Aksesoris kamera DSLR dan fungsinya

Selain memiliki kamera, aksesoris kamera DSLR juga sangat penting dimiiki. Sehingga dengan hal ini, maka jepretan foto yang dihasilkan pun akan semakin memuaskan.

Layaknya aksesoris hp, kamera juga memiliki aksesoris pendukung yang cukup banyak. Sehingga tak heran, hobi ini sangat identik dengan hobi mahal. Sebab memeang aksesoris yang kecil pun, harganya bisa sangat mahal.

Oleh karena itu, pada postingan kali ini. Kita akan membahas aksesoris kamera dengan harga terjangkau, namun kualitas dan fungsinya terbilang sangat keren. Sobat tentu penasaran bukan ?

Baca Juga : Generasi Ketiga, Kamera DSLR Canon Canon EOS-1DX Mark III Meluncur 2019?

10 Aksesoris Kamera Keren dan Fungsinya

Inilah ke-10 aksesoris kamera DSLR dan fungsinya tersebut, yang akan kita bahas :

1.Magnetic card reader

Aksesoris kamera DSLR
Image via plazakamera.com

Card reader merupakan perlengkapan kamera yang terlihat remeh, namun memiliki fungsi yang sangat penting. Namunidak sedikit yang merasa terganggu, dengan aksesoris ini saat dipakai.Sebab biasanya bisa membuat ribet, dikarenakan harus mencari posisi yang pas sehingga tidak menggantung.

Memahami hal tersebut, maka hadirlah magnetic card reader. Dimana di dalamnya teah dilengkapi dengan magnet, sehingga pengguna tinggal menempelkannya ke laptop saat digunakan. Dengan hal ini, maka kamu tidak akan mengalami lagi card readermu terayun-ayun, terutama saat memindahkan data dari card memori menuju laptop.

Harganya yang relative terjangkau, tentu akan membuat isi kantog terkuras banyak.

2. Gorillapod

Aksesoris kamera HP

GorrillaPod saat ini juga banyak digunakan sebagai aksesoris hp. Dengan memiliki aksesoris ini, maka kamu dapat memotret dimanapun dan kapanpun, sekalipun tidak ada yang memegangi, atau hanya ada pohon dan pagar.

Sehingga gorilla ped ini, sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh sobat yang hobi selfie, atau bahkan melakukan vlogging. Kaki-kakinya yang dapat dilingkarkan atau ditekuk, namun tetap memiliki power yang mumpuni ini, membuat kamu selalu memiliki phatner untuk memegangi kamera dimanapun.

3. Collapsible Diffuser/Reflector

Aksesoris kamera hp

Diffuser adalah aksesoris kamera DSLR, yang sayang jika tidak dimiliki oleh para fotografer. Terutama bagi sobat yang sering memiliki job memotret model, still life, ataupun project lainnya. Baik yang berada di dalam studio, atau bahkan di luar ruangan sekalipun.

Diffuser adalah aksesoris yang sangat bisa diandalkan, terutama dalam hal mengurangi shadow pada obyek yang kamu bidik. Sinar matahari yang sangat tajam sekalipun, pantulannya dapat dikurangi menggunakan aksesroris ini. Kerennya lagi, biasanya juga sudah dilengkapi dengan fungsi reflector. Sehingga kamu akan lebih mudah, untuk mengarahkan pantulan cahaya ke arah yang dikehendaki.

Diffuser memiliki beragam jenis dan ukuran, serta varian harga, Sehingga pengguna bisa benar-benar memilihnya sesuai kebutuhan.

4. Memory card holder

Aksesoris Kamera DSLR

Memori card holder, adalah dompet khsusus yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan memori card. Selain akan lebih aman, terdapat juga beberapa slot di dalamnya, sehingga bisa mudah menyimpan banyak card memori, dan mengambilnya pun akan lebih mudah.

Sangat disarankan, sobat membeli memori card holder yang tipis. Sehingga dengan demikian akan mudah ditempatkan di manapun, terutama di tas kamera. Sekalipun mungkin kamu tidak menyukainya, direkomendasikan untuk memilih warna yang mencolok, sehingga akan mudah untuk ditemukan.

5. Lens Cap Clip

Aksesoris Kamera DSLR

Lensa cap cip adalah aksesoris kamera DSLR, yang sangat berfungsi untuk menggit tutup lensa. Tutup lensa memang sangat ampuh untuk melindungi lensa, baik dari debu bahkan hingga goresan. Namun tidak sedikit yang merasa terganggu dengannya ketika hendak memotret. Sehingga saat buru-buru tidak sedikit yang melemparnya begitu saja. Kemudian pusing mencarinya saat hendak dipasang kembali.

Dengan alat ini, maka tutup lensa akan terjepit dengan aman, sehingga selain tidak mengganggu juga meminimalisir dari resiko kehilangan. Untuk menjepitkannya, kamu tinggal menjepitkannya pada tas kamera, ataupun strap kamera.

6. Starp atau Tali Kamera

Aksesoris Kamera DSLR

Tali kamera memang ada bawaanya sendiri saat kita membeli. Namun tidak sedikit yang mengeluh, karena tali bawaan tersebut terasa kurang nyaman saat digunakan, atau kualitasnya kurang memuaskan. Sehingga dengan demikian, membelinya adalah salah satu pilihan tepat.

Sebab dengan memiliki tali kamera yang bagus, maka saat membawa kamera kenyamanannya akan lebih terjamin. Selain itu, kamu juga bisa memilih strap yang cocok untuk menunjang penampilan kamu.

Referensi Kami : Daftar Harga Kamera DSLR Canon Tahun 2019 Lengkap

7. LCD screen protector

Aksesoris Kamera DSLR

LCD screen protector adalah aksesoris kamera DSLR, yang sangat berguna untuk melindungi layar kamera, terlebih lagi yang sudah layar sentuh.

Dengan hal ini, maka kamu akan selalu tenang sekalipun sering menggunakannya di kondisi yang rawan. Baik rawan jatuh, tergores dan lainnya.

8. Hot shoe Leveling Bubble

Aksesoris Kamera DSLR

Aksesoris kamera DSLR yang ini, sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Namun, jika kamu sering memfotret pemandangan atau lanscape, menggunakan tripod mak aksesoris ini sebaiknya kamu miliki.

Sebab dengan aksesoris ini, maka kamu akan senantiasa memastikan garis horizontal, disetiap pemotretan sehingga dapat mencegah dari terjadinya hasil yang miring.

Meskipun saat ini banyak kamera modern yang telah dilengkapi digital built-in, dan juga tripod yang biasanya ada pada bagian head. Namun meletekan alat ini di hot shoe kepala kamera, tentu akan semakin terlihat jelas. Sehingga hasilnya akan semakin maksimal.

9. Filter circular polarizer

Aksesoris Kamera DSLR

Filter polarizer merupakan aksesoris kamera DSLR, yang berfungsi untuk membelokan cahaya. Sehingga dengan demikian, maka kamu akan dapat mengjilangkan pantulan bayangan di kaca ataupun di permukaan air. Selain itu, filter ini juga memiliki kemampuan untuk menaikan kontras dengan jalan menggelapkan birunya langit.

Aksesoris ini tersedia dengan berbagai varian harga dan merk. Saat membelinya, disarankan kamu membeli yang sudah dilapisi multi-coated. Sehingga hasil fotonya akan dapat lebih jernih, sebab lapisan tersebut dapat mengurangi refleksi yang diakibatkan oleh filter itu sendiri.

Bagi kamu yang kebetulan memiliki banyak koleksi lensa. Agar lebih hemat silahkan cukup membeli satu filter, yang pas dengan lensa yang paling besar. Untuk menyesuaikan dalam pemasangan pada setiap lensa, kamu bisa menggunakan step-up ring.

10. Filter Neutral Density (ND)

Aksesoris Kamera DSLR

Filter neutral density adalah aksesoris kamera DSLR, yang memiliki sifat menghambat cahaya masuk lensa, sehingga sangat cocok digunakan ketika sinar matahari sangat terik.

Adapun keguannya ada dua, yang pertama yaitu untuk mengatasi long exposure. Sehingga dengan memasang aksesoris ini, maka kamu akan bisa mendapatkan hasil jepretan air terjun, jadi ngeblur sangat halus layaknya sebuah kapas.

Jadi filter ND dapat membuat shutter membuka dengan lebih lama guna menangkap cahaya yang masuk, sehingga kita tidak perlu khawatir lagi hasil jepretan menjadi sangat terang. Dalam hal ini, kemampuan setiap filter ND dalam melambatkan sangat bervariasi, ada yang 2 stop bahkan ada juga yang mencapai 10 top lebih lama.

Selain berguna untuk kualitas foto, filter ND ini juga memiliki fungsi untuk memperlambat shutter speed, saat pengguna menggunakannya untuk merekam video. Hal ini sangat pentig, sebab jika shutter speed terlalu cepat maka gerakan video tidak mulus lagi, namun mirip kumpulan foto bergerak yang terpotong-potong.

Lebih dari itu, pengguna juga bisa menggunakan filter ini untuk membuat foto berefek bokeh. Yaitu dengan memanfaatkan aperture besar, yang umumnya diikuti pula dengan shutter speednya yang cepat. Terdapat pilihan harga dan kualitas yang bervariasi, sehingga sobat bisa mendapatkannya dengan yang sesuai. Baik dari segi harga maupun kualitas tentunya.

Demikian, 10 aksesoris kamera DSLR canggih dengan harga relative terjangkau. Kami do’akan semoga sobat selalu menghasilkan berbagai karya yang menakjubkan, sehingga selain sebagai hobi. Juga dapat membuat diri dan kehidupan sobat semakin cerah, baik di masa sekarang, maupun di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A80 di Indonesia Lengkap

Samsung Galaxy A80 adalah smartphone terbaru yang sangat revolusioner. Smartphone ini tela…