum memiliki akun Adsense. Silahkan segera daftarkan, agar bisa memperoleh penghasilan dari aktivitas blogging yang sobat lakukan.

Dengan mendaftarkan atau submit sitemap blog ke Webmasters Tools maka blog anda akan semakin SEO daripada sebelumnya. Dengan begitu dimungkinkan semua artikel dapat bersaing di beranda google.

Baca Artikelnya : Ini Cara Jitu Agar Blog Langsung Diterima Google Adsense

Demikian cara submit sitemap ke Google Webmaster Tools, semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *