Cara memperbaiki mesin cuci bocor

Ada banyak masalah yang sering terjadi pada sebuah mesin cuci, sehingga banyak yang mencari tahu cara memperbaiki mesin cuci bocor. Karena memang masalah yang satu ini cukup lumrah dialami, apalagi jika pemakaian mesin cuci sudah cukup lama.

Baca Juga : Daftar Merk Mesin Cuci Terbaik, Paling Awet, dan Hemat Listrik

Kerusakan ini ditandai, dengan air yang keluar terus menerus. Selain itu pengeringnya juga tidak mau berputar.

Pada dasarnya, mesin cuci 2 tabung yang mengalami masalah air keluar terus, biasanya karena kurang rapat pada siel atau katup karet. Karena katup tersebut berfungsi untuk menutup aliran air. Bisa jadi karena katupnya terganjal logam, atau kotoran lain, sehingga menyebabkan kebocoran mesin cuci.

Biasanya hal tersebut terjadi, karena adanya logam atau koin pada saluran pembuangan mesin cuci, yang menyebabkan air akan terus mengalir. Lalu, apakah kebocoran mesin cuci dapat diatasi sendiri?

Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke tempat service mesin cuci, ada baiknya anda mengetahui penyebab kebocoran mesin cuci, dan tips sederhana cara memperbaiki mesin cuci bocor. Siapa tahu membantu.

Memeriksa Bagian Karet Mesin Cuci

Langkah pertama dalam memperbaiki mesin cuci yang bocor, yaitu dengan memeriksa bagian karet penahan air yang terdapat di dalam saluran pembuangan. Karen ini berfungsi untuk menahan air agar tidak terbuang, dan akan membuka untuk mengeluarkan air ketika saklar pembuangan diputar. Sebelum mengetahui cara memperbaiki mesin cuci bocor, perhatikan cara cek bagian mesin cuci.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bagian ini menjadi penyebab utama kebocoran pada mesin cuci, yang tidak dapat menampung air dengan maksimal, sehingga menyebabkan rembes. Karet tersebut berada di saluran air mesin cuci. Sehingga untuk mengeceknya, perlu membuka terlebih dahulu body bagian belakang mesin cuci.

Apabila setelah anda melihat bagian karet tersebut masih dalam kondisi yang bagus, serta tidak ada tanda-tanda kebolongam di sekitarnya. Coba anda cek, apakah ada sesuatu yang menyumbat lubang pembuangan air tersebut, misalnya seperti koin, kertas atau lainnya. Karena biasanya barang tersebut, terbawa ketika mencuci pakaian dan tidak sengaja jatuh lalu menyumbat lubang.

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Kemungkinan lainnya, yaitu katup atau karet pada saluran air mesin cuci sudah mulai melemah atau sudah patah. Hal tersebut, menyebabkan karet tidak menutup secara rapat pada saluran pembuangan air, yang mengakibatkan rembes.

Masalah Lain Penyebab Kebocoran Mesin Cuci

Penyebab yang paling umum pada mesin cuci yang bocor, memang berasal dari bagian karet atau katup lubang pembuangan air. Namun memang ada kemungkinan lainnya, yang dapat menyebabkan mesin cuci rembes atau bocornya ringan. Misalnya mesin cuci rembes akibat selang pembuangan yang robek. Jadi apabila melakukan pembuahan air, air malah muncul ke bawah mesin cuci.

Sehingga untuk mengatasi permasalahan satu ini, yaitu dengan mengganti selang, dengan selang yang baru. Anda bisa membelinya di toko elektronik, atau reparasi elektronik rumah tangga. Untuk melakukan pemasangan selang tersebut juga dapat dilakukan sendiri. Bagaimana caranya?

Baca Juga : Kunci Sukses Usaha Elektronik Rumah Tangga Agar Memiliki Omset Tinggi

Hal pertama yang harus anda lakukan, yaitu dengan membuka bagian belakang mesin cuci. Di situ akan ada tempat penghubung, antara pipa pembuangan mesin cuci dan slang. Setelah itu cabut saja slangnya, dan apabila ada kabel tis bisa dipotong saja.

Demikian itulah cara sederhana, memperbaiki mesin cuci yang mengalami kebocoran. Dengan mengetahui cara memperbaiki mesin cuci bocor, seperti yang sudah dijelaskan tersebut. Setidaknya dapat menjadi wawasan bagi pembaca, apabila nantinya mengalami masalah mesin cuci bocor.

Baca Selanjutnya : Cara Memperbaiki Freezer Bocor dengan Tepat dan Berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …