Cara Memperbaiki Bantalan Tinta Printer Epson Telah Berakhir, Tutorial Lengkap !!!

  • Whatsapp
Cara memperbaiki bantalan tinta printer Epson

Cara memperbaiki bantalan tinta printer Epson haruslah dipahami setiap para pengguna. Sebab hal ini pasti akan sangat dibutuhkan, terutama ketika printer menunjukan peringatan “Masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir hubungi dukungan Epson”.

Tanpa mengetahuinya, tentu para pengguna merasa harus segera membawa printernya ke tempat service resmi Epson. Padahal hal ini, sebenarnya masalah ini bisa kita selesaikan sendiri dengan mudah.

Apa Itu Bantalan Tinta Printer

Sekilas mengenai pengertian bantalan tinta printer, telah dibahas pada artikel cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, tanpa harus menggantinya. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba mengulasnya lebih lengkap.

Ketika masalah ini berhasil di atasi, saya tidak langsung memasang bantalan tinta tersebut. Hal ini karena cuaca tidak mendukung, jadi saat dijemur tidak kering. Bahkan kehujanan.

Namun sejak mengalami masalah tersebut, saya langsung berhasil membuat printer kembali normal. Maklum saja, printer Epson L565 yang saya miliki memang digunakan untuk keperluan usaha. Jika tidak berfungsi dalam waktu cukup lama, tentu bisa membuat customer tidak nyaman. Penghasilan usaha saya pun berkurang.

Atas dasar itu, terpaksa saya tetap mempekerjakan printer tersebut sekali pun tanpa menggunakan bantalan. Atas dasar pengalaman ini, akhirnya saya semakin memahami apa itu bantalan printer.

Coba perhatikan gambar di bawah ini, meja ini adalah tempat yang saya gunakan untuk menaruh printer. Ketika saya hendak memasang bantalan kembali, terlihat jelas ada banyak bekas tinta. Hal ini, menunjukan bahwa bantalan tinta merupakan tempat penampungan dari pembuangan tinta printer.

Cara memperbaiki bantalan tinta printer Epson

Hal ini pun semakin terbukti, ketika melihat dudukan bantalan tersebut. Terlihat jelas adanya sisa-sisa tinta yang mengalir dari dalam printer.

pembuangan tinta printer epson

Kenapa Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Berakhir?

Setiap mendapat peringatan masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, mungkin terbesit pertanyaan kenapa hal ini bisa terjadi.

Pada dasarnya, hal ini dikarenakan bantalan tersebut diprediksi sudah penuh dengan tinta, sehingga harus dibersihkan atau diganti. Namun printer sebenarnya tidak membaca hal itu.

Setiap produsen printer sepertimya memang telah mengatur, jumlah maksimal pencetakan. Jadi ketika jumlah pencetakan printer sudah mencapai batas maksimal itulah, system memberi tahu dengan menunjukan peringatan tersebut kepada pengguna.

Jadi sebenarnya kita tidak perlu pusing mencari cara memperbaiki bantalan tinta printer. Jika kita mereset jumlah pencetakan ke posisi nol, niscaya printer dapat bekerja kembali sekali pun kita tidak melakukan apa pun pada printer.

Namun, tentu lebih baik jika kita melakukan tidnakan pada bantalan tersebut. Dengan hal ini, maka keadaan bantalan bisa kembali bersih dari tumpukan tinta pembuangan.

Cara Memperbaiki Bantalan Tinta Printer Epson

bantalan tinta printer telah berakhir hubungi dukungan epson

Jika kamu tetap penasaran terkait cara memperbaiki bantalan tinta printer yang masa pakainya telah berakhir, baiklah saya akan mencoba mengulasnya.

Ada dua cara memperbaiki bantalan tinta printer Epson telah berakhir, berikut pembahasannya.

1. Membersihkan Bantalan Printer

membersihkan bantalan tinta printer

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki bantalan tinta printer Epson, adalah dengan membersihkannya dari sisa-sisa tinta.

Setelah bantalan dibuka dari dudukannya, kamu bisa mengambilnya satu persatu kemudian mencucinya. Pertama cuci menggunakan air hangat, sehingga sisa-sisa tinta bisa lebih mudah terangkat.

Setelah itu, bersihkan bantalan tinta tersebut menggunakan air yang mengalir. Misalnya menggunakan selang dari pompa air. Bersihkan sampai sisa-sisa tinta mendekati hilang semua.

Setelah bersih, jemur bantalan tersebut di bawah terik matahari hingga kering. Setelah kering, barulah kamu bisa memasang kembali bantalan tersebut seperti semula.

2. Mengganti Bantalan Printer dengan yang Baru

bantalan epson l565

Cara memperbaiki bantalan tinta printer selanjutnya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jika kamu tidak ingin repot, atau keadaan bantalan sudah tidak layak lagi kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Kamu bisa membeli bantalan printer Epson di sini.

Setelah barang datang, silahkan pasang bantalan tersebut pada dudukan printer.

Kedua cara ini, tak akan berhasil mana kala setelahnya tidak dilakukan reset printer. Pastikan setelah melakukan salah satu cara memperbaiki bantalan tinta printer tersebut, kamu juga melakukan reset printer. Cara mereset printer Epson, selengkapnya klik di sini.

Cara Membongkar Bantalan Tinta Printer Epson L565

Tulisan ini dibuat memang benar-benar berdasarkan pengalaman, makanya saya membahasnya sesuai dengan tife printer yang digunakan.

Untuk membongkar bantalan tinta printer Epson, lebih dulu kita harus membuka baud penguncinya. Jika belum diketahui, mungkin sedikit pusing mencarinya. Baut tersebut berada di dekat kabel daya, tertutup oleh kertas segel. Silahkan buka terlebih dahulu segel tersebut.

cara membongkar bantalan tinta epson

Setelah baut tersebut terlepas, selanjutnya posisikan printer seperti gambar di bawah ini. Ini dilakukan untuk memudahkan kamu, ketika melepas bantalan tinta printer dari dudukannya.

cara membongkar bantalan tinta epson l565

Tarik pelan-pelan dudukan bantalan tersebut dari unit printer. Jika sulit, kamu bisa menggunakan obeng minus untuk mencongkel sisi-sisinya dengan pelan dan hati-hati.

cara membongkar bantalan tinta printer

Gambar di atas, adalah gambar bantalan tinta printer yang sudah penuh. Jika keadaannya masih baik, kamu bisa membersihkannya untuk kemudian dipasang kembali.

Cara Memasang Bantalan Tinta Printer Epson

cara memasang bantalan tinta printer

Setelah bantalan kering, silahkan masukan bantalan satu-persatu ke dudukanya dengan rapi sesuai penempatan sebelumnya. Masukan bantalan dan dudukannya ke unit printer dengan pelan-pelan.

Paskan dudukan baud dudukan dengan unit printer. Setelah pas, kamu bisa memposisikan printer seperti biasanya. Selanjutnya tinggal memasang kembali baud seperti gambar di atas.

Silahkan pasang kembali kabel daya dan kabel USB. Dengan melakukan reset, maka printer akan bisa digunakan seperti sedia kala. Jika kamu membutuhkan software reseter printer yang sesuai dengan tife printer kamu, bisa memesannya di kami. Silahkan bisa menghubungi kami via WhatsApp 0823 2727 7319,

Demikian cara memperbaiki bantalan tinta printer Epson. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada kendala, bisa bertanya melalui kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *