Cara supaya blog diterima Adsense

Hanya Sekali Daftar, Ini Cara Supaya Blog Diterima Adsense

Diposting pada

Cara Supaya Blog Diterima Adsense

Cara supaya blog diterima Adsense

Cara daftar Google Adsense 2019. Setidaknya ada 12 hal yang harus dilakukan, agar blog diterima Adsense :

1. Berusia 18 Tahun ke Atas

Hal  yang tidak boleh dianggap remeh adalah usia. Pastikan saat mendaftar di Adsense, usia sobat sudah minimal 18 tahun. Sebab salah satu syarat diterima Google Adsense, usia pemohon mitranya harus 18 tahun ke atas.

2. Buatlah Artikel Berkualitas

Salah satu hal paling penting sebelum mendaftar Adsense, adalah membuat artikel berkualitas sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan semakin banyak suatu blog memiliki artikel berkualitas, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan menyukainya. Jika sudah banyak pengunjung yang menyukai blog kita, maka dengan otomatis Google pun akan menyukai pula.

Selain itu blog yang sobat ajukan, nantinya juga akan dilakukan pengecekan secara manual oleh tim Adsense. Jadi dengan memiliki banyak artikel berkualitas, tim Adsense yang juga manusia akan menyukai blog kita, hingga akhirnya menyetujui untuk menjadi anggota publisher mereka.

Ciri-ciri artikel berkualitas :

  • Tulisannya bebas flagiat
  • Tulisannya unik, informatif, dan memiliki manfaat untuk banyak orang
  • Memiliki jusul yang sesuai dengan keseluruhan tulisan
  • Memiliki sub judul
  • Kalimat dan tulisannya sesuai dengan aturan yang berlaku, baik tulisan bahasa Indonesia maupun Inggris.
  • Tulisannya cukup lengkap dan panjang

3. Memiliki Jumlah Artikel yang Cukup Banyak

Terkait jumlah artikel saat mendaftar Adsense, sebenarnya tidak ada patokan pasti. Yang terpenting adalah sobat harus senantiasa membuat artikel berkualitas. Sebab tidak sedikit blogger yang sudah memiliki ratusan artikel, namun saat mendaftar Adsense mereka masih tetap ditolak. Begitupun  tidak sebaliknya, ada blogger yang hanya memiliki artikel 9 buah namun justru diterima Adsense.

Jadi yang paling penting di sini, adalah tulisan yang sobat buat harus berkualitas. Tentu akan lebih baik lagi, jika selain berkualitas jumlah artikelnya juga banyak sehingga selain dapat dengan mudah diterima Adsense, mendapatkan penghasilan yang banyak pun akan terasa lebih mudah.

Agar lebih mudah diterima Adsense, sebaiknya saat mendaftar jumlah artikel blog berkualitas sudah lebih dari 20. Selain itu, buat juga artikel minimal 500 kata setiap artikelnya.

Hal yang harus ada pada sebuah artikel:

  1. Tema artikel yang dibuat unik
  2. Tulisan dalam artikel lengkap
  3. Blog menggunakan tema yang sederhana
  4. Memiliki navigasi yang mudah
  5. Dilengkapi widget seperlunya saja

4. Membuat Halaman Privasi

Halaman privasi atau Privacy Policy adalah salah satu bagian penting pada sebuah blog, namun sering dilupakan sehingga salah satunya berdampak pada penolakan Adsense.

Halaman privasi adalah salah satu hal yang diwajibkan dimiliki oleh para publishernya. Selain itu melalui halaman privasi ini, sobat juga telah menunjukan keseriusannya dalam menjalankan program Adsense tersebut.

Halaman privasi ini sendiri pada dasarnya digunakan untukmenyampaikan berbagai informasi kepada para pengunjung, terkait berbagai hal yang bisa didapatkan dari blog yang bersangkutan. Selain itu, ada juga petunjuk tentang sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Jika sobat mengalami kesulitan dalam membuat halaman privasi ini, bisa membuatnya secara online melalui privacy policy generator.

5. Membuat Halaman About

Halaman about atau halaman tentang sam pentingnya seperti Privacy Policy. Jika blog yang sobat buat adalah blog personal, maka di halaman about ini, sobat harus menjelaskan tentang diri sobat, dan konten apa saja yang akan dibahas di blog tersebut.

Mengingat pentingnya halaman about ini, sebaiknya segera buat halaman tersebut agar kemungkinan ditolak Adsense semakin kecil. Sebab selain dapat membantu kita untuk mudah diterima Adsense, halaman About ini juga dapat memberikan kepercayaan dan kemudahan komunikasi antara kita sebagai pemilik blog, dengan para pembaca.

6. Membuat Halaman Kontak

Sebagai manusia yang dilahirkan berbeda, maka setiap manusia pun akan memiliki beragam perbedaan pula, satu diantaranya pendapat. Hal ini tentu juga berlaku terhadap tanggapan para pembaca terhadap isi konten blog yang kita miliki. Ada yang menaruh simpati, suka dan ketertarikan, bahkan tidak sedikit mungkin yang tidak menyukainya.

Dengan membuat halaman kontak, maka semua pembaca dengan berbagai respon akan dapat menghubungi sobat sebagai pemilik blog. Dengan hal ini, maka soba pun akan semakin bijaksana dalam memahami setiap keinginan pembaca, sehingga dari waktu ke waktu blog sobat semakin terkenal dan semakin banyak penggemarnya.

Segeralah membuat halaman kontak, jangan lupa sertakan alamat email yang sobat gunakan untuk mendaftar Adsense. Jangan lupa tambahkan pula link yang mengarah ke halaman media sosial yang sobat miliki.

Dengan hal ini maka pihak Adsense pun akan semakin yakin kepada sobat, karena hal ini menandakan konten yang sobat buat menomer satukankenyamanan pengunjung. Sehingga saat ada pengunjung yang ingin menghubungi, mereka bisa dengan mudah menggunakan halaman kontak tersebut. Referensi cara membuat halaman kontak, silahkan klik di sini.

7. Jangan Lupa Cantumkan Nama dan Email di Blog

Jangan lupa cantumkanlah nama dan alamat email sobat di halaman blog yang mudah terlihat, seperti halaman kontak maupun tentang kami.

Dengan hal ini, maka saat tim Google Adsesnse melakukan pengecekan pun, mereka akan lebih mudah memastikan jika blog tersebut memang benar-benar milik sobat, alias bukan spam. Sehingga dengan demikian proses verifikasi pengajuan untuk dapat diterima Adsense pun dapat berlangsung dengan cepat.

8. Gunakan Desain Tema Blog yang Mumpuni

Seperti dibahas sebelumnya bahwa tampilan tema suatu blog itu sangat penting. Oleh karena itu gunakanlah desain tema yang maksimal, dengan mungganakan tampilan tema yang sederhana namun tetap terlihat profesional.

Dengan memiliki tampilan tema blog yang rapi, serta proses loading yang cepat. Maka tentu hal ini akan mempermudah suatu blog diterima Adsense. Bukankah setiap melihat apapun yang pertama kali adalah penampilannya, nah jika demikian ini pun tentu berlaku bagi sebuah blog.

Dengan membuat kesan pertama yang bagus dan menggoda, maka pengunjung pun akan betah berlama-lama membaca setiap tulisan di blog sobat.

Syarat tema yang bagus untuk blog :

  • Memiliki tampilan yang sederhana namun tetap terlihat profesional
  • Proses loading cepat
  • Search engine friendly
  • Menyediakan menu navigasi yang mudah
  • Gunakan widget seperlunya saja.

9. Perhatikan Jenis Konten

Salah satu hal wajib yang tidak bisa diganggu gugat, jika sobat ingin bisa diterima Adsense adalah jenis konten. Perhatikan setiap artikel yang dibuat, jangan sampai ada yang melanggar kebijakan Adsense, karena jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar blog sobat akan langsung ditolak.

Adapun beberapa konten yang melanggar kebijakan Adsense, diantaranya adalah konten dewasa atau pornografi, berisi konten bajakan, tutorial crking atau hacking, obat-obatan terlarang dan lainnya. Untuk melihat daftar lengkapnya silahkan bisa klik di sini.

10. Gunakan Domain (TLD)

Adsense memang mempermudah kita untuk bisa mendaftar melaluiblogspot, seperti blog Membangun Inspirasi milik penulis. Namun jika menggunakan layanan ini, maka sobat tidak bisa menggunakan akun tersebut untuk domain TLD seperti .com, .net dan lainnya.

Agar akun Adsense bisa digunakan untuk domain TLD, maka sobat harus melakukan upgrade akun Adsense. Jadi sebelum mendaftar sangat disarankan sobat menggunakan domain TLD terlebih dahulu, sehingga tidak perlu melakukan upgrade akun, bahkan sobat bisa memasangnya diberbagai domain TLD lain yang sobat miliki. Untuk jasa domain, penulis sarankan sobat menggunakan Puskomedia Indonesia, selain layanannya ramah dan banyak pilihan, tersedia juga pilihan tema menarik dan lainnya sehingga sobat bisa mudah diterima Adsense seperti penulis. Inilah salah satu rahasia dari cara supaya blog diterima Adsense, atau cara daftar Google Adsense 2019.

Silahkan pilihlah nama domain yang unik, mudah diingat, dan yang paling penting sesuai dengan niche blog yang sobat miliki. Inilah salah satu strategi supaya blog diterima Adsense.

Kabarnya untuk mendaftar di Adsense umur domain sobat harus lebih dari 6 bulan, namun umur blog penulis kurang dari itu sudah diterima. Bahkan ada juga usia domain blog yang baru satu bulan, juga sudah diterima. Hal ini faktor utamanya dikarenakan kualitas tulisan dalam blog, yang fokus utamanya pada kepuasan pengunjung.

11. Jangan Gunakan Iklan Lain Selain Adsense

Saat hendak mendaftar Adsense pastikan tidak ada iklan lain yang terpasang di blog sobat. Hal ini agar pihak Adsense mudah menerima, dan tidak menolak blog sobat karena merasa diduakan 😊😃.

Meskipun dalam peraturannya Adsense memperbolehkan pemasangan iklan lain dengan Adsense, seperti iklan Affilate. Namun jika belum diterima sangat disarankan blog sobat benar-benar bersih dari iklan manapun.

Untuk dapat diterima Adsense biasanya sobat akan mendapatkan pemberi tahuan selama beberapa hari, atau minggu. Jika sobat ingin langsung mendapat pemberitahuan diterima hanya dalam waktu sehari seperti penulis, maka lakukanlah semua hal yang kita bahas dalam artikel ini.

12. Pastikan Sumber Pengunjung Adalah Legal

Pastikan bahwa pengunjung blog yang berkunjung adalah benar-benar legal, yaitu yang berasal dari search engine atau pun media sosial. Jangan sekali-kali sobat membeli pengunjung. Sebab hal ini tidak disukai oleh Google, dan akan dapat dengan mudah menyebabkan permohonan Adsense tertolak.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Adsense Ditolak

Jika dengan menjalankan berbagai tips di atas permohonan Adsense sobat tertolak, yang harus sobat lakukan adalah tentu jangan putus asa. Coba pelajari kembali, penulis yakin ada sesuatu yang kurang baik, sehingga menyebabkan pihak Adsense belum mau menerima permohonan sobat.

Lakukan perbaikan pada setiap kesalahan, ingat belum diterima bukan berarti kamu gagal jadi pubhlisher Adsense. Tidak sedikit para blogger sukses awalnya puluhan kali ditolak Adsense sebelum akhirnya diterima.

Penolakan adalah pembelajaran dan ilmu. Manfaatkan setiap ilmu yang didapat untuk belajar dan berbenah, selanjutnya teruslah mendaftar dengan email dan website yang sama sampai bisa diterima.

Demikian cara supaya blog diterima Adsense. Semoga bermanfaat, jangan lupa share agar semakin banyak orang terbantu. Semakin bisa membantu banyak orang maka rezeki dan hal-hal baik pun, pasti akan Tuhan mudahkan untuk kita.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.