Cara Flash Smartphone Android
Cara Flash HP Android

4 Cara Flash HP Android semua Merk dan Tipe Paling Ampuh

Diposting pada

Cara flash HP Android merupakan sebuah informasi penting, sebab dengan cara ini maka setiap error yang terjadi pada HP dapat teratasi dengan mudah.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 4 cara melakukan flash smartphone. Adapun keempat cara flash HP Android semua tipe dan merk tersebut, adalah dengan fitur recovery, dengan dan tanpa PC, dengan software, dan dengan Box Flasher.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Flashing untuk Smartphoe Androi

1.  Cara Flash HP Menggunakan Fitur Recovery

Cara Flash HP Android

Fitur recovery adalah sebuah fitur yang sudah ada pada smartphone yang sobat miliki. Untuk melakukan flashing smartphone cara yang paling mudah, tentu dengan memanfaatkan fitur recovery ini. Sobat hanya tinggal menggunakannya, yaitu dengan cara masuk ke menu pengaturan kemudian memilih menu recovery pada smartphone.

Menariknya lagi, sebelum sobat menggunakan fitur recovery ini, akan ditawarkan untuk membackup data yang ada terlebih dahulu. Sehingga dengan demikian, semua data-data penting yang sahabat miliki tidak akan hilang begitu saja. Nah agar tidak hilang, sebaiknya sobat membackup terlebih dahulu berbagai data penting tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Handphone yang Sulit Diisi Daya dan Lupa Pola

Setelah semua data penting terback-up, sobat bisa langsung melakukan proses recovery. Setelah dijalankan beberapa saat, maka setelah itu sistem smartphone akan kembali seperti semula seperti pertama kali sobat membelinya.

Untuk bisa masuk ke menu recovery, sahabat juga bisa memanfaatkan tombol kombinasi. Biasanya menggunakan tombol volume, dan tombol power yang ditekan secara bersamaan.

2. Cara Flash Smartphone Tanpa Menggunakan Laptop atau PC

Cara flash hp Android yang kedua, yaitu yang tanpa menggunakan komputer. Adapun beberapa hal yang sahabat siapkan, adalah sebagai berikut:

  • Sediakan Stock rom atau Firmware, yaitu file yang telah menyatu, dimana akan dimasukkan kedalam smartphon,e saat proses flash sedang berlangsung. Sobat bisa mendapatkan file ini dengan mendownloadnya melalui internet, ataupun website resmi dari brand smartphone yang sobat digunakan.
  • Silahkan instal CWM, pada smartphone yang sobat miliki. CWM sendiri adalah aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk merecovery smartphone. Tapi bedanya, aplikasi ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan itu recovery bawaan smartphone.

Jika sobat sudah siap dengan 2 perangkat pendukung tersebut, maka setelah itu sobat bisa memulai langkah flashing pada smartphone sobat. Adapun cara flash hp Android pada langkah ini, adalah sebagai berikut.

  • Sebelum melakukan cara flash hp Android ini, pastikan bahwa sobat sudah menyimpan file firmware, pada memori eksternal smartphone.
  • Jika sudah masuk ke dalam menu CWM, maka silakan sobat gunakan tombol volume untuk melakukan scrolling. Setelah itu pilihlah data reset atau Wipe Factory.
  • Silahkan pilih menu Wipe Cache Pastition. Pilih wipe Dalvik cache, jika setelahnya sudah ada pilihan menu tersebut. Namun jika tidak ada pun tidaklah masalah, sobat bisa langsung meneruskan ke langkah selanjutnya.
  • Selanjutnya Silahkan pilih menu install zip from SD card. Lalu carilah firmware, yang sebelumnya telah sobat simpan tadi.
  • Jika sudah maka proses flash HP akan berlangsung, setidaknya selama kurang lebih 10 menit.
  • Langkah terakhir, sobat bisa melakukan reboot system. Setelah langkah ini, maka sahabat sudah berhasil melakukan flashing smartphone.

3. Cara Flash Smartphone Menggunakan PC atau Laptop

Cara flash smartphone menggunakan komputer atau laptop, sangat penting untuk sahabat ketahui sebab tidak semua smartphone bisa di flash tanpa menggunakan komputer.

Ada beberapa tipe smartphone yang memang harus melakukan proses flashing, dengan bantuan komputer ataupun laptop. Untuk dapat melakukan flashing dengan menggunakan komputer, maka sobat harus menyiapkan beberapa perangkat yaitu sebagai berikut.

  • Driver Smart smartphone, yang dapat berupa CD driver. Sahabat bisa mendapatkannya saat membeli smartphone, namun jika jika sudah tidak ada, maka bisa mendownloadnya melalui internet. Driver ini sebelumnya harus sobat instal terlebih dahulu pada komputer, atau laptop, yang akan sobat gunakan untuk memflashing smartphone tersebut. Dengan hal ini, maka ketika disambungkan pada smartphone, maka file tersebut bisa cepat merespon.
  • Stock Rom atau Firm Ware, yaitu File OS yang sudah menyatu dan akan dimasukkan ke dalam smartphone saat proses flashing berlangsung. Sobat bisa mendapatkan file ini melalui website atau atau internet resmi, dari brand smartphone yang sobat gunakan.
  • Bagian terpenting yang sahabat harus miliki adalah software flashing, yang sudah terinstal dan terpasang pada laptop yang sobat miliki. Sobat bisa mendapatkan software ini di internet, banyak sekali software yang sahabat bisa gunakan. Adapun sofware yang sering digunakan diantaranya adalah Odin, Flashtool, dan juga ataupun Research Download.

Jika semua perangkat tersebut sudah tersedia maka sobat bisa langsung memulai langkah flashing. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah contoh menggunakan software Odin, yang dapat digunakan pada Smartphone Samsung.

Referensi Kami : Daftar dan Jadwal Smartphone Samsung Galaxy Update Os Android Pie 9.0

Cara Flash Smartphone Samsung Menggunakan Software Odin

  • Cara flash smartphone Samsung menggunakan software Odin, yang pertama silahkan ekstrak semua file yang sobat telah download sebelumnya. Seperti instal driver firmwere, serta software flashing tersebut, pada PC ataupun laptop sobat.
  • Setelah itu silakan matikan smartphone Samsung sobat kemudian cabut baterainya selama 10 detik.
  • Setelah dihidupkan silakan sobat tekan tombol kombinasi tiga tombol yaitu, tombol power dan volume down secara bersamaan. Dengan demikian maka akan masuk ke mode download, yang ditandai dengan munculnya tulisan warning pada smartphone.
  • Selanjutnya silakan hubungkan smartphone dengan laptop menggunakan kabel data, lalu bukalah aplikasi Odin yang telah diinstal sebelumnya.
  • Apabila tulisan ID:COM sudah ada, maka sobat bisa menceck list kolom Nand Erase All dan kolom Auto Reboot.
  • Silakan pilih tombol AP, kemudian carilah file Firmware yang sebelumnya telah sobat sediakan.
  • Setelah langkah ini, maka sobat bisa memulai proses flashing pada smartphone Samsung. Adapun cara flash smartphone Samsung pada langkah ini, yaitu dengan cara mengaktifkan tombol Start. Proses flashing akan berjalan dan akan selesai dengan ditandai munculnya tulisan Pass.

4. Cara Flash HP Menggunakan Box Flasher

Cara Flash HP Android

Cara flash HP Android yang paling ampuh yaitu menggunakan Box flasher. Sehingga tak heran, jika cara ini adalah yang sering digunakan oleh para pemilik jasa servis HP. Jadi jika sobat ingin menggunakan langkah ini, maka sobat harus membeli terlebih dahulu alat Box flasher tersebut. Harganya yang lumayan mahal, membuat banyak orang berpikir dua kali untuk menggunakannya.

Sebab jika digunakan untuk kepentingan pribadi saja, maka hanya satu kali kita gunakan selebihnya akan nganggur. Namun jika sobat memiliki usaha service HP, membeli Box Flasher adalah suatu pilihan yang sangat bijaksana.

Box flasher ini biasanya digunakan serta memiliki kelengkapan untuk berbagai jenis hp yaitu UFS HWK Tornado. Adapun cara flash smartphone Android menggunaka Box flasher adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan instal terlebih dahulu Box flasher ini pada komputer sobat.
  2. Setelah Box flasher terpasang pada komputer, silahkan sambungkan smartphone dengan menggunakan kabel flash.
  3. Jalankan software UFS, pilihlah tipe smartphone yang sesuai. Untuk mengaturnya, silahkan lihat pada bagian kanan bawah toolbar UI setting lalu setelahnya silahkan klik pada tool bar Check.
  4. Setelah berada pada bar yang memuat nama smartphone kamu, silahkan pilih kolom product lalu pilihlah type yang sesuai dengan smartphone sobat.
  5. Silahkan isi kolom MCU, PPM dan CNT yang sesuai dengan type smartphone sobat.
  6. Jika sudah, silahkan sobat bisa memilih tombol start atau flash. Jika sobat memilih tombol start, maka proses flashng akan dilakukan secara menyeluruh. Sedangkan jika memilih tombol flash, maka berarti hanya untuk mengupgrade sistem smartphonenya saja.

Demikian ke-empat cara flash hp Android yang penulis dapat dijelaskan. Penting untu diingat kegiatan flash juga mengandung resiko, seperti hp bisa mudah rusak, kemungkinan terjadi mati total jika gagal melakukan flashing, dan juga kehilangan masa garansi.

Sebelum melakukan cara flash hp Android ini, pastikan bahwa masa aktif garansi sudah berakhir. Jika masih, maka sangat disarankan sobat membawanya ke service center saja. Hal ini dikarenakan, jika sobat melakukan flash sendiri, ataupun membawanya ke jasa service lain, maka secara otomatis garansi tersebut tidak akan berlaku lagi.