Browser Internet Smart TV bermasalah

Cara Mengatasi Browser Internet Smart TV yang Tidak Terdeteksi

Diposting pada

Browser internet Smart TV bisa digunakan untuk browsing di internet layaknya menggunakan smartphone maupun laptop. Layanan streaming semisal Netflix juga bisa dinikmati asalkan tersedia layanan internet. Berikut akan kami uraikan list solusi untuk potensi masalah koneksi browser paling umum. Plus juga setting sambungan internet untuk beberapa keluaran seri smart TV.

Browser Smart TV biasanya tidak ada yang sudah di-install dari pabrik. Jadi harus meng-install secara mandiri jika ingin menggunakannya. Namun kadang browser tersebut tidak bisa memuat/mendeteksi sebagian halaman website. Jangan khawatir, berikut cara menyelesaikannya.

Atasi Koneksi Bermasalah Browser Internet Smart TV

Masalah yang jamak terjadi pada browser Smart TV adalah tidak bisa memuat secara sempurna bagian website. Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena informasi yang ingin dicari tidak lengkap.

Baca Juga : Begini Cara Seting Jaringan Smart TV dengan Mudah

Namun perlu diketahui, web browser tidak bisa memutar dan memuat media selain yang berekstensi JPEG/PNG/GIF.Jadi jika ada bagian website yang tidak termuat secara sempurna, bisa dipastikan file media tersebut formatnya selain JPEG/PNG dan GIF.

Masalah yang jamak terjadi berikutnya adalah web browser Smart TV yang sering tertutup secara tiba-tiba. Ini tentu saja sangat menjengkelkan karena bukan tidak mungkin pengguna sedang asyik berselancar ria di internet.

Nah, jika web browser sering mati secara otomatis dan tiba-tiba kemungkinan besarnya adalah ukuran memori yang tidak cukup. Ukuran memori memang harus memadai jika ingin aktivitas browsing lancar tanpa terganggu browser yang tiba-tiba tertutup.

MenghubungkanBrowser Internet Smart TV Keluaran 2011-2014

Jika ingin menggunakan sambungan web browser pada Smart TV, maka harus memilki koneksi jaringan nirkabel yang aktif. Jadi sebelum memulai web browser pastikan Smart TV tersambung dengan jaringan internet. Caranya melihatnya ada di menu Home>Pengaturan Lanjutan>Jaringan.

Pada LG Smart TV keluaran tahun 2011, untuk memulai web browser mudah saja. Web browser bisa ditemukan dengan mudah di menu home. Setelah aplikasi terbuka, ada 3 menu yang terpampang di web browser yaitu URL, Favorit dan History.

Pengguna bisa menggunakan web browser Smart TV layaknya membuka aplikasi Browser pada smartphone dan laptop. Misalnya pengguna bisa mengetikkan URL/kata kunci pada kolom pencarian.

Selain itu juga bisa menambahkan website menjadi favoritnya. Pengguna bisa switch tab antara satu halaman dengan halaman lain. sejarah penelusuran internet juga bisa dihapus jika menginginkan.

Pada Smart TV 2012-2013, cara membuka web browser agak berbeda. Caranya adalah dengan langsung memilih Internet pada smart screen. Setelah aplikasi web browser terbuka, di sana terdapat beberapa fitur yang memiliki fungsi berbeda.

Misalnya saja Search Engine di mana pengguna bisa memasukkan URL/kata kunci yang ingin dicarinya. Kemudian ada fitur Tambahkan ke Bookmark yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan alamat website yang disukainya. Nantinya jika ingin mengunjungi website tersebut tinggal mengkliknya di menu favorit.

Selanjutnya ada fitur Refresh yang bisa digunakan jika ada kesalahan saat membuka website. Setelah web browser sudah di-refresh maka bisa dicoba kembali untuk membuka website tersebut.

Ada juga fitur Voice Recognition yang bisa digunakan untuk memasukkan kata kunci lewat suara. Fitur ini sangat memudahkan karena pengguna tidak perlu repot-repot mengetikkan keyword di mesin pencari. Fitur ini bisa digunakan melalui LG Magic Remote Control.

Pada browser internet Smart TV LG keluaran 2012-2013 juga ada fitur Mini TV. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa browsing sambil menikmati tayangan TV. Mini TV ini berada pada bagian bawah Smart TV. Fitur-fitur lainnya adalah Zoom untuk memperbesar/memperkecil, Full Screen (layar penuh) dan New Tab (jendela baru).

Web browser pada Smart TV LG keluaran tahun 2014 bisa dibuka dengan memilih icon dengan huruf WWW. Fitur yang disematkan juga sama dengan keluaran tahun 2012-2013. Dengan tersedianya web browser pada Smart TV maka harus ditingkatkan juga pengawasan terhadap anak-anak. Karena mereka bisa mengakses hal-hal belum layak yang seharusnya tidak mereka lihat.

Demikianlah ulasan tentang masalah yang paling jamak terjadi pada browser internet Smart TV serta solusinya. Secara lengkap diulaskan pula fitur-fitur dan cara membuka web browser pada Smart TV LG keluaran tahun 2011 hingga 2014. Semoga bermanfaat menambah wawasan tentang sistem browser TV pintar ya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.