Strategi Menjaga Performa Kinerja Karyawan
Strategi Menjaga Performa Kinerja Karyawan

Strategi Menjaga Performa Kinerja Karyawan Agar Tetap “On The Track”

Diposting pada

Manajer yang baik tentunya ingin memastikan tim kerja bisa kompak dalam menyelesaikan proyek dan tampil maksimal. Tetapi, bagi beberapa anggota tim kerja yang mungkin memiliki kemampuan di bawah rekan – rekannya, apa yang bisa dilakukan oleh manajer agar meningkatkan performa seluruh anggota timnya?

Sebagai contoh, ada seorang anggota tim kerja yang selalu melewati deadline, menyerahkan pekerjaan yang kurang valid, atau memiliki sikap negatif yang membuat rekan – rekannya merasa tidak nyaman. Manajer yang baik harus segera mengevaluasi kondisi ini agar performa kinerja karyawan dalam timnya terus bergerak maju sesuai “track” yang ditetapkan. Berikut adalah beberapa strategi menjaga performa kinerja karyawan agar tetap berada di jalur yang benar.

1. Jelaskan Masalah yang Sebenarnya

Menegur langsung pada si karyawan bersangkutan, akan memicu ketegangan dan suasana yang canggung. Manajer HR yang baik tentunya harus bisa menahan emosi dan menghindari menyakiti perasaan karyawan. Namun, penting untuk memastikan bahwa anggota tim kerja memahami apa yang bisa mereka perbaiki agar performa kinerja karyawan meningkat.

Manajer HR bisa memakai metode umpan balik positif – negatif, untuk memastikan karyawan merasa dihargai. Tetapi, anggota tim harus tetap memahami bidang apa yang perlu ditingkatkan dan memiliki gambaran yang jelas bagaimana mencapai target tersebut.

2. Berikan Penghargaan

Reward atau penghargaan di tempat kerja kadang bisa sangat efektif meningkatkan performa kinerja karyawan tetap berada di jalur yang tepat. Tetapi, seringkali pujian, bonus, atau bahkan janji promosi jabatan yang ditindak lanjuti memang terbukti ampuh dalam memotivasi rekan satu tim.

Pastikan agar penghargaan ini bukan hanya janji manis di bibir tanpa ada realisasi. Karyawan milenial saat ini justru akan sangat menghormati manajer yang mau mengapresiasi hasil kerja keras mereka, meskipun itu hanya sekadar pujian singkat.

3. Tetapkan tujuan yang jelas dengan Software Performance Management

Bagaimana cara memastikan bahwa anggota tim kerja Anda mengetahui apa yang Anda harapkan dari mereka? Gunakan software performance management yang bisa memberikan gambaran jelas tentang performa dan kinerja karyawan selama periode yang ditentukan.

Selama rentang waktu penyelesaian proyek, setiap anggota tim kerja juga dapat dilihat perkembangannya. Termasuk, apakah mereka bisa menyelesaikan proyek sesuai timeline progress yang sudah ditetapkan. Dalam perangkat lunak ini, karyawan juga bisa mengevaluasi kinerja sendiri dan mendiskusikan lebih lanjut berbagai kendala yang dihadapi dengan manajer.

Pertimbangkan untuk meningkatkan evaluasi performa kinerja karyawan dengan Software Performance Management dari LinovHR. Kesuksesan tim ada di tangan manajer dan bagaimana manajer dapat mengelola berbagai talenta berbakat yang dimiliki karyawan untuk ditempatkan dalam posisi jabatan yang tepat. Hubungi tim sales LinovHR sekarang untuk trial Software Performance Management atau Software Performance Appraisal LinovHR secara gratis.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.