Cara Mengecas Laptop dengan Powerbank

Cara Mengecas Laptop dengan Powerbank, Berlaku untuk Semua Merk dan Tife!

Diposting pada 1,261 views

Bisakah cas laptop pakai power bank? Jawabannya tentu sangat bisa, namun dengan beberapa syarat tertentu. Nah pada artikel ini duniaelektronik.net akan membahas cara mengecas laptop dengan powerbank secara lengkap.

Demi mendapatkan hasil maksimal, sangat disarankan untuk teman-teman menyimak semua isi artikel ini dengan baik. Selain itu, hal yang terpenting adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena kesalahan prosedur.

Pentingnya Mengetahui Cara Mengeces Laptop dengan Powerbank

Saat ini kehadiran laptop memang sangat penting, terlebih bagi yang aktivitas pekerjaannya selalu berkutat dengan perangkat ini.

Meski pun laptop memiliki baterai yang bisa menyimpan daya, sehingga sekali pun terjadi mati lampu tetap bisa digunakan. Namun dalam situasi tertentu, adakalanya kita sangat membutuhkan powerbank atau bank daya. Ada pun situasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Baterai Laptop Mengalami Kebocoran

Kamu yang sedang mencari cara mengecas laptop dengan powerbank mungkin juga sedang mengalami masalah ini. Memang dalam kondisi tertentu, baik karena usia maupun salah penggunaan, baterai laptop ada yang mengalami kebocoran daya. Akibatnya, daya baterainya sangat cepat habis.

Terkadang mengganti baterai baru tidak selamanya menjadi solusi yang tepat, terutama jika kondisi keuangan tidak memungkinkan, atau susahnya mencari produk original dari baterai tersebut.

Untuk mensiasati itu, kamu bisa membawa power bank untuk laptop sehingga bisa menjadi pengganti baterai tersebut.

Sedang Berada di Tempat Terpencil

Mengetahui cara mengeces laptop dengan powerbank, juga akan sangat membantu kamu saat berada di daerah terpencil, terutama yang tidak adanya fasilitas PLN di sana. Hal ini bisa saja terjadi, apalagi kamu yang hobi camping atau mendaki gunung.

Saya pun pernah mengalami hal ini, yaitu ketika melakukan press tour bersama rekan-rekan jurnalis. Meski ada fasilitas PLN namun karena jumlah pesertanya banyak, jadi tidak kebagian deh.

Menghadiri Rapat, Seminar atau Pelatihan

Dalam acara rapat, seminar maupun pelatihan memang tidak selalu membutuhkan laptop. Namun ada kalanya acara tersebut mengharuskan kita membawa laptop sebagai penunjang utamanya.

Bayangkan saja jika kita diharuskan menggarap tugas tertentu, namun saat ini daya baterai kita kehabisan daya. Mungkin bisa saja kita memanfaatkan fasilitas listrik PLN untuk mengecas, namun situasinya akan lain jika teman-teman berada di tengah-tengah peserta yang jangkauannya jauh dari fasilitas tersebut.

Selain itu, bisa saja fasilitas colokan listrik tersebut telah digunakan panitia untuk kebutuhan acara, maupun peserta lain yang telah lebih dulu menggunakannya untuk mencharger laptopnya. Maka membawa power bank untuk laptop Asus maupun merek lainnya adalah solusi paling tepat.

Cara Mengecas Laptop dengan Powerbank

Cara Mengecas Laptop dengan Powerbank

Sejarah penulisan artikel ini sendiri adalah dari pertanyaan benak saya mengenai adakah power bank untuk laptop Asus? Hal ini karena sebelumnya saya membeli laptop dengan merk tersebut namun dengan kapasitas baterai kurang besar.

Secara performa laptop ini sangat bagus, dan mampu melakukan berbagai pekerjaan berat dengan cepat. Misalnya saja ketika digunakan untuk mengedit dan menyimpan video, proses rendernya terbilang cepat. Namun demikian karena proses tersebut membutuhkan suplai daya yang besar, maka daya baterainya pun akhirnya cepat terkuras.

Jika digunakan untuk aktivitas biasa, dengan mengaktifkan mode hemat daya (Battery saver) baterai tersebut dapat digunakan kurang lebih selama 7 jam. Namun jika digunakan untuk kinerja berat, dia hanya mampu menyuplai daya selama beberapa jam saja. Itulah akhirnya yang membuat saya mencari power bank untuk laptop Asus. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka saya menarik kesimpulan cara mengecas laptop dengan power bank adalah sebagai berikut:

Gunakan Powerbank dengan Kapasitas Tinggi

Sebenarnya baterai yang digunakan untuk laptop dan power bank secara umum sama saja, terpenting kapasitas dayanya bisa sesuai. Power bank dengan daya kecil, digunakan untuk menyalakan lampu selfie pun tak mampu, namun ketika menggunakan produk dengan daya besar, lampu tersebut bisa menyala terang dalam waktu lama.

Saya sendiri membeli power bank dengan kapasitas daya 69.800mAh sehingga sangat cukup untuk mencharger baterai laptop.

Cek Daftar Charger Laptop Terbaik di Sini!

Dilengkapi Adaptor Laptop

Cara mengeces laptop dengan powerbank berikutnya adalah dengan memilih produk yang dilengkapi adapter laptop. Produk yang saya beli, dilengkapi dengan 8 adaptor laptop sehingga pengguna bisa memilihnya sesuai dengan chargeran laptop yang digunakan.

Untuk menggunakannya sangat mudah, kita tinggal menyambungkan adaptor tersebut ke colokan powerbank kemudaian menghubungkannya ke laptop.

Cara Mengecas Laptop dengan Powerbank Melalui Fasilitas Colokan Aki

Teman-teman yang mencari power bank untuk laptop Asus mungkin juga tidak akan menemukan adaptor laptop yang sesuai, namun jangan khawatir karena hal itu bisa diatasi dengan mudah. Hal yang terpenting, produk yang dimiliki bisa untuk car jump starter, yang dilengkapi dua terminal aki berwarna merah dan hitam.

Silahkan teman-teman atur fasilitas tersebut seperti halnya akan mencharger aki menggunakan power bank. Setelah itu, silahkan sambungkan dua kabel yang ujungnya ada stop kontak sehingga bisa dijadikan untuk colokan charger laptop.

Cek Harga Power Bank Laptop!

Setelah terhubung, teman-teman bisa mencherger laptop menggunakan charger bawaan seperti halnya di colokan listrik PLN. Bedanya sumber listrik yang digunakan bersumber dari power bank saja. Untuk lebih mudah memahmi cara mengecas  laptop dengan powerbank ini, silahkan bisa menyimak tutorial videonya di bawah.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com atau via YouTube di Detatang Channel. Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319