Kamu Harus Tahu, Inilah 4 Penyebab Suara Bising Pada Motor yang Terlalu Berlebihan

  • Whatsapp
Suara bising pada motor

Sebagai kendaraan yang paling sering digunakan, motor juga memiliki masalahnya sendiri. Misalnya saja seperti suaranya yang tiba-tiba menjadi bising secara berlebihan. Apabila kamu adalah salah satu pengguna kendaraan bermotor, maka penting untuk mengetahui apa penyebab suara bising pada motor.

Jangan terburu-buru membawanya ke bengkel jika kamu bisa mengidentifikasi sendiri dan memperbaikinya. Sebab, biaya untuk melakukan perbaikan ini juga tidak murah. Jadi, selama masih bisa diperbaiki sendiri, kenapa tidak, ya kan? Oleh karena itulah, sebaiknya kamu mengetahui apa saja penyebab suara bising pada motor. Yuk simak!

1. Kebocoran Pada Knalpot

Suku cadang rusak bisa jadi salah satu sebab kenapa suara bising pada motor bisa terjadi. Contohnya saja pada knalpot yang digunakan terus-menerus atau karena sudah lama dipakai, maka bisa aus. Maka dari itu, kamu harus memeriksanya terlebih dahulu dan mempertimbangkan, apakah sebaiknya dibawa ke bengkel atau tidak.

Baca Juga : Ini Cara Modifikasi Sepeda Motor Amfibi yang Bisa Berjalan di Dalam Air

2. Tegangan Rantai yang Mengendur

Rantai kendur adalah masalah yang juga cukup sering terjadi pada sepeda motor. Untuk bisa mengetahuinya, kamu harus mendengarkan dengan seksama suara yang keluar dari motor. Apakah suara bising yang dikeluarkan dari motor tersebut menyerupai detak jarum jam atau tidak. Karena jika begitu, maka yang bermasalah memang rantainya.

3. Bukan Suku Cadang Motor Aslinya

Suara bising pada motor juga bisa disebabkan karena knalpot yang dipakai bukan asli dari pabrikan resmi motor tersebut. Resiko ini bisa terjadi terutama untuk kamu yang membeli motor bekas. Bisa saja motor tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga suara knalpot pun jadi bising.

Apabila kamu berencana membeli motor bekas, maka pastikan jika suku cadangnya adalah asli dari pabrikan resmi motor tersebut. Sehingga kamu tak akan mengalami resiko knalpot motor yang bising. Sebab, suara knalpot motor yang bising ini dapat menggangu ketenangan diri sendiri dan juga orang lain.

4. Level Oli Mesin yang Kurang

penyebab Suara bising pada motor

Kemudian untuk penyebab suara bising pada motor yang berikutnya adalah pada oli mesinnya yang mungkin saja kurang. Periksa secara rutin apakah oli mesin motor kamu perlu diisi ulang lagi atau tidak. Namun, tak hanya masalah oli mesin saja. Penyebab lainnya juga adalah mesin yang mungkin saja terlalu dingin. Nah, untuk mengatasi mesin motor yang dingin ini, kamu harus memanaskannya secara rutin setiap hari.

Baca Juga : Ini Berbagai Bahaya Akibat Telat Ganti Oli Motor, Awas Mesin Bisa Hancur Seketika!

Dengan cara tersebut, maka knalpot motor pun tak akan menghasilkan suara yang bising lagi. Jadi, tak hanya masalah luarnya, tapi bagian dalam motor pun harus kamu perhatikan betul. Apabila kamu sudah mengecek knalpot  sesuai dengan penyebabnya di atas dan tak ada hasil yang memuaskan, maka sebaiknya kamu segera membawa motor tersebut ke bengkel. Dengan ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, maka suara bising pada motor ini bisa teratasi dengan baik. Lakukan sesegera mungkin dan jangan ditunda, karena bisa saja kebisingan tersebut jadi semakin parah.

Itulah beberapa penyebab suara bising pada motor yang harus kamu ketahui agar dapat mengambil tindakan yang pasti untuk memperbaikinya. Motor juga barang yang harus senantiasa kita rawat dengan baik. Karena jika tidak dirawat dengan baik, maka komponennya pun akan cepat rusak. Jika sudah begitu, maka untuk membelinya lagi akan sangat sulit karena harganya pun mahal. Nah, semoga bermanfaat ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *