Guru bisa jadi YouTuber sukses

Guru Bisa Jadi YouTuber Sukses, Ini Buktinya !

Diposting pada

Guru bisa jadi YouTuber sukses bukanlah hal yang aneh di era digital ini. Hal ini karena memang YouTube yang dibuat oleh Google, dibuat untuk dapat digunakan oleh semua kalangan, tak terkecuali guru.

Di Indonesia mungkin masih sedikit atau bahkan tidak berani  guru membuat chanel YouTube nya sendiri. Padahal chanel guru di YouTube sangat dibutuhkan di zaman ini. Selain dapat memberikan ilmu dan pemahaman melalui sistem online, juga merupakan salah satu langkah dalam membuat berbagai konten yang mendidik dan bermanfaat di YouTube.

Jika di negara kita masih sedikit guru yang memiliki chanel YouTube, di luar negeri justru sudah ada para guru yang dapat meraih kesuksesan melalui flatform ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa bukti tersebut pada penjelasan di bawah ini.

Bukti Guru Bisa Jai Youtuber Sukses

Beberapa bukti berikut ini semoga dapat membuat para guru semangat untuk dapat membuat berbagai konten bermanfaat di jagat maya. Selain dapat memberikan manfaat untuk para peserta didik, dan pengguna internet secara umum. Menjadi YouTuber ternyata bisa sangat bermanfaat bagi guru itu sendiri, salah satunya tentu dapat berpotensi memberikan pengasilan yang besar.

Baca Juga : 11 Cara Sukses Membangun Bisnis Percetakan Undangan dengan Modal Minim

Siapa sajakah guru yang juga sudah menjadi YouTuber sukses? berikut ulasannya.

1. Krunoklek – Thailand

Channel Krunoklek adalah channel adalah chanel milik seorang guru sekolah dasar dari provinsi Phetchabun, Thailand. Pemiliknya adalah Jeerapat Sukanghong. Chanel YouTubenya sendiri dibuat setelah dirinya terinspirasi oleh mendiang Raja Rama IX yang memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan di Thailand, terutama pendidikan di daerah yang terpencil.

Atas dasar tokoh inspirasinya tersebut, akhirnya Jeerapat pun memberanikan diri membuat chanel Youtube yang berisi tentang pembelajaran yang menyenangkan. Dalam pembelajarannya dirinya terkadang juga menggabungkan dengan beberapa pelajaran sengan musik, seperti PPAP, Tak Tun Tuang, dan Koisuru Fortune Cookie.

Dibuat pada September 2014, saat ini jumlah subscribenya sudah mencapai 509.327. Jumlah subscribe tersebut tentu sudah bisa membuktikan bahwa guru bisa jadi YouTuber sukses.

2. Elia Bombardelli – Italia

Elia Bombardelli merupakan sosok kedua yang telah membuktikan bahwa guru bisa jadi YouTuber sukses. Elia sendiri adalah seorang guru matematika di Liceo Scientifico Galilei di Trento dan di Liceo Steam International di Rovereto.

Chanel YouTubenya sebagaian besar mencangkup pelajaran matematika untuk sekolah menengah atas. Menariknya konten yang dibuatnya bukan hanya membahas seputar matematika. Salah satu hal lain yang dibahasnya adalah eksperimen sains. Diantara eksperimen sainnya adalah menjajal baterai koin dan menjelajah bagaiaman terbentuknya awan.

Chanel Elia Bombardelli dibuat pada bulan Desember 2011 dan saat ini jumlah subscribenya sudah 181.637.

 

3. Rafael Procopio – Brasil

Bukti guru bisa jadi YouTuber sukses berikutnya adalah dari Rafael Procopio. Konten utama yang dibahas Rafael juga adalah seputar matematika. Maklum saja dirinya memang seorang profesor matematika lulusan Universitas Federal Rio de Janeiro.

Sebagai seoran profesor tentu bukan hal yang sulit mengajarakan seluruh materi matematika. Hingga tak ayal di dalam chanelnya dirinya pun mengajarkan seluruh materi pelajaran tersebut.

Dirinya menyebutkan bahwa mampu mengajarkan semua materi matematika mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Jadi dalam hal ini penonton bisa menanyakan apa saja kepadanya terkait pelajaran matematika. Dengan keistimewaannya tersebut, tak ayal chanelnya yang dibuat sejak 25 Maret 2010 pun kini sudah memiliki subscribe hingga  1.350.234. Sebuah bukti yang sangat fantastis tentang bukti guru bisa jadi YouTuber sukses.

4. Uwaga! Naukowy Bełkot – Polandia

Uwaga Naukowy Belkot merupakan chanel YouTube milik Dawid yangmerupakan mahasiswa PhD. Selain sebagai mahasiswa dirinya juga merupakan salah satu dosen di Universitas Marie Curie-Skłodowska di Lublin.

Berhubung Dawid adalah seorang dosen kimia, tentu wajar rasanya jika dirinya lebih menitik beratkan pembahasannya pada seputar ilmiah.

Meskipun konten utamanya membahas seputar ilmiah yang rasanya cukup berat bagi sebagian kalangan. Namun chanel yang dibuat sejak 24 November 2014 ini, kini sudah memiliki 341.231 subscribers. Angka yang sudah cukup bagi bukti guru bisa jadi YouTuber sukses.

Selain keempat chanel yang sudaah disebutkan di atas, adalah dua nama lagi yang sudah membuktikan bahwa guru bisa jadi YouTuber sukses. Mereka adalah Eddie Woo dari Australia dan Rachel’s English dari Amerika Serikat. Eddie Woo membuat chanelnya pada Maret 2012 dan sekarang jumlah subscribenya sudah  417.698 28. Sementara Rachel’English membuat chanelnya sejak 13 Agustus 2008, dan saat ini telah memiliki jumlah subscribe1.638.396.

Melihat berbagai data yang telah disebutkan di atas,  tentu itu adalah bukti kuat bahwa guru bisa jadi YouTuber sukses. Bagi sobat yang berprofesi sebagai guru,  tentu ini adalah motivasi besar agar kita pun bisa membuat konten bermanfaat untuk dunia pendidikan seperti halnya mereka.

Mari kita buat konten-konten yang mendidik di dunia YouTube yang hampir semua bisa diakses oleh anak didik kita. Karena saat ini,  jika kita telusuri dengan seksama di YouTube justru banyak konten-konten yang sangat tidak mendidik,  bahkan sangat bertolak belakang dengan norma dan etika yang baik. Sebagai seorang guru tentu ini adalah panggilan jiwa kita,  untuk senantiasa mendidik dan membimbing dari berbagai arah.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.