Cara mempercepat koneksi internet di smartphone

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android Secara Kontinu

Diposting pada

Cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android tentu sangat dibutuhkan banyak orang. Terlebih saat ini, perangkat ini sudah bukan barang mewah lagi, hampir di semua tempat baik kota maupun pelosok desa sudah memilikinya.

Bahkan saat ini, smartphone Android sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Dalam menunjang aktivitasnya, koneksi internet yang stabil dan lancar adalah salah satu kebutuhan yang mesti dipenuhi. Sehingga dengan demikian, cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android harus benar-benar kita ketahui.

Selain untuk sekedar komunikasi dan hoby, seperti mengakses media sosial maupun bermain game. Nyatanya saat ini internet juga sangat penting untuk menunjang pekerjaan. Contohnya saja seperti YouTuber, Blogger, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah dan Praktis

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Sebelum membahas cara mempercepat koneksi internet di smartphone, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab koneksi internet lambat tersebut. Dengan hal ini, maka diharapkan sobat bisa mendapatkan solusi sesuai dengan kondisi dan situasinya masing-masing.

Hal mendasar yang menjadi penyebab koneksi internet lambat pada dasarnya ada 3, yaitu spesifikasi smartphone yang kurang memadai, lokasi yang tidak mendukung terhadap provaider yang digunakan, dan membuka beberapa aktivitas online sekaligus.

Sebagai orang yang tinggal di desa, penulis menyadari akan pentingnya memilih provaider jaringan internet yang tepat. Hal ini dikarenakan jika kita salah dalam memilihnya, maka selain jaringan seluler yang bisa lemah juga sangat berdampak besar pada koneksi internet. Bahkan tak jarang meski sinyal selulernya bagus, namun untuk melakukan aktivitas browsing tetap saja lola, alias loading lama.

Jika hal ini yang terjadi, tentu secanggih apapun smartphone yang kita miliki maka koneksi internetnya akan sangat lambat. Namun demikian, spesifikasi smartphone nyatanya memang juga sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Pernah penulis memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah, proses loading internetnya sangat lama. Padahal dalam satu kesempatan dan di tempat yang sama, serta dengan provaider yang sama pula, smartphone dengan spesifikasi tinggi ternyata dapat mengakses internet dengan sangat cepat.

Selain kedua hal diatas, membuka banyak situs secara bersamaan ternyata juga bisa membuat koneksi internet berjalan lambat. Wajar saja, sebab dengan demikian maka jatah transfer data akan menjadi terbagi-bagi. Hal ini tentu makin diperparah lagi jika sobat juga melakukan aktivitas download.

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

1.Gunakan Smartphone dengan Spesifikasi Mumpuni

Cara mempercepat koneksi internet di smartphone yang pertama, adalah dengan sobat menggunakan merk dan spesifikasi smartphone yang mumpuni. Meski sekarang banyak sekali smartphone baru dengan spesifikasi tinggi yang bermunculan, namun nyatanya tetap ada saja smartphone yang memilliki spesifikasi rendah.

Selain spesifikasi, pengalaman membuktikan bahwa merk juga salah satu penentu masalah ini bisa terjadi. Jadi dengan demikian, selain spesifikasi yang dimikinya sobat juga harus memilih smartphone dengan merk terpercaya.

2. Gunakan Provaider yang Mendukung

Di beberapa tempat, terutama daerah pedesaan tidak semua provaider dapat diakses dengan baik. Jangankan untuk jaringan internet, bahkan untuk jaringan seluler untuk kebutuhan telpon pada umumnya pun kadang susahnya minta ampun.

Langkah bijak untuk mengatasi hal ini, tentu dengan jalan menggunakan provaider yang memang sangat suport di daerah tempat tinggal kita

3. Gunakan Paket Internet yang Terbaik

Di tempat penulis tinggal, Telkomsel adalah provaider yang memiliki jaringan internet tercepat dan terbaik. Besar kemungkinannya di daerah tempat tinggal sobat berbeda.

Oleh karenanya sebelum membeli paket internet, cari tahu terlebih dahulu jaringan yang paling kuat yang dapat dijangkau di daerah sobat berada. Jangan lupa pastikan membeli kartu yang sudah suport jaringan 4G atau LTE, sehingga aktivitas internet yang lancar bisa benar-benar sobat rasakan.

4. Gunakan Jaringan 4G atau 3G

Umumnya smartphone Android telah dilengkapi dengan opsi pengaturan jaringan, seperti WCDMA, 2G Only, 3G Only, atau 4G Only. Pastikan bahwa sobat tidak memilih opsi WCDMA atau 2G Only, sebab hal itu akan menyebabkan jaringan yang masuk hanya opsi EDGE atau 2G saja.

Sebaiknya sobat pilih opsi 3G atau 4G, selanjutnya pilihlah pencarian jaringan operator secara otomatis bukan yang manual. Dengan hal ini, maka jaringan internet akan berjalan dengan lebih stabil.

5. Jangan Lupa Hapus Cache

Salah satu cara mempercepat koneksi jaringan internet di smartphone, yang sangat mudah namun jarang diketahui yaitu dengan menghapus cache, baik pada history maupun memori penyimpanan peramban. Dengan menghapus cache, selain koneksi internet dapat berjalan optimal, performa smartphone secara keseluruhan pun akan semakin lancar.

6. Jangan Aktifkan Fitur Tethering

Fitur Tethetering adalah fitur pada smartphone yang dapat digubakan untuk menjadikan smartphone sebagai MiFi, sehingga koneksi internet yang kita miliki dapat dibagikan pada teman-teman yang ada di sekitar kita.

Namun demikian, saat ini dilakukan berarti sobat sedang berbagi bandwith dengan smartphone lain, sehingga dengannya koneksi internet dapat menjadi lambat.

7. Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Saking asiknya menggunakan apliksi yang ada dalam smartphone, kita sering tak menyadari telah membiarkan hanyak aplikasi yang terbuka dan berjalan. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat membuat lambat performa smartphone, terlebih jika sobat sedang browsing atau mengunduh di internet.

8. Memakai Aplikasi Android Gunakan Aplikasi Android

Cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android, adalah dengan menggunakan aplikasi. Namun untuk dapat menggunakannya, tentu sobat harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

Baca : 5 Aplikasi untuk Meningkatkan Koneksi Internet di Smartphone dengan Mudah

Demikian cara mempercepat koneksi internet yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.