Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

Mudah, Ini Cara Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Permanen pada Blog Kamu

Diposting pada

Cara menghapus error page not found 404, tentu sangat penting diketahui oleh para pemilik blog atau pun situs. Sebab jika hal ini terus dibiarkan, selain sangat menganggu dan membuat pengunjung blog berkurang dengan sangat drastis. Tidak menutup kemungkinan, para pengunjung setia pun akan kecewa dan akhirnya bisa pindah ke lain hati.

Sebenarnya ada cara menghapus kode error 404 dengan mudah, bahkan bisa menghilangkan kode tersebut secara permanen. Untuk dapat melakukan ini, silahkan sobat bisa langsung masuk ke halaman google webmaster tools, yang sudah terhubung dengan blog sobat.

Referensi Kami : Trik Jitu Agar Blog Kamu Langsung Diterima Adsense Hanya dengan Sekali Daftar

Namun demikian, sobat harus melakukannya dengan sabar, terutama jika memang sudah banyak terdapat kode error not found 404 tersebut. Sebab sobat akan menghapus kode error not found 404 tersebut, menggunakan cara manual satu persatu sampai terhapus semua. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi lagi eror halaman tidak ditemukan, atau eror 404 tersebut.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi error 404 dalam jumlah lebih banyak lagi, sangat disarankan sobat sering membuka halaman google webmaster tools tersebut, sehingga kesehatan blog atau situs kita selalu bisa terpantau dengan baik.

Penyebab Error 404 Halaman Tidak Ditemukan

Pada dasarnya penyebab error page not found 404 halaman tidak ditemukan pada blog atau pun situs, adalah dikarenakan adanya satu atau beberapa link, yang mengarah pada suatu halaman yang terhapus.

Hal ini juga bisa diakibatkan karena adanya kesalahan pengetikan yang tertuju pada sub domain situ atau blog. Selain itu terkadang juga diakibatkan karena ada link yang sudah kadaluarsa, atau pun karena tidak sengaja telah menghapus suatu halaman blog.

Selain oleh pemilik blog atau situs, penyebab error 404 halaman tidak ditemukan jika bisa dilakukan oleh pengunjung blog. Hal ini biasanya karena adanya suatu komentar pada blog kita, yang mengarah pada sebuah link, namun ling tersebut telah rusak atau mati, sehingga akhirnya menyebabkan crawl eror.

Cara Menghapus Error Page Not Found 404 di Google Webmaster Tools


1.Silahkan sobat login ke Google webmaster tools blog/situs yang mengalami eror tersebut.

Baca Juga : Lengkap, Ini Cara Daftar, Verfikasi, dan Menggunakan Google Web Master Tools

2. Pergilah ke halaman menu sebelah kiri, Craw-Crawl Eror. Kemudian ceklist atau beri tanda centang pada priority, sehingga akan dengan otomatis semua filenya akan tercentang. Setelah itu silahkan klik download, dan pilih format google docs.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
Image via Klikmania.net

3. Setelah muncul halaman seperti gambar dibawah, silahkan sobat copy semua link yang muncul tersebut dan simpan di notepad.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

4. Setelah itu, bukalah halaman Google index-Remove URLs.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

5. Kemudian klik “create a new removal request” untuk memasukan satu link yang sobat siman di notepad tadi, selanjutnya silahkan klik “submit request.” Lakukan satu persatu pada semua link yang telah tersimpan di note pad tadi hingga selesai. Sehingga bersabarlah demi perbaikan total, terutama jika memang ada banyak link yang dinyatakan eror.

6. Apabila semuanya sudah selesai, silahkan sobat kembali lagi pada halaman Craw-Crawl Eror, kemudian chehlistlah pada priority, untuk kemudian klik meu Mark as fixed.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

7. Setelah semua tahap ini selesai dilakukan, maka Crawl eror 404 pun akan diproses, sehingga sekarang tidak akan muncul lagi seperti gambar berikut ini

Dengan cara memperbaiki kode eror page no found 404 secara manual ini, maka solusinya akan lebih efektif dan bersifat permanen. Meskipun hal ini tidak berpengaruh pada rangking halaman Google, namun jika tidak segera diperbaiki maka dampaknya akan menyebabkan proses backlink yang lama, terutama pada halaman yang telah terindex oleh Google.

Demikian cara menghapus eror page not found 404 pada blog sendiri, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan mari kita diskusikan bersama di kolom komentar.

https://www.youtube.com/watch?v=TzWDSC-Q0FA

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.