Jenis Bahasa Pemrograman Web yang Sering di Gunakan

  • Whatsapp
Bahasa pemrograman web
Image via flash.com

Perkembangan teknologi sekarang memang sangat cepat sekali, dari perkembangan tersebut diantaranya adalah munculnya jenis jenis bahasa pemrograman web yang baru. Apa kalian tahu apa itu bahasa pemrograman ? Bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu yang berhubungan dengan software atau perangkat lunak seperti website, game, aplikasi dan banyak lagi tentunya.

Bahasa pemrograman web memiliki beragam jenis, bahkan sampai setiap tahunnya ada saja bahasa pemrograman populer yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman juga tidak digunakan untuk sembarang kegunaan, setiap bahasa pemrograman, memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda.

Bahasa pemrograman memiliki jumlah yang banyak ,tetapi memiliki kelebihan dan jenis karakternya masing masing. Lalu apa saja bahasa pemrograman web yang populer digunakan sekarang ? Pada postingan kali ini, kita akan membahas bahasa pemrograman apa saja yang saat ini populer, dan sering digunakan.

Bahasa Pemrograman yang Populer

Banyak jenis bahasa pemrograman yang ada didunia ini , tetapi dari banyak jenisnya bahasa pemrograman tersebut tentunya ada bahasa pemrograman yang sering digunakan, dan pupuler sekali di lingkungan para programmer . Apa saja bahasa pemrograman populer tersebut ? simak lah penjelasan dibawah ini.

1. Java

Bahasa pemrograman merupakan salah satu bahasa permrograman yang sudah berumur dari era 1990 an. Jadi umur bahasa pemrograman ini sudah lebih dari 20 tahun. Salah satu penggunaan terbesar pada java adalah pembuatan native untuk Android. Bahasa pemrograman ini juga telah dipakai oleh lebih dari 10 juta developer, dan 15 miliar perangkat yang ada diseluruh dunia ini.

Selain itu, bahasa pemrograman java ini merupakan pondasi dari berbagai pahasa pemrograman seperti scala ,kotlin .Groovy, jRuby,jython ,Cloujure dan lainnya yang memanfaatkan bahasa Java ini menjadi Virtual Machine sebagai rumahnya.

2.Bahasa C

Bahasa pemrograman C mulai dikembangan pada tahun 1972. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Dennis Ritchie, untuk sistem operasi unix di bell telephone.

Selain untuk tujuan tersebut, bahasa pemrograman C dibuat untuk jaringan komputer. Namun demikian,juga sering digunakan untuk mengembangkan software/perangkat lunak aplikasi, dari berbagai jenis platform operasi sistem, arsitektur komputer dan lainnya. Bahasa pemrograman ini, juga sangat besar pengaruhnya bagi bahasa populer lainnya seperti Java, C++ dan lain lain.

3.JavaScript

Bahasa Javascript juga termasuk bahasa pemrogram web yang populer. Alasan kenapa bahasa pemrograman ini populer, karena JavaScript dapat bekerja disebagian di browser pupuler seperti internet, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox dan jenis browser lainnya.

JavaScript ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh netspace, dan biasanya berfokus pada mengembangkan website. Oleh sebab itu, hampir semua website atau blog sekarang, sudah menggunakan Javascrift agar website yang dibuat tampak interaktif dan dinamis.

4. PHP

Bahasa Pemrograman populer selanjutnya adalah bahasa PHP, yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP sendiri adalah jenis bahasa pemrograman, yang digunakan dari sisi server.

Bahasa pemrograman ini banyak digunakan di Indonesia karena pemakaian nya gratis. Sehingga tidak heran bahasa pemrograman ini, memunculkan web yang memiliki struktu yang dinamis. Website yang memakai bahasa pemrograman ini adalah Facebook, Blogspot, WordPress dan lain lain.

5.Phyton

Kalau dibilang bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah digunakan, apalagi bagi kalian yang masih awam mempelajari bahasa pemrograman, maka saya sarankan menggunakan bahasa pemrograman agar mendapatkan logika dan algoritma dalam pemrograman.

Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk mengembangkan website, aplikasi mobile . Bukan itu saja , bahasa pemrograma ini juga mengembangan perusahaan besar seperti google, yahoo dan lain lain.

Itulah bahasa pemrograman yang populer digunakan. Mungkin masih banyak bahasa pemrograman populer lainnya yang sering digunakan, tetapi menurut kami bahasa pemrograman diataslah yang populer digunakan.

Apakah kalian memakai salah satu diantara bahasa pemrograman diatas ? wah kalau iya , berarti anda sangat beruntung sekali sudah menggunakan bahasa pemrograman populer yang telah kami rangkum. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahasa pemrograman dan lainnya, silahkan bisa berkunjung ke dutormasi.com.

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, jika anda merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman, keluarga dan kerabat anda, agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *