Cara membuat NPWP Adsense

Cara Membuat NPWP Adsense untuk Publisher dari Indonesia

Diposting pada

Cara membuat NPWP Adsense beberapa waktu lalu, sangat ramai diperbincangakan para publisher Adsense di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada dari beberapa publisher, yang telah mendapatkan pemberitahuan akan hal ini. Baik melalui akun Adsense maupun melalui email yang digunakan. Dimana isinya adalah harus memasukan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Bukan hanya itu, bahkan juga sudah ada publisher yang pembayarannya ditangguhkan karena belum memasukan nomor tersebut. Hal inilah kemudian yang menjadikan para publisher ramai, khususnya dalam memperbincangkan cara membuat NPWP Adsense.

Adanya sebuah peraturan verifikasi NPWP oleh pihak Adsense, menandakan jika siapapun yang memiliki penghasilan dari jagat maya, akan diberlakukan pajak penghasilan baginya. Bahkan saat ini, para pelaku bisnis e-commerce juga sudah dikenakan pajak dari penghasilannya, dan sudah ada sebuah peraturan yang mengatur tentang pajaknya. Bukan hanya itu saja, ada juga wacana pemberlakuan pajak bari para selebgram.

Baca juga : 12 Cara Ampuh Menjadikan Kaya Mendadak dengan Selebgram

Cara Membuat NPWP Adsense

Membuat NPWP untuk para publisher, prosedurnya sama seperti biasanya, sebab NPWP untuk Adsense dapat kita kategorikan sebagai NPWP pribadi.

Mengetahui peraturan ini, mungkin ada sebagian orang yang merasa takut dan khawatir akan menurunnya tingkat penghasilannya. Namun selain membuat NPWP itu tidak sulit, sebenarnya pajak yang diberlakukan tidaklah besar sehingga tidak ada yang perlu khawatirkan. Justru seharusnya kita bangga, sebab dengan membayar pajak kita berarti turut andil dalam membangun negeri.

Dalam proses membuat NPWP Adsense terbilang sangat mudah, syarat utamanya adalah berusia minimal 18 tahun, atau sudah menikah. Jika belum atau tidak bekerja, kita pun tetap bisa membuat NPWP, yaitu dengan pengajuam NPWP untuk mencari pekerjaan.

Bagi Anda yang memperoleh penghasilan dari internet, seperti Adsense YouTube, Blog, reseler, dropshipper dan lainnya bisa menggunakan alasan memikiki UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), ataupun dengan alasan untuk mencari kerja.

Proses pembuatan NPWP ini tidaklah lama, Anda tinggal datang langsung ke kantor pajak (KPP Pratama), yang ada di kota terdekat sesuai di alamat KTP Anda, maka NPWP bisa langsung jadi atau selama satu hari kerja.

Jika saat ini Anda sedang merantau, silahkan bisa menggunakan surat keterangan domisili dari Kantor Kelurahan setempat. Praktisnya lagi, jika kebutuhan tidak terlalu mendesak Anda bisa mendaftar melalui online, dengan proses selama 3-7 hari kerja, untuk mendaftar secara online silahkan klik di sini.

Syarat Pembuatan Pajak Pribadi

Dalam cara membuat NPWP Adsense atau nomor pajak pribadi untuk wiraswasta, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP Elektronik pemohon.
  2. Fotocopy surat keterangan usaha minimal dari kelurahan.
  3. Mengisi formulir surat pernyataan yang telah disediakan (jangan lupa bawa materai 6000 untuk kebutuhan ini).
  4. Mengisi formulir pengajuan kepemilikian NPWP yang telah disediakan.

Setelah semua persyaratan tersebut kita penuhi, maka kita tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor pajak. Kartu NPWP tersebut akan dikirimkan ke alamat pemohon menggunakan paket pos. Perlu diketahui, pembuatan NPWP ini tidak dipungut biaya, alias gratis.

Cara Mengirimkan Informasi Pajak ke Google Adsense

Setelah Anda memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, maka tibalah saatnya Anda mengirimkan informasi pajak tersebut ke Google Adsense. Adapun cara mengirimkan informasi pajak ke Google Adsense, adalah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke akun Google Adsense Anda.
  • Klik panel navigasi kiri kemudian pilih menu pembayaran.
  • Setelah itu pilihah tombol kelola setelan.
  • Pilih edit pada bagian info pajak Indonesia.
  • Klik tombol perbaharui informasi pajak.
  • Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk dari pihak Google Adsense.

Saat ini, belum semua Akun Adsense memiliki pemberitahuan tentang pajak publisher ini, dan sebagian besar akun Adsense Indonesia belum memunculkan menu Info Pajak Indonesia. Namun informasi cara membuat NPWP Adsense ini sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan Anda akan membutuhkannya dalam waktu dekat.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.