Baterai smartphone tahan lama
Trik baterai smartphone tidak cepat habis

9 Trik Agar Baterai Smartphone Tahan Lama dan tidak Cepat Habis

Diposting pada

Baterai smartphone tahan lama, tentu sebuah tips yang banyak dicari. Selain karena smartphone sering digunakan, karena memang banyak aplikasi yang ketika digunakan membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit.

Seperti kita tahu, smartphone keluaran terbaru kebanyakan memiliki ukuran layar LCD AMOLED, atau layar LCD yang berukuran besar. Namun setiap produk yang dikeluarkan, selalu memiliki kekurangan, seperti tidak menjamin baterainya awet dan mampu bertahan lama. Apalagi jika penggunanya tidak bisa lepas dari smartphone. Nah, berikut ini trik dan tips agar baterai smartphone tidak cepat habis.

Cara Ampuh Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Bagi sobat yang penasaran, berikut tips agar baterai smartphone tahan lama.

Memilih Walpaper Warna Gelap

Menggunakan walpaper berwarna cerah dan menarik, memang sangat menyenangkan untuk dilihat. Terlebih jika walpaper yang digunakan berupa animasi bergerak, pasti sangat menarik. Namun jika Anda ingin baterai tidak cepat habis, sebaiknya pilihlah walpaper dengan warna gelap. Penggunaan warna gelap ini sangat dianjurkan jika Anda menginginkan baterai smartphone tetap hemat, terlebih untuk layar AMOLED.

Baca Juga : Cara Agar Layar HP Tidak Mudah Macet dan Semakin Sensitif

Semakin gelap warna walpaper yang Anda gunakan, maka ketahanan baterai yang dimiliki smartphone juga lebih awet atau hemat. Tidak ada salahnya memilih walpaper yang kurang cerah, namun daya baterai yang dimiliki menjadi hemat.

Mematikan Aplikasi Bawaan Google

Tips selanjutnya agar baterai smartphone tahan lama, yaitu mematikan aplikasi bawaan google. Seperti Google voice yang lebih cepat menghabiskan baterai smartphone. Meski memudahkan pengguna dalam mencari informasi, namun jika dilakukan secara terus menerus dapat mengurangi kinerja baterai, dan akhirnya baterai menjadi lebih cepat habis.

Agar baterai smartphone tidak cepat habis, sebaiknya Anda menuju pengaturan google, dan mematikan beberapa aplikasi bawaan google yang sekiranya tidak terlalu sering dipakai.

Menggunakan Fitur Hemat Baterai

Jika Anda termasuk salah satu pengguna smartphone dengan OS Android Marshmallow, Anda beruntung karena telah dibekali dengan fitur hemat baterai, yaitu Doze Mode. Fitur ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan, tergantung keinginan pengguna. Fitur ini sangat pintar, karena mampu mendeteksi aplikasi smartphone yang tidak digunakan, melalui sensor gerakan.

Dengan begitu, fitur Doze Mode dapat bekerja dengan cara menonaktifkan berbagai aplikasi, yang sekiranya dapat mengurangi umur baterai. Sehingga Anda dimudahkan, karena baterai menjadi tidak mudah drop.

Rajin Update Aplikasi

Aplikasi yang lama, tidak diperbaharui justru bisa mengurangi kapasitas baterai secara lebih cepat. Jika rajin melakukan update aplikasi, maka aplikasi yang berjalan menjadi lancar dan ringan. Akibatnya berefek pada baterai smartphone tidak cepat habis. Jika Anda memiliki aplikasi yang bisa dibilang jadul, sebaiknya hapus saja atau diupdate dengan aplikasi yang lebih baru.

Mengatur Manual Kecerahan Layar

Meskipun mengatur kecerahan otomatis lebih mudah digunakan, namun malah membuat tingkat kecerahan layar, semakin terang. Semakin terang layar, maka semakin cepat daya baterai yang dimiliki smartphone habis. Lebih baik atur kecerahan layar secara manual, sesuai kenyamanan. Aturlah tingkat kecerahan di dalam pengaturan, jangan pilih pengaturan kecerahan secara otomatis.

Mematikan Fitur yang Tidak Digunakan

Beberapa fitur di dalam smartphone memang berguna, namun tidak semua fitur tersebut sering digunakan. Beberapa hanya digunakan secara berkala. Jika dalam kondisi tidak mendesak, atau pemakaian dalam keseharian, sebaiknya dimatikan saja. Jika tetap dinyalakan, akan berakibat pada kondisi baterai yang boros.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Smartphone yang Sulit Diisi Daya dan Lupa Pola

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Fitur Vibrasi atau Getar

Jika Anda menggunakan fitur vibrasi atau getar, akan mempengaruhi penggunaan baterai lebih banyak. Untuk itu, sebaiknya hentikan pemakaian fitur vibrasi. Jika dirasa mengganggu, Anda bisa menggunakan fitur mute atau diam. Dengan begitu baterai smartphone tidak cepat habis.

Mengatur Screen Timeout Aktif dalam waktu yang Cepat

Lamanya screen timeout setelah penggunaan, juga berpengaruh terhadap habisnya baterai smartphone secara lebih cepat. Untuk itu sebaiknya atur screen timeout dalam waktu 1 hingga 3 detik saja.

Menghindarkan Smartphone dari Paparan Suhu Tinggi

Meletakkan smartphone dalam suhu tinggi, ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi baterai cepat habis. Hal ini karena pengaruh panas yang mempengaruhi kinerja menjadi lebih kuat. Sebaiknya lindungi smartphone dari suhu yang terlalu tinggi.

Demikian beberapa rekomendasi tips dan trik agar baterai smartphone tidak cepat habis. Seperti yang kita tahu bahwa manusia saat ini tidak bisa lepas dari ponsel pintar, sehingga perlu trik agar baterai smartphone tidak cepat habis. Sebagai tambahan, agar baterai smartphone tahan lama dengan maksimal, tidak ada salahnya anda gunakan aplikasi penghemat baterai.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.