cara memperbaiki headphone yang tidak berfungsi
cara memperbaiki headphone yang tidak berfungsi

Inilah Cara Memperbaiki Headphone yang Tidak Berfungsi

Diposting pada

Kali ini kita akan membahas cara memperbaiki headphone yang tidak berfungsi ketika digunakan. Ada beberapa cara yang akan kita bagikan, sesuai dengan jenis kerusakan pada headphone itu sendiri. Ada berbagai faktor kenapa headphone bisa cepat rusak ketika masa penggunaannya dirasa tidak terlalu lama. Pertama karena penyimpanan tidak benar dan kedua, banyak yang percaya karena faktor harga.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Handphone yang Sulit Diisi Daya dan Lupa Pola

Pengertian Headphone

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki headphone, tidak ada salahnya kita pahami terlebih dahulu pengertian headphone itu sendiri. Meski memang hampir semua orang mengenalnya, namun tentu tidak sedikit yang belum memahami pengertian headphone ini.

Dilansir dari Wikipedia.org pengertian headphone adalah sepasang pengeras suara kecil yang dalam penggunaannya sangat dekat dengan telinga para penggunanya.Dalam bidang fisika dan elektronika, alat ini dinamakan dengan penyuara kuping. Dalam bidang elektronika headphone juga dikenal sebagai fon telinga. Sementara pengertian headphone dalam bidang komunikasi masa adalah peranti dengar, dan dikenal sebagai pelantang teling dalam bidang umum.

Permasalahan yang Sering Muncul pada Headphone

Berbagai permasalahan pada headphone bisa beragam, bisa jadi karena kabelnya yang putus atau sambungan suara di salah satu headphone tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki headphone yang tidak berfungsi, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan, di antaranya solder, timah, selotip berwarna hitam untuk kabel, selotip bening, korek api dan terakhir adalah persiapkan juga gunting.

Memahami cara memperbaiki headphone merupakan hal penting karena di balik penggunaan headphone tersebut ada alasan tersendiri orang bisa begitu nyaman. Beragam alasan di antaranya adalah supaya suara yang didengarkan melalui media headphone tidak mengganggu orang lain. Misal, ketika Anda sedang mendengarkan music atau ketika Anda sedang sangat seru bermain game online.

Memperbaiki Headphone dengan Memutus Kabel

Proses perbaikan headphone sendiri ada beberapa macam, yang pertama kita akan lihat dari segi kerusakan headphone berupa terputusnya kabel. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Gunakan headphone yang telah tersambung dengan handphone, misalnya, supaya suara bisa keluar dari headphone tersebut.
  2. Periksa kabel yang rusak dengan cara menekuk-nekuk kabel sampai suara terdengar normal.
  3. Gunakan gunting ketika Anda menemukan sumber kabel yang rusak.
  4. Setelah kabel dipisahkan, selanjutnya Anda bisa mengupas kulit kabel untuk menemukan aneka kabel berwarna-warni di dalamnya.
  5. Kabel akan dilindungi oleh sambungan plastic, di sini korek api mengambil perannya supaya bisa membakar bagian kabel yang rusak.
  6. Jika sudah selesai membakar kabel yang rusak, selanjutnya Anda bisa menyambungkan kembali kabel-kabel tersebut sesuai dengan jenis warnanya.
  7. Coba kembali headphone sampai keluar suara yang semestinya. Jika masih belum benar, Anda bisa melakukan pembakaran ulang. Jika sudah benar maka Anda bisa melakukan solder pada kabel tersebut.
  8. Lapisi kabel dengan solatip bening dan solatip hitam.

Memperbaiki Headphone yang Konektornya Lepas

Berikutnya kita akan bahas seperti apa cara memperbaiki headphone yang terlepas dari konektornya. Tercatat ada beberapa cara, di antaranya adalah:

  1. Kalau memang konektornya putus maka langkah sederhana untuk memperbaikinya adalah mengganti konektor dengan membeli di toko listrik.
  2. Penanganan kedua, Anda bisa melakukan perbaikan dengan cara menyolder ulang bagian kabel yang tidak tersambung ke kepala headphone.
  3. Cara memperbaiki headphoneyang rusak berikutnya adalah gunakan headphone lain yang sudah tidak berfungsi, namun untuk konektornya masih bisa digunakan dengan baik. Anda bisa memisahkan bagian konektor dari kabel headphone untuk disambungkan ke headphone yang akan diperbaiki.

Itu dia langkah sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah ketika menghadapi kondisi headphone kesayangan yang rusak. Yang terpenting dari semuanya sebelum kerusakan terjadi adalah Anda melakukan perawatan yang benar dengan penggunaan yang tidak asal-asalan. Jangan karena barang murah kemudian Anda bisa meletakkan headphone di mana saja sampai rentan sekali kerusakan.

Terlebih jika harga headphone yang Anda beli itu mahal, otomatis menghadapi kondisi headphone tidak berfungsi akan sangat disayangkan. Jangan dulu cemas dan lekas memutuskan pergi ke tempat servis karena Anda bisa menanganinya sendiri di rumah melalui tutorial cara memperbaiki headphone.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.