Tips membeli laptop berkualitas

Tips membeli laptop berkualitas
Tips membeli laptop berkualitas sangat penting sobat ketahui. Hal ini tentu saja, agar saat membeliya sobat tidak asal-asalan, atau bahkan terjebak rayuan sales yang belum tentu kebenarannya.

Saat ini, laptop sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Beragam pekerjaan sangat membutuhkan laptop, mulai dari desain grafis, menulis, usaha percetakan bahkan hingga untuk kebutuhan multimedia. Tingginya intesitas kebutuhan pengguna laptop, tentu membuat kita harus sangat selektif dalam memilihnya.

Dalam tips membeli laptop berkualitas, rasanya tidak berlebihan jika hal tersebut diibaratkan seperti ketika sobat memilih pasangan. Selain melihat segi desain, semua harus terasa pas, pas di hati, pas dikenyamanan, sesuai kebutuhan, pas dalam pemakaian dan tentu saja pas di kantong.

Perbedaan Laptop, Netbook, dan Notebook

Dalam tips membeli laptop berkualitas, agar lebih jelas lagi mengenai laptop maka dijelaskan perbedaannya dengan netbook dan notebook.

Laptop umumnya memiliki ukuran paling besar, dan layarnya memiliki luas di atas 18 inchi. Dari segi bobot, perangkat ini juga yang paling berat diantara jenis lainnya. Memiliki DVD-ROM sehingga sobat bisa memutar film DVD di perangkat ini.

Notebook biasanya memiliki luas layar antara 13.1 – 18 inchi, spesifikasi yang dimilikinya umumnya sudah hampir sama dengan PC biasa, selain itu prosesor yang digunakannya pun sudah mumpuni, lengkap dengan hardisk yang berkapasitas besar. Saat ini semakin sulit membedakan antara laptop dan notebook, karena perangkat ini ada juga yang menggunakan DVD-ROM seperti halnya laptop, namun tidak sedikit juga notebook yang tidak dilengkapi dengan DVD-ROM, hal ini terutama saat vendor pembuatnya ingin membuat perangkatnya dengan desain tipis.

Netbook biasanya memiliki luas layar antara 6 – 13 inchi, spesifikasinya lebih rendah di bandingkan laptop dan notebook.  Umumnya prosesor yang digunakannya pun adalah prosesor kelas menengah ke bawah, selain itu notebook ini tidak dilengkapi DVD-ROM seperti halnya laptop. Nah itulah sobat perbedaan laptop, notebook, dan netbook.

Tips Membeli Laptop Berkualitas

Berikut dijelaskan beberapa tips membeli laptop berkualitas, semoga dengan mengetahuinya sobat bisa mendapatkan laptop yang sesuai, dan tentu saja tahan lama.

Pilih Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips membeli laptop berkualitas
Tips membeli laptop berkualitas pertama, adalah tentu saja sobat harus membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan . Jika sobat membeli laptop untuk kebutuhan ringan, seperti kebutuhan kantor, browsing, menulis, mendengarkan musik, atau hanya untuk memainkan game yang ringan. Maka sobat tidak perlu membeli laptop dengan spsesifikasi yang terlalu tinggi. Sobat hanya perlu lapto,p yang dapat memenuhi berbagai keperluan sobat di dunia office.

Sementara jika sobat membutuhkan laptop untuk kebutuhan desain grafis. Maka sobat membutuhkan laptop yang berhubungan dengan grafik dan warna. Maka langkah yang tepat yang harus sobat lakukan, adalah memilih laptop desain grafis. Selain untuk kebutuhan kerja, perangkat ini tentu saja dapat digunakan untuk kebutuhan word processing, dan memainkan game tingkat menengah.

Terakhir, jika sobat membeli laptop untuk kebutuhan bermain game, terutama game-game berat yang sering dimainkan dalam waktu cukup lama.  Maka sobat sangat membutuhakn laptop yang memiliki performa yang handal, stabil, dan memiliki kualitas tampilan layar yang tajam dan jernih.

2. Membeli Laptop Sesuai Jenisnya

Dalam hal membeli laptop, kita harus membeli yang sesuai dengan jenisnya. Selain itu sesuaikan juga dengan kebutuhan, dan buget yang kita miliki. Misalnya saja, sobat membutuhkan laptop untuk bermain game. Maka belilah laptop gaming yang sesuai. Baik dari segi spesifikasi atau pun harganya.

Dalam membeli laptop, merk juga merupakan salah satu acuan yang sangat perlu kita pertimbangkan. Karena suatu merk tertentu, biasanya juga membawa kelebihannya yang tertentu pula.

Ambil saja contohnya Toshiba, yang terkenal tahan banting dan memiliki umur pakai yang relatif lebih lama, dibandingkan bran lainnya. Asus yang terkenal dengan layanan servicenya yang baik. Dan berbagai merk terkenal lainnya, yang memiliki kelebihannya masing-masing.

Atas dasar itulah, maka sudah sepantasnya jika dalam membeli laptop, sobat juga memilih merk-merk yang sudah terbukti kualitasnya.

3.  Jangan Sepelekan Garansi dan Pelayanan Service

Secanggih apapun suatu peralatan yang dibuat manusia, tidak selamanya akan terbebas dari cacat dan kekurangan. Bisa jadi dalam keadaan tertentu laptop bisa mengalami kendala, bahkan saat baru beberapa hari dibeli. Oleh karenanya sangat penting bagi sobat, untuk mempeRhatikan garansi dan pelayanan service dari perangkat tersebut.

Lama garansi dan bagusnya pelayanan service merupakan salah satu acuan, akan bagus tidaknya suatu produk laptop. Contohnya disini Asusu yang memberikan garansi selama dua tahun. Bahkan Dell berani menjamin, jika laptopnya sampai rusak maka akan diganti dengan yang baru.

Dalam membeli laptop sobat juga harus memperhatikan ketersediaan service centernya. Jika venor laptop memiliki banyak service center, dan salah satunya ada di kota sobat. Maka saat laptop yang sobat miliki ada kendala, maka akan dapat langsung segera di atasi.

4. Perhatikan Harga Jualnya Kembali

Dalam hal membeli suatu produk, tak terkecuali laptop. Kita harus senantiasa memperhatikan harga jual kembalinya. Selain dapat menjadi salah satu aset berharga, harga jual lembali juga menunjukan banyaknya peminat dan kualitas dari perangkat itu sendiri.

Tidak menutup kemungkinan kita akan bosan dengan laptop yang kita beli, ongin upgrade, atau ada kebutuhan mendesak yang membuat kita terpaksa menjual laptop yang kita miliki. Oleh karena itu, belilah merk laptop yang harga jualnya tetap tinggi, alias tidak terlalu anjlok.

5. Jangan Lupa Cek Dulu Sebelum Meninggalkan Toko

Tips membeli laptop berkualitas
Rasa senang karena memiliki laptop baru, jangan sampai membuat kita lupa mengecek laptop dengan seksama. Ceklah dengan teliti setiap bagian laptop yang akan sobat beli. Hal ini demi menghindari akan adanya kerusakan pada suatu komponen tertentu. Dengan mengecek secara seksama, maka sobat tidak akan menyesal karena jika ada sesuatu yang cacat, bisa segera langsung minta unit lainnya.

Itulah sobat tips membeli laptop berkualitas, semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jangan lupa klik share jika bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asus ROG Strix G703GX Laptop Gaming Spesifikasi Tertinggi, Dirilis Pertama di Indonesia

Asus ROG Strix G703GX merupakan laptop gaming terbaru, yang telah resmi dirilis di Indones…