Cara memperbaiki kerusakan blender

Cara memperbaiki kerusakan blender secara mandiri, sepertinya merupakan informasi yang dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga.

Sebab sekarang untuk menghaluskan bumbu tak sedikit ibu-ibu yang lebih memilih menggunakan blender dari pada cara manual, yakni menggunakan ulekan.

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Alasannya tentu lebih praktis dan tidak membuang tenaga begitu banyak, pada hal bumbu yang dihasilkan jauh lebih halus.

Frekuensi yang terlalu sering menggunakan blender untuk beragam kebutuhan, tentu seharusnya diimbangi dengan perawatan yang juga maksimal.

Blender ini terdiri atas beberapa komponen, diantaranya ada kapasitor yang berguna untuk pembangkitan beda fasa. Kemudian juga ada resistor yang berperan membatasi arus berlebih dari mesin. Ada juga diode yang berfungsi mengarahkan tekanan.

Ada inductor dan kapasitor juga yang berperan sebagai antisipasi frekuensi tinggi, disebabkan oleh putaran mesin terlalu tinggi. Berbagai komponen di atas tentu akan kehilangan fungsi apabila blender dalam keadaan rusak. Sebenarnya untuk menjaga supaya blender tetap berfungsi denganbaik, anda bisa rutin membersihkan mata pisau. Selain itu ada beberapa langkah penting, seperti di bawahini.

Cara Merawat Blender

Ada duacara yang akan kita bahas, pertama bagaimana seharusnya anda merawat blender dengan benar, sebelum masuk kecara memperbaiki kerusakan blender. Berbagai langkah di antaranya

1.Sesuaikan frekuensi kebutuhan tegangan pada blender Anda.

2. Tempatkan saklar pada posisi off.

3. Tempatkan mangkok adonan dengan sempurna seraya tidak lupa menggunakan tangkai pengaduk jika mau membuat jus.

4. Gunakan stop kontak yang sesuai dengan kebutuhan daya pada blender.

5. Arahkan tombol on-off ke on dengan tangan tetap memegang mangkok adonan.

6. Jika hasil blenderan sudah halus maka tekan dulu tombol off baru kemudian lepaskan mangkok blender.

7. Jika membutuhkan blender dalam waktu lama, maka anda harus mengistirahatkannya dulu sebelum 1 jam mesin blender bekerja.

8. Bersihkan semua komponen blender tanpa terkecuali untuk menghindari jamur, kecuali pada bodinya.

9. Jangan mencuci bodi blender yang di dalamnya terdapat mesin.

Baca Juga : 12 Merk Blender Terbaik yang Awet dan Berkualitas


Cara Memperbaiki Blender Rusak

Selesai dengan cara merawat blender yang baik dan benar, maka kini kita beralih kebagai mana cara memperbaiki kerusakan blender secara mandiri. Tercatat beberapa cara yang bisa anda lakukan jika mesin tidak berputar, di antaranya adalah:

  1. Perhatikan colokan blender, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum.
  2. Apakah ada tanda bau gosong atau tidak.
  3. Lebih detail, anda bisa menggunakan multimeter dengan patokan apabila jarum multimeter mengarah keangka 0, maka kondisi masih bagus dan sebaliknya.
  4. Perhatikan apakah ada bagian kulit kabel yang terkelupas sehingga menghambat hantaran listrik. Anda juga bisa memeriksanya dengan multimeter, apabila terdapat kabel yang patah, namun kulit kabel masih dalam kondisi baik-baik saja.
  5. Perhatikan apakah komponen di bagian kiri dan kanan ada yang patahatau tidak. Jika ada, bisa jadi hal tersebut menjadi sebab tidak mau menyalanya mesin blender anda.
  6. Perhatikan ujung kabel apakah dalam kondisi baik-baik saja atau sudah dalam kondisi terputus.
  7. Periksa komponen kanan dan kiri blender dengan menggunakan multimeter untuk memastikan bahwa tidak ada bagian yang terbakar dan juga putus.

Itu dia berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk merawat blender, dan cara mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada blender anda di rumah. Tidak perlu terburu-buru ke tempat servis, karena anda bisa mengaplikasikan cara memperbaiki kerusakan blender seperti di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …