Cara Mengatasi Grounding pada Elektronik yang Nyetrum Saat Disentuh

  • Whatsapp
cara mengatasi grounding listrik

Cara mengatasi grounding pada alat elektronik sangatlah penting dipahami. Terutama bagi yang sedang mengalami barang elektroniknya nyetrum saat disentuh.

Postingan ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari, cara mengatasi barang elektronik nyetrum saat disentuh. Namun agar bisa memahami secara menyeluruh, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu tentang grounding itu sendiri.

Pengertian Grounding

Pada dasarnya, pengertian grounding listrik adalah suatu sistem instalasi listrik yang tujuan penggunaannya untuk meniadakan beda potensial. Bisa juga diartikan sebagai sistem instalasi, yang berfungsi unuk melepaskan muatan listrik berlebih pada suatu instalasi.

Proses pengalirannya yang menuju tanah, membuat grounding juga lebih dikenal dengan sistem arde atau pentanahan.

Dengan adanya grounding, maka saat terjadi kebocoran arus, dapat langsung dibuang ke bumi. Itulah kenapa instalasi listrik rumah mayoritas menggunakannya. Hal tersebut akan mengamankan saat ada kebocoran arus, terutama jika terjadi sambaran petir.

Dalam dunia elektronik, adalah suatu tegangan potensial sama dengan tegangan nol (sebuah titik referensi umum). Sifat ground ini relatif, sebab kita bisa memilih titik dimana pun dalam sirkuit yang akan dijadikan ground, sehingga dapat mereferensi semua tegangan yang terdapat dalam rangkaian.

Dalam hal ini, fungsi ground adalah untuk menetralisir noise atau cacat. Baik disebabkan oleh buruknya kualitas komponen, maupun daya listrik yang kurang baik. Dengan kata lain, kehadiran grounding ini bertujuan untuk melindungi seluruh sistem elektroik maupun kelistrikan.

Kenapa Sistem Grounding Menggunakan Media Tanah?

Tentunya timbul pertanyaan, kenapa groduning harus dialirkan ke tanah? Seperti kita tahu, masa dan volume bumi itu sangatlah besar. Dengan hal ini, maka setiap listrik kurang baik dapat dinetralisir, sekalipun itu bersumber dari petir.

Mayoritas pemasangan grounding instalasi listrik rumah, adalah dengan menanam sebuah eletroda penghantar yang baik ke dalam tanah. Kualitas dan kehandalan sistem grounding tersebut, dipengaruhi beberpa hal. Seperti kelembaban tanah, jenis kabel penghantar, hingga jenis penghantar yang digunakan.

Fungsi Grounding Listrik

Fungsi utama penggunaan grounding, adalah memberikan perlindungan terhadap penggunaan perlataan listrik. Khusunya saat terjadi hal-hal berikut ini.

  1. Terjadi kebocoran arus listrik yang terlalu besar
  2. Terjadi induksi tegangan listrik
  3. Isolasi kurang baik
  4. Sebagai pelindung dari tegangan tinggi
  5. Melindungi dari listrik statis
  6. Sebagai acuan untuk mengukur tegangan

Cara Mengatasi Grounding pada Alat Elektronik

Grounding di sebabkan karena kelebihan muatan atau arus yang tidak bisa di netralisir atau di buang ke bumi. Jadi grounding juga bisa di sebut setrum sisa.

Pernahkan Anda mempunyai dispenser yang nyetrum ? Okee. .kali ini akan Admin berikan contoh pada dispenser yang nyetrum dan cara mengatasinya.

Alat dan Bahan

cara mengatasi grounding listrik
image dutaservice ac

Untuk mengatasi alat elektronik yang nyetrum, silahkan siapkan lebih dulu beberapa alat berikut ini:

  • Tang
  • Palu
  • Paku, dan
  • Kabel

Cara Mengatasi Grounding Elektronik yang Nyetrum

cara mengatasi grounding pada alat elektronik

Berikut beberapa langkah untuk mengatasi barang elektronik nyetrum:

  1. Siapkan kabel dengan panjang menyesuaikan kebutuhan.
  2. Kupas kulit kabel pada kedua ujungnya sesuai kebutuhan.
  3. Kaitkan ujung kabel pada body elektronik yang nyetrum. Agar lebih mudah, kamu bisa menghubungkan pada baudnya seperti gambar di atas.
  4. Kaitkan ujung yang lainnya pada paku, kemudian tancapkan pada tanah (lantai).

Penting dipahami, cara ini bisa berhasil jika penyebab barang elektronik nyetrum dikarenakan ada grouding.  Sementara jika masalah tersebut belum hilang, dapat dipastikan penyebabnya bukan grounding.

Kemungkinan besar ada komponen elektronik yang mengalami konslet, maupun telah rusak.

Demikian cara mengatasi grounding pada alat elektronik yang nyetrum. Sangat mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya! Jika ada pertanyaan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang tersedia di bawah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *