Cara reset printer epson l210

Mudah, Inilah Cara Reset Epson L210, L110, L300, L350, L355 dan Downlad Resetternya

Diposting pada

Cara reset printer Epson L210, L110, L300, L350, L355, dan juga download gratis Resetter Epson Adjustment program, tentu tidak sedikit yang membutuhkannya. Baik untuk salah satu ilmu pengetahuan, juga untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengannya.

Dengan mengetahui cara reset printer Epson L210, L110, L300, L350, L355, ini. Maka sobat tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke tempat service, terutama ketika mengalami masalah ini

Ketika sedang mengalami masalah printer Epson L210 dan lainnya, biasanya ditandai dengan berkedipnya lampu indikator yang berwarna orange secara berulang-ulang.

Penyebab lampu indikator printer Epson tersebut berkedip-kedip, biasanya terjadi karena terjadi paper jam, tinta habis, catridge tidak rapat atau kotor, over print atau pemakaian telah mencapai batas dan lainnya.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Epson Terus Berkedip

Saat lampu indikator printer Epson tersebut berkedip, sebaiknya sobat jangan dulu panik. Silahkan lakukan terlebih dahulu beberapa langkah pendeteksian berikut.


Dan ketika hal tersebut terjadi (lampu indikator warna orange berkedip-kedip), kalian jangan panik dulu, tetapi lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk pendeteksian awalnya.

  • Pastikan tidak ada kertas yang terjepit atau paper jam, jika ternyata ada kertas terjepit dalam roller printernya silahkan tarik pelan-pelan.
  • Cek kabel penghubung antara printer dan komputer, pastikan keduanya telah terpasang dengan benar.
  • Periksa isi tinta dalam tabung printer, jika habis atau tinggal sedikit silahkan segera isi ulang.
  • Periksa posisi catrige printer Epson, apakah sudah terpasang dengan baik, jangan lupa bersihkan catrige jika ada kotoran yang menempel padanya.
  • Jika hal-hal di atas sudah dilakukan, namun printer masih tidak berfungsi dengan baik. Maka solusinya adalah dengan melakukan Reset printer Epson tersebut.

Cara Merest Printer Epson

Cara mereset printer Epson sendiri ada dua macam, yakni dengan menggunakan cara manual, atau reset otomatis menggunakan software Reserrer Epson Adjsutment Program.

Cara Mereset Printer Epson Secara Manual

Salah satu cara mereset printer Epson yang paling mudah adalah dengan cara manual. Untuk merest printer Epson dengan cara ini, langkah-langkah yang harus sobat lakukan adalah sebagai berikut :

  • Cabut kabel power selama sekitar 3-5 menit.
  • Hidupkan kembali printer dan kemudian tunggu sampai benar-benar menyala dengan sempurna.
  • Setelah itu, silahkan tekan tombol logo tinta (resume) selama 5 detik, dan kemudian lepaskan.
  • Selanjutnya tekan kembali tombol resume selama 3 detik, untuk kemudian dilepaskan kembali.
  • Setelah semua langkah tersebut dilakukan, maka sesaat setelahnya printer Epson sobat akan melakukan proses reset dengan sendirinya.
  • Tunggu sampai proses reset selesai
  • Jika cara reset manual printer Epson ini berhasil, maka tombol indikator akan berhenti berkedip dan printer pun telah siap digunakan. Namun jika tidak, maka berarti kamu harus menggunakan cara reset printer Epson dengan software resetter.

Cara Reset Otomatis Printer Epson Menggunakan Software Resetter

  • Download file Resetter Epson Adjustment Program L210, L110, L300, L350, L355, jika sudah silahkan ekstrak file hasil downloadan tersebut.
  • Sambungkan kabel printer ke USB laptop atau komputer
  • Klik dua kali pada icon ResetterApp untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  • Silahkan pilih dan klik Select kemudian jenis printer yang digunakan  pada Model Name dan Port USB yang digunakan. Dalam hal ini sobat sangat disarankan untuk memilih Auto Selection, kemudian setelah itu klik OK.
Cara reset printer epson l210
  • Langkah selanjutnya silahkan sobat klik Particular Adjusment Mode, kemudian pilih Waste ink pad counter dan pilih OK.
Cara reset printer epson l210
Image via Androlitecom
  • Pada pilihan menu selanjutnya, silahkan sobat centang pada tulisan Main pad counter, lalu klik Check. Maka setelah itu akan muncul berbagai informasi tentang printer Epson tersebut, seperti jumlah total cetakan dan lainnya.
Cara reset printer epson l210
  • Kemudian berilah centang pada tulisan Main pad counter, kemudian silahan klik Intialization.
  •  Tunggu sampai prosesnya benar-benar selesai.

Jika prosesnya sudah benar-benar selesai, maka di layar laptop atau komputer akan muncul pemberitahuan, Please Turn On dan Turn Off your printer. Langkah selanjutnya sahabat tingga memataikan printernya.

Setelah itu biasanya lampu indikator printer sudah tidak berkedip-kedip lagi, sehingga printer pun bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Demikian cara mereset printer Epson baik secara manual, maupun otomatsi. Semoga bermanfaat, jika ada kesulitan mari bisa kita diskusikan bersama pada kolom komentar.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.