Cara memperbaiki aki mobil

Memperbaiki aki mobil yang kering, sepertinya terkesan tabu karena selalu membutuhkan bengkel untuk melakukannya. Tapi, jika kondisinya anda sedang melakukan perjalanan, dan jauh dari lokasi bengkel. Maka mau tidak mau, anda harus mengerti bagaimana penanganannya.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Solusinya

Dalam kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat, aki menjadi elemen sangat penting menunjang perjalanan. Aki merupakan benda yang bisa menghidupkan keseluruhan kebutuhan komponen-komponen, yang membutuhkan listrik.

Katakan saja audio dan lampu, tentu membutuhkan kelistrikan dari aki, supaya bisa beroperasi dengan lancar. Maka tidak heran ketika aki soak, beragam permasalahan bisa datang, seperti salah satunya tidak bisa menyalanya mobil, ketika anda memasukkan kunci dan sudah distarter.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak perusahaan yang akhirnya memproduksi aki kering. Namun demikian, segala jenis barang tentu memiliki penurunan kegunaan seiring dengan berjalannya waktu. Demi menghadapi hal tersebut, anda harus paham betul bagaimana cara memperbaiki aki mobil.

Di bawah ini, akan sama-sama kita bahas bagaimana tahapan perbaikan elemen penting tersebut.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membahas cara memperbaiki aki mobil yang kering, pertama-tama tentu kita harus mempersiapkan dulu alat dan bahan, yang dibutuhkan untuk mendukung perbaikan aki, di antaranya:

  1. Anda harus mempersiapkan uang untuk membeli air aki baru, atau biasa disebut sebagai zuur. Ingat ya, air aki baru, bukan untuk menambah cairan pada aki.
  2. Gunakan obeng atau pencukit untuk membuka cover aki di bagian atas.
  3. Sediakan juga kain lap untuk mengelap air aki yang bisa saja nanti berceceran.
  4. Gunakan sealant atau lem yang memadai, guna menutup kembali bagian penutup pada aki.
  5. Gunakan suntikan tinta printer untuk memasukkan air zuur tersebut ke dalam aki.

Tahapan Memperbaiki Aki Mobil yang Kering

Setelah alat dan bahan disediakan, sekarang kita masuk ke tahapan atau cara memperbaiki aki mobil anda yang mengering. Adapun untuk tahapan cara memperbaiki aki yang kering, dapat dilihat dari berbagai langkah di bawah ini:

  • Lepaskan aki dari kendaraan roda empat Anda dengan hati-hati. Caranya anda mesti melepaskan salah satu kutub, yakni kutub positif pada aki. Langkah ini ditujukan supaya anda terhindar dari kemungkinan adanya percikan api dari aki.
  • Bersihkan aki dengan alat dan bahan yang sudah disediakan. Proses pembersihan ini hanya dilakukan pada bagian luar aki, seperti mengelap debu dan kotoran yang menempel.
  • Bongkar penutup aki yang terletak di cover atas dengan menggunakan obeng.
  • Isikan air zuur yang sudah anda beli ke dalam kotak aki menggunakan suntikan. Pastikan anda juga menyiapkan lap sebagai antisipasi cairan yang merembes. Nantinya akan ada beberapa karet yang harus anda lepaskan.
  • Pasang kembali penutup aki setelah sebelumnya semua karet yang dilepaskan terpasang sempurna. Pemasangan karet bisa menggunakan lem, sementara pemasangan tutup aki bisa menggunakan obeng.
  • Isi daya pada aki dengan berbagai cara, seperti dengan menggunakan daya listrik, menggunakan chargeran, atau menggunakan jamper aki. Ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan aki itu sendiri.
  • Periksa kembali semua hasil yang telah dikerjakan untuk memastikan apakah cara memperbaiki aki mobil di atas sudah maksimal atau belum.

Referensi Kami : 10 Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik di Indonesia Terpercaya dengan Pelayanan Memuaskan


Selesai sudah langkah-langkah yang bisa anda lakukan, demi mengatasi keringnya aki secara mandiri. Apabila sekiranya petunjuk di atas bisa anda lakukan sendiri, maka anda bisa menghemat uang untuk membayar jasa bengkel. Namun, jika cara memperbaiki aki mobil di atas terkesan rumit, maka sebaiknya panggil saja montir ke rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …