Cara memperbaiki Freezer bocor
Cara memperbaiki Freezer bocor

Jangan Dibiarkan, Begini Cara Memperbaiki Freezer Bocor

Diposting pada

Adakah cara memperbaiki freezer bocor sendiri, tanpa harus menggunakan jasa service? Masalah freezer bocor mungkin sering dialami oleh beberapa orang. Terutama yang sering menggunakan benda tajam seperti, pisau atau sendok, garpu, untuk mencongkel es batu di freezer. Jika anda tergesa-gesa mengambil es batu di dalam freezer kulkas, sementara es batu dalam kondisi yang sangat lengket terhadap evaporator, maka bisa menyebabkan kerusakan pada bagian evaporator.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bocor dengan Baik dan Benar

Apabila freezer mengalami kebocoran, tentu berakibat pada komponen ini, yang tidak dapat membuat air membeku atau menjadi es batu. Biasanya hal ini terjadi ketika anda mengambil es batu, menggunakan pisau yang menyebabkan freezer tidak sengaja tertusuk pisau. Penggunaan pisau dalam mengambil es batu di freezer, sebenarnya tidak dianjurkan karena berpotensi merusak komponen freezer.

Tapi anda tidak perlu khawatir, jika masih dalam kondisi yang ringan, anda bisa menggunakan cara memperbaiki freezer bocor, yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Freezer Bocor

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki freezer bocor, apabila Anda menyadari freezer kulkas anda tidak sengaja tertusuk pisau, maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini sebagai antisipasi:Segera matikan kulkas anda, dengan cara mencabut bagian steker listriknya.

  • Bersihkan sisa es batu atau air yang masih menempel di dinding-dinding freezer, hingga bersih dan kering.
  • Jangan sekali-kali menyalakan kulkas, apabila kondisi frezer masih bocor atau banyak air.

Setelah melakukan pertolongan pertama pada freezer tersebut, coba perhatikan level kerusakan dari freezer, yang diakibatkan karena tusukan benda tajam. Freezer dikatakan rusak parah, apabila posisi bocor di bagian atas menyebabkan air masih menggantung, sehingga terdapat kemungkinan air tersedot ke sistem.

Akan menjadi lebih parah lagi, apabila kulkas tidak dimatikan. Level kerusakan sedang, apabila posisi bocor berada di bagian samping. Sedangkan untuk level bocor yang ringan, apabila posisi bocor pada bagian bawah.

Cara Mengatasi Freezer Kulkas yang Bocor

Mungkin cara memperbaiki freezer bocor, bagi sebagian orang yang tidak faham dengan teknik pendingin agak sulit dilakukan. Namun tidak ada salahnya, anda mengetahui sedikit cara memperbaiki freezer kulkas yang bocor. Terutama akibat tertusuk benda tajam, tanpa harus memanggil teknisi ke rumah berikut ini:

Mengganti Evaporator

Untuk kerusakan yang menyebabkan lubang hingga lebih dari 5 mm, maka cara memperbaikinya hanya dengan mengganti evaporator. Apalagi untuk freezer yang sudah lebih dari 1 bulan, mengalami kebocoran. Maka satu-satunya jalan, yaitu dengan mengganti evaporator dengan yang baru.

Menembel Evaporator

Ada dua teknik penempelan evaporator, pada freezer kulkas yaitu dengan menggunakan lem hijau, atau menggunakan pakan kawat las aluminium. Anda bisa menempel bagian yang bocor tadi, dengan menggunakan lem hijau ini, secara khusus dapat digunakan untuk menempel evaporator yang bocor.

Bentuknya mirip seperti kapur tulis. Untuk memperkuatnya, bisa menggunakan lem Alteco. Bisa juga dengan menembel menggunakan kawat las aluminium, namun cara ini cukup sulit.

Mengganti Oil Kompresor dan Filter Kapiler

Cara memperbaiki freezer kulkas bocor yang ini, diperlukan ketika oil compressor tercampur dengan air, maka perlu mengganti oil compressor. Sedangkan penggantian filter kapiler, diperlukan apabila proses pengisian ulang gas freon terjadi kebocoran pipa.

Selain yang sudah disebutkan di atas, untuk memperbaiki freezer yang bocor, juga dapat dilakukan dengan penyegelan pada pipa pengisian. Hal ini perlu dilakukan, karena tekanan gas freon pada kulkas sangat kecil. Jadi, semoga informasi cara memperbaiki freezer bocor, seperti yang sudah dibahas bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *