cara menghubungkan smart tv ke internet

Cara Setting Koneksi Jaringan Smart TV Lini Gateaway dan DNS

Diposting pada

Koneksi Jaringan Smart TV adalah sistem jaringan yang menghubungkan TV dengan internet. Inilah yang membuat konsumen bisa menikmati tayangan TV dan aplikasi yang telah disediakan. Utamanya terdapat 4 urutan ikon koneksi jaringan yang tersedia. Ikon lini TV, getaway atau router, DNS serta internet tersambung.

Namun karena suatu hal, koneksi ini bisa saja terputus dan internet gagal terhubung. Misalnya saja di lini TV, Gateaway atau DNS. Nah, jika anda mengalami masalah tersebut simak saja ulasan bagimana mengaturnya di bawah ini.

Setting Koneksi Jaringan Smart TV Terputus di Lini Gateaway, DNS

Lini IkonTV

Jika koneksi jaringan Smart TV terputus di lini pertama sambungan yakni terdapat tanda X di sebelah simbol TV, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa status koneksi TV, AP (Router) dan modem kabel. Fungsi AP (Router) dalam sistem jaringan Smart TV salah satunya adalah sebagai gerbang untuk koneksi ke internet. Pastikan AP (Router) tidak bermasalah karena kunci tersambungnya Smart TV dengan internet.

Baca Juga : 10 Merk Smart TV Terbaik Berkualitas Tinggi

Setelah TV, AP (Router) dan modem kabel dicek dan tidak ditemukan masalah maka selanjutnya bisa di-reset. Reset atau restart adalah proses menghidupkan dan mematikan sehingga bisa berfungsi seperti semula.

Proses reset/restart harus berurutan yang dimulai dari modem kabel, AP (Router) dan terakhir adalah TV. Dalam hal ini pemakai menggunakan koneksi tanpa kabel (nirkabel), maka harus mengubah SSID (nama jaringan) dan saluran wireless AP (Router).

Kemudian jika IP yang digunakan adalah IP Statis maka bisa memasukkan IP secara langsung. IP Statis adalah IP yang ditetapkan secara manual agar mudah dikenali dan mudah diingat. Nah jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun masalah masih ada, maka bisa mencoba menghubungi penyedia layanan internet/perusahaan AP.

Lini Ikon Router atau Gateaway

Gateaway atau Gerbang Jaringan adalah perangkat yang menguhubungkan jaringan beberapa komputer dengan media komunikasi yang berbeda. Jadi karena berbeda, informasi pada saat jaringan komputer dialihkan akan berbeda.

Nah, jika koneksi jaringan TV pintar terputus di Gateaway maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa AP (Router). Pastikan status jaringan AP (Router) tersambung, atau bisa langsung menghubungi dan berkonsultasi dengan provider internet yang digunakan.

Jika AP (Router) sudah diperiksa dan ternyata tidak ada masalah, maka selanjutnya bisa mencoba untuk mencabut kabel listrik dari AP (Router) dan kabel modem. Nah jika sudah terputus koneksi dari listrik tunggu hingga 10 detik.

Jika sudah tepat 10 detik maka kabel power atau listrik bisa disambungkan lagi. Kemudian reset AP (Router) dan kabel modem untuk melihat apakah Smart TV berfungsi normal atau belum. Nah jika Smart TV masih saja belum berfungsi maka disarankan untuk langsung menghubungi perusahaan yang menjual AP (Router).

Lini IkonDNS

DNS atau Domain Name Server adalah server yang berfungsi untuk mendeteksi IP Adress suatu host melalui nama host-nya. Nah dalam teknologi internet, antara satu perangkat (komputer) dengan perangkat lainnya bisa berkomunikasi/bertukar informasi hanya jika saling mengetahui IP Adress-nya.

Nah jika koneksi jaringan Smart TV terputus di DNS, maka pengguna sama sekali tidak bisa menonton tayangan atau aplikasi yang tersedia. Namun jangan khawatir, masalah DNS server yang eror pada Smart TV bisa diatasi dengan mudah.

Sama seperti dua masalah sebelumnya, pertama harus memastikan bahwa AP (Router) dan kabel modem sudah tersambung. Jika belum maka bisa mematikan sambungan listrik selama 10 detik dan me-reset sistem AP (Router) dan kabel modem.

Jika tidak ada masalah pada dua sistem tersebut, maka selanjutnya bisa mencoba memerikasi MAC dari TV maupun dari AP (Router). Alamat MAC yang berada pada jendela kanan status jaringan harus sudah terdaftar dengan provider internet yang digunakan.

Jika sudah pasti terdaftar dan masih terputus jaringannya, maka langsung saja menghubungi produsen website AP (Router). Hal ini untuk memastikan bahwa firmware versi terbaru sudah ter-install dengan sempurna di Router.

Nah demikianlah cara mengatur koneksi jaringan smart TV yang bermasalah pada lini ikon TV, Gateaway dan DNS pada pengaturan sambungan. Cara-cara di atas sangat mudah dan simple jadi bisa dilakukan siapapun. Namun jika khawatir malah akan merusak TV pintar tersebut, langsung saja menghubungi jasa service TV pintar.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.