Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

11 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021, Terpercaya OJK!

Diposting pada 466 views

Aplikasi pinjaman online terbaik, mayoritas dibutuhkan banyak orang. Selain cepat cair, proses mudah, tanpa jaminan, dan dapat dicicil, tingkat kepercayaan aplikasi tersebut tentu menjadi hal yang sangat penting.

Seperti kita tahu, sebagai manusia memang kita tak bisa menduga-duga suatu kebutuhan yang bisa datang sangat mendadak, Mulai dari biaya pendidikan, hingga biaya berobat ke rumah sakit. Di era digital yang semakin dimudahkan ini, memang kita dimudahkan untuk mencari aplikasi pinjaman online bunga rendah, sehingga tidak terlalu membebani nantinya.

Namun demikian, hal terbaik yang bisa kita lakukan memang menghindari pinjaman. Sebisa mungkin menabung di masa lapang kita, untuk menyediakan dana darurat yang bisa dibutuhkan kapan saja. Barulah jika memang keuangan kita sudah tidak memungkinkan lagi, dan kita sudah mencoba meminjam kepada keluarga dan orang terdekat tapi juga tidak bisa. Maka salah satu solusinya memang meminjam ke lembaga keuangan.

Salah satu solusi yang bisa diambil adalah menggunakan kartu kredit, dan sayangnya hanya sebagian orang yang memilikinya. Lembaga keuangan pun memberikan solusi dalam hal ini, diantaranya adalah pijaman uang melalui bank.

Kelebihan Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Ada beberapa kelebihan jika kamu menggunakan aplikasi pinjaman online OJK, atau yang sudah dipercaya OJK. Ada pun beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Tanpa Menggunakan Jaminan

Ketika harus meminjam uang, baik ke bank maupun koperasi mayoritas harus menggunakan jaminan. Mulai dari BPKB kendaraan, sertifikat tanah/ bangunan dan lainnya. Selain harus memiliki dokumen tersebut, proses persetujuan kredit yang menggunakan anggunan juga membutuhkan waktu lama.

Mungkin tidak masalah jika keputusan kamu melakukan pinjaman untuk kebutuhan usaha. Lain ceritanya jika untuk kebutuhan mendadak, seperti biaya rumah sakit dan lainnya. Kebutuhan seperti ini menuntut kamu untuk mendapatkan dana secepat mungkin, dan sebisa mungkin dapat dilakukan melalui gadget sehingga tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

Prosesnya Mudah

Aplikasi pinjaman online OJK tentunya bisa memberikan kemudahan dalam prosesnya. Seperti disinggung pada point sebelumnya, kamu bisa melakukan proses pengajuan pinjaman cukup melalui gadget. Selain itu tentunya tidak bertele-tele, serta tanpa syarat.

Bisa Langsung Cair

Kelebihan menggunakan aplikasi pinjaman online terbaik berikutnya tentu saja bisa langsung cair. Hal ini tentu sangat membantu bagi siapa saja, yang membutuhkan dana emergensi karena menuntut harus cepat cair.

Dapat Dicicil

Fitur dapat dicicil ini tentunya sangat membantu dalam hal pembayaran. Cukup berat rasanya jika harus membayar sekaligus, apalagi jika jumlah dana yang dipinjam tidak sedikit.

Terpercaya

Saat ini tak sedikit oknum tak bertanggung jawab, sehingga membuat seseorang berfikir ulang untuk melakukan pinjaman online. Atas dasar itu, pastikan kamu meminjam di aplikasi terpercaya. Salah satu ciri pinjaman online terpercaya adalah jika sudah terdaftar di OJK.

11 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

Sejak tahun 2019, pinjaman online tanpa syarat dan jaminan yang hanya memerlukan KTP saja, bukan hanya ditawarkan oleh Fintech. Bahkan sejumlah bank pun telah menjajal produk KTA yang memiliki fitur sama. Dimana pihaknya menawarkan pinjaman cepat dan mudah yang bisa dilakukan melalui aplikasi.

Hal ini tentu semakin memudahkan masyarakat yang membutuhkan dana cepat, dan tanpa jaminan pula. Bunga KTA yang ditawarkan bank biasanya juga lebih rendah, serta memiliki tata kelola lebih ketat sehingga semakin meminimalisir penyalahgunaan data nasabah.

Baca Juga : Jangan Tertipu, Ini Daftar Aplikasi Pinjaman Online Ilegal 2021 yang Sudah Ditutup OJK!

Atas dasar itu, dalam rekomendasi aplikasi pinjaman online terbaik ini, penulis membandingkan program serupa yakni dari KTA Bank dan Fintech P2P lending. Hal yang terpenting, artikel ini hanya merekomendasikan pinjaman terpercaya yang dipastikan sudah terdaftar di OJK. Dilansir dari duitmu.com, berikut aplikasi pinjaman online OJK yang dimaksud:

1. Julo – Pinjaman Uang Mendadak

 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

Julo adalah salah satu aplikasi yang menawarkan pinjaman uang yang pembayarannya bisa dicicil. Fintech P2P ini juga memiliki produk pinjaman bulanan online yang bisa langsung cair.

Menurut informasi yang ada di aplikasinya, limit mulai Rp 500 ribu sampai Rp 15 juta, dengan tenor hingga 9 bulan. Bunganya pun mulai 0,1% perhari.

Untuk melakukan pengajuan persyaratannya harus Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21 hingg 60 tahun, bekerja atau berpenghasilan minimum Rp 2 juta, dan memiliki rekening bank.

Untuik informasi lebih lengkap kamu bisa menghubungi call centernya langsung melalui E-mail cs@julo.co.id, website julo.co.id, Twitter dan Instagram @juloindonesia. Alamat kantornya sendiri berada di 88@Kasablanka Tower A Lt.10E, Jalan Casablanca Raya Kav. 88, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

2. KreditPintar

KreditPintar

Kredit Pintar juga merupakan Fintech yang memberikan penawaran pinjaman uang online langsung cair dalam waktu 24 jam.

Untuk mengajukan tidak bisa dilakukan melalui situsnya, tapi hanya melayani via aplikasi. Jadi kamu hanya bisa menggunakan smartphone, dan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Playstore.

Ada pun persyaratannya adalah WNI berusia 18 hingga 55 tahun, memiliki KTP dan rekening dengan pemilik sama sesuai KTP, serta memiliki pekerjaan atau penghasilan.

Kredit pintar memiliki beberapa opsi jumlah pinjaman dengan tenor berbeda. Setidaknya ada  4 opsi pinjaman online cepat cair yang bisa dipilih.

  •  600 ribu, 14 hari
  • 1,2 juta, 14 hari
  • 1,2 juta, 28 hari
  • 2,3 juta, 3 bulan

Untuk mengajukan pinjaman, kamu harus memilih salah satu opsi di atas. Tidak bisa mengajukan di luar pilihan opsi tersebut.

Selanjutnya untuk bunga yang akan dibebankan, juga tergantung dari jumlah platfon pinjaman. Terdapat beberapa pilihan jumlah pinjaman yang bisa kamu pilih.

Untuk menghitung suku bunga dengan akurat, kamu bisa menghitungnya sendiri. Pertama hitung lebih dulu jumlah dana yang diterima pada rekening kamu saat pencairan. Kemudian hitung jumlah yang harus dibayarkan saat pelunasan jika sudah jatuh tempo.

Agar lebih jelas, mari kita hitung bunga pinjaman online kredit pintar ini.

Jumlah pinjaman Rp 600 ribu, tenor 14 hari. Dana cair Rp 540 ribu. Jumlah pengembalian Rp 666 ribu. Total bunga 18.92% atau 1.4% perhari.

Jumlah pinjaman Rp 1,2 juta, tenor 28 hari. Dana cair Rp 1.056.000. Jumlah pengembalian Rp 1.392.000. Total bunga 24.14% atau 0.9%perhari.

Jumlah pinjaman Rp 2,3 juta, tenor 90 hari (3 bulan). Dana cair Rp 1.955.000. Jumlah pengembalian Rp 2.645.100. Total bunga 26.09% atau 0.3% per hari.

3. KTA Commbank

KTA Commbank

Commbank juga ikut menawarkam pinjaman uang KTA secara online, dengan mudah dan cepat.

Untuk mengajukan pinjaman, harus melalui e-form yang disediakan di situs bank asal Australia. Dengan demikian, kamu tidak perlu mendownload aplikasi KTA lebih dulu.

Plafond KTA Commbank mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 30 juta. Masa pinjamannya sendiri memiliki dua opsi, yakni 12 atau 18 bulan. Kamu diwajibkan melakukan pembukaan rekening di Commbank lebih dulu, sebab sistem pembayaran auto-debit dari rekening peminjam di bank tersebut.

Selain memiliki rekening Commbank, peminjam juga harus berusia 21-55 tahun, memiliki penghasilan bersih minimal Rp 3.5 juta/ bulan. Nasabah juga harus berdomisi di Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, dan Denpasar.

Besarnya bunga pinjaman dari KTA Commbank sendiri yakni 1.99% flat/ bulan. Sebagai informasi, semakin panjang tenor yang diambil maka biaya bungannya pun akan semakin besar.

Ada pun simulasi cicilan dan juga bunga Commbank tersebut adalah sebagai berikut:

Jumlah pinjaman Rp 10 juta, tenor 12 bulan, cicilan Rp 1.032.333, pengembalian Rp 12. 387.996, total bunga 23.88%.

Jumlah pinjaman Rp 30 juta, tenor 12 bulan, cicilan Rp 3.097.000, pengembalian Rp 37.164.000, total bunga 23.88%.

4. KTA DBS digibank

 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

Sekalipun bank, namun DBS digibank juga menawarkan pinjaman online yang bisa langsung cair hanya dalam hitungan menit. Kerennya lagi  situs digibank bahkan diklaim sebagai aplikasi kredit online terbaik yang pencairannya hanya memerlukan waktu satu menit saja.

Untuk dapat melakukan pinjaman, nasabah diharuskan mengunduh dulu aplikasi digibank DBS di playstore. Pastikan juga kamu memiliki KTP, sebab itu merupakan persyaratan utamanya.

Platfon pinjamannya mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 300 juta. Pilihan tenornya sendiri yakni 12, 24, dan 36 bulan.

Agar memiliki gambaran, berikut ini simulasi cicilan dan bunganya.

Jumlah pinjaman Rp 20 juta, cicilan Rp 853.556, tenor 36 bulan, bunga 1.49% per bulan.

Jumlah pinjaman Rp 30 juta, cicilan Rp 1.280.333, tenor 36 bulan, bunga 1.49 per bulan.

5. Permata KTA Online

Aplikasi pinjaman online terbaik berikutnya datang dari Bank Permata. Melalui aplikasi mobilenbanking Permata X memberikan penawatan pinjaman online 24 jam. Setelah pengajuan, sekitar 24 jam kemudian sudah ada keputusan dari pihak Permata.

Permata Mobile X

Prosedur pengajuannya pun cukup mudah. Pertama silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi Permata Mobile X di Playstore. Setelah terpasang di smartphone silahkan gunakan menu pinjaman uang KTA.

Karena melalui aplikasi, tentu segalanya sesuatunya bisa dilakukan secara online. Jadi kamu tidak harus datang ke kantor cabang, atau menemui marketingnya.

Proses pengisian data sangat simpel dan tidak bertele-tele. Syaratnya hanya memiliki e-KTP, NPWP dan smartphone yang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie.

6. RupiahCepat

RupiahCepat

RupiahCepat merupakan salah satu P2P yang cukup agresif dalam menawarkan pinjaman uang secara online. Untuk melakukan pinjaman nasabah cukup menggunakan aplikasinya.

Ada pun tawaran pinjaman dari Rupiah Cepat adalah mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta, dengan jangka waktu pelunasan 3 bulan. Proses pengajuan pinjamannya membutuhkan waktu 15 menit, dan disetujui setelah 2 sampai 48 jam.

Persyaratannya pun cukup simpel, yakni berusia minimal 22 tahun, memiliki e-KTP,  memiliki sumber penghasilan stabil, dan memiliki nomor ponsel aktif.

Setelah menerima pengajuan, pihak Rupiah cepat biasanya akan menghubungi dalam waktu sehari kerja. Waktu paling cepat untuk mendapatkan pendanaan adalah 20 menit.

7. Rupiah Plus

rUPIAHpLUS

Rupiah Plus juga dikenal sebagai Fintech pinjaman dana tunai yang memiliki strategi marketig yang agresif. Tak ayal jika kemudian cepat terkenal sebagai pinjaman dana cepat via online.

Namun beberapa bulan lalu, pihaknya rupanya telah melakukan rebranding. Hal ini dapat dilihat dari websitenya yang tidak bisa diakses dan dialihkan ke brand lain. Brand baru tersebut adalah Perdana.

Saat tulisan ini dibuat, belum ad informasi resmi dari pihak perusahaan terkait rebranding ini. Namun saat dilihat, entitas Perdana sama dengan yang dimiliki perusahaan Rupiah Plus. Begitu pun dengan ijin OJK yang digunakannya.

Untuk mengajukan pinjaman melalui Fintech P2P ini, nasabah harus lebih dulu mengunduh aplikasinya melalui playstore. Pinjaman online tanpa jaminan nya memiliki beberapa pilihan plafon, yakni Rp 800 ribu, Rp 1.5 juta, Rp.1.6 juta, dan Rp 1.8 juta.

Masa tenornya sendiri adalah 14 hari, bunga 0.8% per hari (tanpa biaya lain).  Sebagai gambaran, jika pinjaman kamu Rp 800 ribu dengan tenor  15 hari, maka jika sudah jatuh tempo jumlah uang yang harus dibayarkan adalah Rp 800.000 x (1+14×0.8%)  = Rp 889. 600

8. Pinjaman Online Dana Instan Tokopedia

pinjaman tokopedia

Banyak orang mengenal Tokopedia sebagai salah satu toko online terbaik di Indonesia. Ternyata sejak sekitar tahun 2019, perusahaan ini juga memberikan penawaran pinjaman online tanpa jaminan, melalui produk Dana Instan.

Ada pun tawaran plafon pinjaman uangnya sendiri yakni mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1.2 juta, dengan pilihan tenor 14 hari dan 21 hari. Bunga pinjamannya adalah 1% sehari.

E-Commerce ini memberikan keputusan permohonan dalam waktu 24 jam setelah pengajuan, dan diproses pada hari kerja. Jika permohonan tersebut disetujui, pencairan paling lambat selama 2 hari kerja sejak diajukan permohonan.

Menurut pengakuan nasabah yang melakukan pinjaman Dana instan Rp 600.000 dengan waktu pengembalian 14 hari kerja. Uang yang diterima ke rekeninhnya saat itu adalah Rp 516.000, dan saat pengembalian Rp 600.000. Jika dihitung maka total pengembalian bunganya adalah 16.2%, yakni Rp 84.000/ 516.000.

Jadi jika dihitung bunga 16.2% dibagi 14 hari berarti 1.1% perharinya. Sementara Tokopedia mengklaim bunganya adalah 1%.

Perbedaan ini terjadi karena pemotongan bunganya dilakukan di awal saat pencairan pinjaman. Jadi jumlah uang yang diterima tidak sesuai pengajuan, sebab langsung dipotong bunganya.

9. TunaiKita Pinjaman Online Cepat Cair

Aplikasi pinjaman online terbaik

Aplikasi pinjaman online terbaik berikutnya yang kami rekomendasikan adalah TunaiKita. Dalam beberapa tahun terakhir Fintech P2P ini mengalami perkembangan cukup pesat. Diawal tahun 2017 saja, pinjaman uang online yang diberikannya dalam waktu setahun sudah mencapai puluhan miliar.

Tawaran pinjaman tanpa jaminan nya pun sangat beragam, mulai dari Rp 500 ribu, Rp 5 Juta, Rp. 10 juta, hingga 20 juta. Terdapat 2 pilihan jenis produk yang bisa dipilih yakni tenor 10 hari dan 30 hari. Pinjaman uang dapat dicicil hingga 3 bulan.

Adapun syarat pengajuan pinjaman uang online di Tunaikita adalah WNI berusia 21 hingga 60 tahun, memiliki KTP dan NPWP, memiliki rekening bank, serta berdomisili di wilayah layanan, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Denpasar, Malang, Kediri, Jember, Gresik, Banyuwangi, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Padang, Makassar, Manado, Pontianak, dan Banjarmasin.

Berikut ini simulasi cicilan dan bunga di Tunaikita.

Jumlah pinjaman Rp 4 juta, cicilan Rp 1.615.000, pengembalian Rp 4.845.000, tenor 3 bulan, total bunga 21%.

Jumlah pinjaman Rp 6 juta, cicilan Rp 2.406.000, pengembalian Rp 7.218.000, tenor 3 bulan, total bunga 20.3%

10. Tunaiku Pinjaman Uang Online

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik 2021

Cukup dengan KTP kamu sudah bisa mengajukan pinjaman online di Tunaiku. Meski berbasis Fintech aplikasi kredit online ini dimiliki Bank Amar, jadi ia bukan termasuk kategori P2P Lending OJK.

Jadi Tunaiku ini berbeda dengan pinjaman online lainnya yang berada dalam platform P2P. Terhitung sejak tahun 2018, Tunaiku merupakan produk amar Bank yang secara resmi terdaftat dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2014.

Untuk mengajukan, pemohon harus WNI berusia antara 21 sampai 55 tahun, memiliki rekening bank, bekerja atau berpenghasilan, serta berdomisili di area layanan. Pengajuan ini dilakukan melalui aplikasi yang dapat diunduh di Playstore.

Penting untuk diketahui, dalam prosesnya sekali pun menggunakan aplikasi pinjaman online, namun pemohon harus bertemu kurir guna konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak. Hal ini biasanya dilakulan dalam rentan waktu 1 hingga 3 hari kerja.

Jadi proses pinjam di Tunaiku tidak bisa langsung cair dalam waktu 24 jam. Hal ini terutama karena memiliki proses tambahan, yakni kunjungan ke rumah aplikan untuk menemui langsung calon peminjam.

Pilihan platfon dana tunia dari Tunaiku sendiri yakni Rp 2 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Pinjaman tersebut bisa dicicil selama 2 bulan hingga 20 bulan.

Berdasarkan pengalaman peminjamnya, berikut simulasi cicilan dan bunga Tunaiku.

Jumlah pinjaman Rp 2 juta, tenor 6 bulan, cicilan Rp 482.985, total pengembalian Rp 2.897.910, bunga flat 3.1 per bulan.

Jumlah pinjaman Rp 20 juta, tenor 20 bulan, cicilan Rp 1.620.532, total pengembalian Rp 32.410.640, bunga flat 7.5% per bulan.

Sekali pun bunganya relatif tinggi dibanding KTA Bank yang berkisar antara 1% hingga 3% flat perbulan. Namun jika dibanding pinjaman  online Fintech yang memberikan max 0.80% per hari, tentu Tunaiku jelas lebih murah.

11. Uang Teman

Uang Teman

Aplikasi pinjaman online terbaik 2021 terakhir yang kami rekomendasikan adalah Uang Teman. Fintech ini beroprasi sejak tahun 2015, dan merupakan salah satu pioner pinjaman online langsung cair 24 jam di Indonesia.

Fintech OJK yang sudah mendapatkan perizinan ini, memberikan penawaran aplikasi pinjaman online tapa jaminan dan juga kartu kredit.

Untuk mengajukan permohonan kredit tanpa jaminan, pemohon terlebih dulu harus mengunduh aplikasinya di Playstore. Syarat lainnya harus WNI berusia 21 hingga 65 tahun. Memiliki KTP dan mengambil foto selfie saat mengajukan permohonan kredit tapa jaminan. Hal yang terpenting tentu saja harus memiliki penghasilan.

Ada pun platfom pinjamannya sendiri mulai Rp 1 juta hingga Rp 3 juta, tenor maksimum 30 hari, dengan bunga 0.8%perhari. Jadi jika meminjam Rp 1 juta, maka setelah 30 hari jumlah uang yang harus dikembalikan adalah Rp 1.240.000.

Uang Teman juga memiliki penawaran pinjaman uang tang bisa dicicil selama 2 atau 3 bulan. sayangnya penawaran ini hanya berlaku untuk nasabah eksisting loyal yang memiliki catatan pembayaran bagus.

Cara Mengajukan Pinjaman Online

Secara sederhana cara mengajukan pinjaman online sangatlah mudah. Yakni sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi pinjaman online di Plasystore dengan smartphone Anda
  • Simulasi plafon pinjaman tenor dan kewajiban pembayaran di aplikasi
  • Berikan akses data ponsel ke perusahaan pinjaman online
  • Isi form dan siapkan e-KTP serta foto selfie
  • Tunggu maksimum 1 hari, pinjaman pun langsung cair

Itulah pembahasan mengenai aplikasi pinjaman online terbaik 2021. Jika bisa, tentu meminjam ke sanak family yang tanpa bunga lebih direkomendasikan. Hindari menghutang jika untuk sesuatu yang tidak terlalu mendesak, insya Allah hidup akan senantiasa tenang dan didatangkan rezeki yang barokah. Kuncinya adalah sabar dan yakin pada kuasa Tuhan. Semoga bermnafaat!

Gambar Gravatar
Menerima kerja sama review produk, bisnis, dan lainnya melalui duniaelektronik.net Jasa pembuatan website, press release dan backlink ke berbagai Media Nasional Indonesia. More info bisa via WhatsApp 0823 2727 7319.