Pengertian apa itu OVO

Apa Itu OVO ? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Menggunakannya

Diposting pada

Apa itu OVO ? sepertinya pertanyaan ini merupakan pertanyaan bagi banyak orang, khususnya yang baru mendengar. Penulis bahkan kala itu dibuat bingung, sebab awalnya mengira merupakan merk sebuah smartphone ketika seorang sahabat, memberi pilihan untuk melakukan transaksi via transfer bank atau melalui OVO.

Penulis yang baru tahu tentu bingung dong, akan apa itu OVO, sebab ia bisa disejajarkan dengan transfer melalui bank oleh sahabat penulis itu. Kala itu penulis pun bingung hendak trasnfer dana OVO dimana. Dan ternyata hal itu bisa dilakukan semudah transaksi pulsa, sebagai salah seorang yang berjualan pulsa tentu sangat terbantu dengan hal ini. Jadi penulis tak perlu kemana-mana lagi, cukup gunakan Hp maka sudah bisa transfer saldo OVO ke teman penulis yang saat itu digunakan untuk membayar domain dttg.my.id dari Puskomedia Indonesia yang hanya Rp.20.000,- per tahun.

Dengan nominal seperti itu, sepertinya kurang etis jika transfer melalui BRI Link, sebab saat itu saldo rekening penulis sedang limit banget. Dengan hadirnya OVO maka berbagai transaksi pun akhirya menjadi sangat mudah.

Pengertian OVO

Berdasarkan cerita penulis di atas, tentu sobat sudah memiliki gambaran bukan bahwa ini merupakan salah satu dompet digital. Ya betul sekali, OVO adalah sebuah aplikasi dompet digital, yang sangat memudahkan transaksi dan sangat dibutuhkan di zaman ini.

Dalam situs ovo.id sendiri dijelaskan, bahwa OVO merupakan aplikasi smart yang dapat memberikan kemudahan bagi sobat dalam melakukan transaksi, yaitu melalui OVO Cash. Selain itu, melalui OVO Points sobat juga memiliki banyak kesempatan untuk mengumpulan poin diberbagai tempat.

Dengan memiliki aplikasi ini, maka sobat bisa melakukan transaski apapun, simpel, dan aman, serta siap kapanpun dan dimanapun, sehingga transaski finansial pun menjadi semkin mudah dan menyenangkan. Bagaimana sudah tidak bingung lagi mengenai pengertian apa itu OVO bukan?

Pendiri OVO

Dilansir cnbcindonesia.com OVO ternyata adalah platform pembayaran digital yang berada di bawah Grup Lippo. Pada awal tahun ini, pihak OVO telah mengumumkan jika telah mengalami jumlah pertumbuhan pengguna mencapai 400 persen. Dimana pada pertengahan tahun sebelumnya, sempat disampaikan jika pegggunanya sudah mencapai 60 juta.

Di bulan Mei 2018 lalu, Grup Lippo dan Tokyo Century telah membentuk serangkaian kemitraan di Indonesia termasuk investasi di OVO, di mana Tokyo Century menginvestasikan sekitar US$120 juta.

Sementara itu, di bulan Juli 2018 OVO juga telah mengumumkan kemitraannya yang strategis dengan berbagai perusahaan sekaligus di tanah air ini. Adapun beberapa perusahaan tersebut diantaranya adalah Bank Mandiri, Alfamart, Moka dan juga Grab. Bersamaan dengan kemitraan yang telah dijalin dengan jaringan Lippo, kemitraan baru ini tentu semakin membuat OVO menjadi platform pembayaran terluas di Indonesia.

Menariknya lagi, agar semakin luas basis penggunannya, OVO juga telah mengumumkan kerjasamanya dengan Toko Pedia sebagai salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia, tepatnya pada bulan November lalu.

Cara Mendapatkan Akun OVO

apa itu ovo

Dengan memiliki akun OVO maka kita tak perlu lagi membawa uang tunai, tentu saja karena kita memiliki dompet digital yang tersimpan aman dalam smartphone. Untuk dapat memiliki akun OVO, hal pertama yang harus sobat lakukan adalah menguduhnya.

Bagi pengguna Android silahkan bisa mengunduh di Google Play Store, sementara untuk pengguna iOS bisa mendapatkannya di App Store. Setelah itu silahkan daftarkan nomor telepon sobat lengkap dengan biodata diri.

Pengertian OVO Cash dan OVO Points

Dalam aplikasi OVO, dana yang sobat miliki terbagi menjadi dua, yakni OVO Cash dan OVO Point.

Pengertian OVO Cash sendiri yaitu jumlah nilai uang yang sobat miliki dalam dompet digital sobat, dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di semua merchant. Sementara pengertian dari OVO Point yaitu point yang telah sobat kumpulka melalui cash back (loyalty) dari program yang dijalankan OVO.

Nilai 1 OVO Point sama dengan Rp. 1. Jadi jika sobat memiliki 100.000 OVO Points, berarti sobat memiliki RP. 100.000,- dalam akun OVO sobat.

Umumnya, sobat hanya akan mendapatkan cash back jika membayar menggunakan OVO Cash. Meski demikian OPO Point tetap dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti halnya OVO Cash, tetapi cakupannya memang lebih kecil.

Cara Mengisi Saldo OVO dan Mengeceknya

Cara mengisi saldo ovo

Untuk mengisi saldo sebelumnya sobat tentu ingin mengecek saldonya bukan. Cara mengecek saldo OVO sebenarnya sangat mudah, sobat tinggal login pada aplikasi. Setelah masuk maka di menu utama (Home) junlah saldo tersebut pun sudah tampil.

Adapun cara mengisi saldo ini sendiri, sobat bisa melihat pada bagian kanan saldo OVO, dimana di sana terdapat menu Top Up. Dalam pilihan menu tersebut, sobat dapat menemukan intruksi terkait cara menambahkan saldo berdasarlam masing-masing pilihan yang ada dalam akun sobat. Menariknya saat ini banyak juga para penjual pulsa elektrik seperti penulis bisa mengisi saldo OVO, nominalnya pun bermacam-macam, mulai dari 10K, 20K, 30K, 50K, 100K, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sobat mengisi saldo OVO.

  • Pastikan bahwa nomor telepon sesuai dengan yang sobat daftarkan dalam aplikasi OVO.
  • Top Up saldo OVO tidak dikenakan biaya tambahan.
  • Jika top up saldo telah berhasil, maka tidak bisa dibatalkan atau dikembalikan dalam bentuk apapun.
  • Demi keamanan, pastikan smartphone memiliki tingkat keamanan lebih sehingga tidak mudah dibuka orang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Pola Kunci Layar 18×18

Jenis Keanggotaan OVO

Dalam hal keanggotaannya, OVO terbagi menjadi dua yakni Club dan Primer. Salah satu hal yang membedakan antara OVO Primer dengan versi Club, yaitu pada OVO Primer ini sobat bisa OVO Cash hingga Rp. 10.000.000,-.

Untuk mendaftar atau mengupgrade OVO Club ke Primer, sobat hanya perlu mengirimkan foto KTP langsung melalyi aplikasi OVO. Selain itu, sobat juga bisa mendaftar langsung di kios OVO yang berada di berbagai tempat.

Layanan Pembayaran OVO

Adapun beberapa transaski yang dapat dibayar menggunakan OVO yaitu transaksi online maupun offline, seperti pembelian pulsa, token PLN, pembayaran BPJS, Ojek Online, TV kabel, hingga parkir.

Selain itu, sobat juga bisa melakukan transaksi apapun dengan penguna OVO lainnya, misalnya saja ketika hendak membeli barang uang yang kita bawa kurang, ternyata yang jualan punya akin OVO maka kita bisa membayar kekurangannya melalui OVO.

Penjelasan Fungsi Masing-Masing Menu OVO

Pada aplikasi OVO terdapat 5 menu utama, yaitu
Menu Home, Deals, Finance, Wallet dan History. Agar semakin memudahkan dalam penggunaanya, berikut penjelasan tentang fungsi masing-masing menu OVO tersebut :

1. Home

Saat masuk ke menu Home maka sobat dapat melihat jumlah saldo OVO Cash, dan juga OVO Points. Selain untuk menampilkan saldo, menu Home juga memiliki 3 fungsi utama, yaitu :

  1. Transfer, yaitu fitur yang memungkinkan untuk sobat melakukan transfer dana, baik dengan sesama pengguna OVO maupun ke rekening bank. Melalui fitur ini, sobat bisa memindahkan dana ke pengguna lainnya, atau pun menarik dana OVO Cash yang dimiliki.
  2. Scan Fitur , yang dapat sobat gunakan untuk melalukan pembayaran.
  3. OVO id, merupakan fitur yang berisi kode identitas berbentuk QR code dan barcode. Nomor telepon yang sobat gunakan untuk akun OVO juga ditunjukan di menu ini.

Selain ketiga menu tersebut, ada juga beberapa kategori pembayaran seperti Pulsa, Paket Data, PLN, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, sobat tinggal klik ikon pembayaran yang diinginkan, untuk selanjutnya mengikuti intruksi pembayaran yang ditampilkan.

2. Deals

Melalui menu deals sobat dapat menemukan berbagai promosi terkini yang sedang diadakan aplikasi OVO.

Melalui menu Deals sobat juga akan dipermudah dalam pencarian untuk berbagai kategori promo, misalanya saja kesehatan, kecantikan, fashion, hingga makanan dan minuman.

3. Finance

Melalui fitur Finance sobat memiliki kesempatan untuk berinvestasi dengan keuntungan 7% pertahunnya. Sobat bisa melakuka investasi dengan nominal terendah Rp. 10.000,-.

Melalui menu ini, sobat bisa kapanpun memonitor hasil dari keuntunga . Selain untuk berinvestasi, melalui menu Finance sobat juga bisa mengatur dan mengelola anggaran keuangan menggunakan aplikasi OVO.

4. Wallet

Seperti halnya dompet fisik, melalui aplikasi ini sobat juga bisa melihat kartu membership yang dimiliki, lengkap dengan nama dan nomor keanggotaannya. Melalui kartu ini, sobat bosa mengumpulkan sebanyak-banyaknya poin reward.

5. History

Seperti namanya, menu History berguna untuk menunjukan seluruh transaksi pembayaran yang telah dilakukan. Misalnya saja catatan riwayat top up hingga bonus yang telah sobat peroleh, baik yang berbentuk OVO Points maupun OVO Cash.

Cara Melakukan Pembayaran Melalui OVO

Setelah mengetahui fungsi menu-menu di aplikasi OVO, maka saatnya kita membahas cara melakukan pembayaran melalui aplikasi OVO. Dalam sistem pembayaran, OVO memiliki dua sistem, yaitu melalui nomor telpon, dan sistem barcode. Umumnya sistem barcode ini digunakan untuk membayar parkir.

Seperti kita tahu, dalam tiket parkir tertera sebuah kode barcode. Untuk membayarnya, silahkan sobat pilih menu Scan pada aplikasi OVO, untuk selanjutnya mengikuti intruksi pembayaran yang ada. Dengan hal ini, maka sobat tak perlu lagi mengantre saat hendak membayar parkir.

Contoh sistem pembayaran yang kedua biasanya sering sobat temui di tempat belanja, pasar swalayan, hingga restoran. Pada saat hendak melakukan pembayaran, kasir akan meminta nomor telepon yang sobat gunakan di aplikasi OVO.

Setelah itu, sistem akan mengirimkan pemberitahuan ke aplikasi OVO yang sobat miliki. Namun jika tidak muncul secara otomatis, sobat bisa mengeceknya pada gambar lonceng yang berada di kanan atas.

Setelah itu, sobat tinggal memilih untuk melakukan pembayaran melalui OVO Cash atau OVO Points, kemudian ikuti intruksi yang diberikan. Setelah itu maka, pembayaran sobat akan diterima secara otomatis sehingga tidak perlu menunggu lama

Keuntungan Memiliki Akun OVO

Setelah membaca uraian di atas, sobat tentu semakin paham akan apa itu OVO. Selain kemudahan dan kepraktisan, ada juga keuntungan lain bagi sobat yang menggunakan aplikasi OVO ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Ada Promo Menarik Cashback Berlipat

Dengan menggunakan aplikasi OVO maka sobat senantiasa memiliki mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan promo casback yang lebih dari promo dompet digital lainnya. Bahkan diawal rilisnya OVO berani memberikan promosi mencapai 100% cash back.

Cashback tersebut diberikan dalam bentuk OVO Points. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa selain sistem pembayaran yang praktis, OVO juga memberikan keuntungan reward untuk para penggunanya.

b. Dapat Digunakan di Berbagai Merchant

OVO dapat digunakan untuk melakukan transaksi di berbagai merchant. Mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, hingga kios dan pedagang kaki lima, juga tidak sedikit yang menerima sistem pembayaran menggunakan OVO.

c. Dapat Digunakan untuk Membayar Berbagai Kebutuhan

Aplikasi OVO bukan hanya dapat digunakan untuk membayar belanja di berbagai merchant, namun juga dapat digunakan untuk membayar berbagai produk tagihan bulanan. Dengan kemudahan yang diberikannya, tak ayal jika dari waktu ke waktu pengguna OVO senantiasa bertambah.

Penutup

Meskipun aplikasi OVO memberikan banyak kemudahan, salah satunya dalam hal melaukan pembayaran, namun selalu ingat kita harus tetap bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab. Kemudahan berbelanja tersebut, jangan dijadikan sebagai ajang hidup boros, yaitu dengan menghabiskan uang yang dimiliki secara tak terkontrol.

Setelah penjelasan diatas, tentu sobat sudah sangat jelas tentang apa itu OVO bukan? Apakah saat ini smartphone sobat sudah memiliki aplikasi OVO, jika sudah ceritakan pengalaman sobat melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.