Aplikasi SehatQ Mudahkan Semua Orang Berkonsultasi dan Booking Dokter

  • Whatsapp
manfaat aplikasi sehatq

Aplikasi SehatQ adalah aplikasi chat dan booking dokter yang sangat penting, dari dulu hingga kini. Selain karena masih banyaknya wilayah terpencil dengan akses yang jauh ke rumah sakit, berbagai hal lain pun semakin menjadikan aplikasi ini semakin bernilai.

Dengan hadirnya SehatQ.com dan juga aplikasi SehatQ, semua orang bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui menu chat. Selain itu, antrian panjang saat mendaftar pun tidak perlu lagi dialami sebab tersedia juga menu booking dokter.

Pentingnya Aplikasi SehatQ di Indonesia

Membahas manfaatnya aplikasi chat dan booking dokter itu tentu sangat banyak sekali, sesuai dengan kondisi seseorang dan wilayah. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis, beberapa manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut :

Akses yang Sulit Sangat Memberatkan Pasien

Jalan desa kamal - pamulihan
Jalan Desa Kamal – Pamulihan Sekitar Tahun 2015

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang tinggal di desa dan cukup jauh dari pusat kota, untuk bisa berkonsultasi dan mendapatkan layanan dokter itu tidaklah mudah. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang dunia kesehatan, membuat penulis kala itu tidak bisa mendapatkan informasi yang cukup mengenai penyakit yang sedang dialami.

Sekitar tahun 2007 saat duduk dibangku kelas 2 SMK, penulis mengalami radang ginjal. Perlu menempuh jarak puluhan kilo dari desa penulis yang berada di desa Kamal, Kecamatan Larangan Brebes sebelum akhirnya bisa berobat ke dokter.

Jalan yang sulit berbatu dan berlumpur kala itu, sangat membuat penulis merasakan sakit yang cukup berat pada bagian ginjal. Meskipun sepeda motor yang dikendarai saat itu melaju dengan sangat pelan dan hati-hati namun tetap saja batu dan jalan berlubang banyak yang tak bisa dihindari.

Tentu bukan hanya penulis yang merasakan hal ini, hampir semua masyarakat desa Kamal dan sekitarnya ikut merasakannya. Selain penyakit wanita-wanita hamil, dan juga para lansia tentu sangat terbebani dengan keadaan ini. Padahal demi menjaga tumbuh kembang anak yang ada dalam kandungan, seharusnya wanita hamil bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan dengan mudah.

data jalan rusak di Indonesia
Data jalan rusak di Indonesia berdasarkan Data BPS tahun 2017

Hal ini tentu tidak hanya dirasakan masyarakat desa Kamal dan sekitarnya, sebab di Indonesia ternyata masih banyak sekali jalan yang rusak. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017, pada tahun 2016 di Indonesia jalan rusak mencapai 86.605, sementara yang rusak berat mencapai 93.619.

Menunggu Adalah Pekerjaan Menjenuhkan

Setelah menempuh perjalanan cukup jauh dan berat, melihat jumlah antrian panjang pasien tentu bukanlah sesuatu yang mengenakan hati. Berbagai prosedur yang harus dipenuhi, ditambah antrian panjang tersebut tentu membuat para pasien harus ekstra sabar.

Antrian panjang tersebut juga tak jarang membuat pasien tidak bisa mendapatkan informasi yang cukup saat bisa berkonsultasi dengan dokter. Di sinilah sangat terasa betapa pentingnya peran Aplikasi SehatQ yang bisa konsultasi langsung dengan dokter. Melalui menu chat, pengguna akan dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter.

Tak jarang karena kurangnya informasi, atau karena adanya kegiatan atau perisriwa tak terduga seorang dokter tidak ada di tempat praktek. Pasien yang ingin berkonsultasi dan berobat tentu akan sangat kecewa jika datang ke sebuah fasilitas kesehatan, namun dokter yang dituju tidak ada. Dengan adanya menu booking dokter, selain bisa mengetahui jadwal prakteknya, kita pun bisa langsung booking dokter untuk bisa mendapatkan pelayanan yang pasti darinya.

Tidak Sedikit Pasien yang Malu untuk Berkonsultasi

Aplikasi sehatq

Selain dokter umum berbagai dokter spesialis juga ada dalam layanan aplikasi SehatQ. Dokter yang terdaftar di aplikasi tersebut tentu saja berkualitas, sebab sudah terdaftar dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan juga telah memiliki Surat Tanda Terigistrasi.

Seperti kita tahu tidak semua orang memiliki keberanian yang cukup untuk berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika sakit yang dideritanya pada bagian-bagian tertentu. Dengan hadirnya menu chat dokter maka pengguna akan memiliki keberanian yang cukup tinggi, selain hanya diketahui dirinya dan dokter yang bersangkutan melalui pesan chat seseorang biasanya akan lebih terbuka.

Dengan menggunakan pesan chat dan tanya dokter kemudian berlanjut ke menu booking dokter, maka ketika bertemu dengan dokter yang bersangkutan pasien tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar. Sebab rekaman medis yang ada dalam akun pribadinya akan membuatnya lebih mudah menangani pasien dengan cepat dan tepat sesuai gangguan kesehatan yang dialaminya.

Selain hal-hal di atas sebenarnya masih banyak manfaat lain dari aplikasi SehatQ ini, misalnya saja seperti mendapatkan informasi lengkap seputar obat dan penyakit, fasilitas kesehatan, seminar dan acara kesehatan, promo produk dan layanan kesehatan, dan lain sebagainya.

Cara Chat dan Menggunakan Menu Booking Dokter

Aplikasi sehatq

Untuk menggunakan menu chat dan booking dokter pastikan Anda telah memiliki akun di aplikasi sehatQ, yang bisa diunduh di PlayStore. Informasi lengkap mengenai hal ini, silahkan baca postingan di bawah.

Baca : SehatQ Aplikasi Kesehatan Terbaik, Bisa Chat dan Booking Dokter dengan Mudah

Sebagai informasi menu chat dokter berlaku pada hari Senin s/d Jum’at Pukul 06.00 – 20.00 WIB. Untuk menggunakan menu ini silahkan klik menu Chat Dokter, kemudian klik Konsultasi Baru pada menu yang muncul.

Jika Anda ingin langsung booking dokter melalui aplikasi SehatQ, silahkan bisa pilih menu Booking Dokter. Pilih menu dokter pada pilihan menu yang muncul. Selanjutnya tinggal klik nama dokter yang sesuai.

Sebagai contoh di sini saya klik dr. Firhansani. Menurut info profilnya beliau adalah dokter umum, dengan tempat praktek di RS Putera Bahagia Cirebon. Dalam informasi profil tersebut, beliau ada jam praktek pada pukul 17.00-20.00 WIB pada hari Sabtu .

Ketika mengklik booking dokter dan memilih hari dan jam berobat, maka akan muncul menu pendaftaran yang harus diisi, seperti Nama Pasien, Alamat Email, Nomor Handphone, Tanggal Lahir, Metode Pembayaran (Pribadi atau Asuransi), dan Catatan jika ada yang ingin disampaikan.

Setelah itu klik Lanjut, maka akan muncul menu konfirmasi, jika setuju berikan tanda ceklist pada kotak Saya telah menyetujui SehatQ Syarat dan Ketentuan. Kemudian klik Booking Sekarang.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi SehatQ yang sangat memudahkan bagi kita untuk berkonsultasi dan booking dokter. Menariknya jika konsultasi dengan dokter cukup mahal, tapi di SehatQ Anda bisa menikmatinya secara geratis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *