Cara Mengatasi Printer Mencetak Miring

Cara Mengatasi Printer Mencetak Miring dan Macet, Berhasil!

Diposting pada 4.575 views

Cara mengatasi printer mencetak miring sangat penting diketahui. Baik pengguna printer Epson, Canon, Hp, maupun lainnya.

Hal ini karena ketika masalah ini terjadi, akan sangat menghambat pekerjaan. Tanpa pengetahuan yang dimiliki, seseorang mungkin akan langsung berfikir printernya rusak dan segera membawanya ke tempat service.

Penyebab Printer Mencetak Miring

Ada beberapa sebab kenapa printer mencetak miring, seperti roda penarik kertas yang sudah aus, maupun karena pengaruh kotoran yang masuk ke dalam unit printer.

Hal yang umum terjadi biasanya dikarenakan debu atau kotoran lain yang sudah menumpuk.

Ketika hal tersebut terjadi, kertas tidak dapat tertarik secara maksimal. Bahkan hanya satu sisi saja yang tertarik, kemudian macet sehingga kertas terlihat miring.

Seberapa kali pun dicoba, jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan terus berulang. Kertas hanya tertarik beberapa bagian, kemudian macet.

Cara Mengatasi Printer Mencetak Miring

Artikel ini ditullis berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi penulis hanya akan menjelaskan sesuai dengan yang pernah dialami saja.

Dalam kasus tertentu, printer yang tidak menarik kertas secara maksimal dapat diatasi dengan sangat mudah. Namun tak jarang juga cukup sulit, dikarnakan harus membongkar unit printer.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, cara mengatasi printer mencetak miring.

Cek Bagian Penarik Kertas Bagian Luar

Ketika kertas menarik miring atau bahkan printer tidak bisa menarik kertas sama sekali, langkah awal coba cek bagian tatakan kertas yang ada di printer.

Kertas yang tidak bisa ditarik secara maksimal atau keseluruhan, biasanya karena pada bagian permukaan terhalang sesuatu. Bahkan saya pernah ada bolpoint yang masuk pada bagian tersebut, sehingga menghalangi penarik kertas menjalankan fungsinya.

Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan senter atau merabanya dengan tangan. Jika menemukan benda seperti kerikil maupun lainnya, silahkan ambil.

Silahkan lakukan pencetakan dokumen untuk mengeceknya. Jika tidak ada masalah lain, biasanya printer akan kembali berfungsi seperti sedia kala.

Bongkar Penutup Printer

Penulis sendiri pernah dibuat sedikit pusing. Betapa tidak, kala itu sangat membutukan printer, dimana selain untuk kebutuhan dokumen, printer tersebut memang juga digunakan untuk percetakan skala kecil. Seperti foto, undangan, bahkan juga untuk foto copy.

Dengan hal ini dapat disimpulkan, jika printer bermasalah bukan hanya membuat pusing. Namun juga dapat menurunkan penghasilan, sebab customer pindah ke tempat lain.

Awalnya penulis fikir mudah mengatasinya, sebab biasanya dengan cara di atas pun sudah selesai. Namun setelah diperiksa tidak ada benda yang masuk, tentu saja semakin membuat bingung.

Langkah pertama yang penulis lakukan kala itu, adalah membuka bagian atas yang berfungsi sebagai pemindai. Merasa tidak menemukan solusi, akhirnya pemindai tersebut penulis lepas. Jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Printer Mencetak Miring

Setelah pemindai dibongkar, bagian kabel penghubungnya akan terputus. Kabel-kabel tersebut dilapisi seperti mika berwarna biru.

Agar bisa meneliti lebih detail, kabel tersebut penulis kembali pasang pada dudukannya. Setelah itu melakukan pencetakan dokumen.

Ketika diamati, bagian penarik kertas ada satu roda yang terlihat tidak bisa menarik kertas. Akibatnya saat bagian lain berhasil menarik, bagian ini tidak. Jelas sudah penyebab printer mencetak miring tersebut, yakni karena ada bagian penarik kertas yang tidak berfungsi.

Namun ketika penulis gerakan roda penarik kertas yang terlihat tidak berfungsi tersebut, ternyata rodanya bisa berputar normal. Penulis pun berpendapat, jika ada penghalang di bagian dalamnya.

Jujur sempat merasa was-was. Meski ada banyak tutorial cara membongkar printer Epson L565 di YouTube, namun rasanya terlalu terburu-buru jika membongkar semuanya.

Cara Mengatasi Printer Mencetak Miring

Terbesit ide, setelah melihat bagian bawah dekat roda penarik. Jika bisa dibuka, kemungkinan disitulah penghalangnya. Alhamdulillah, ternyata cukup dengan membongkar dua baut kanan dan kiri bagian tersebut, ternyata bisa dibuka.

Bersihkan Semua Kotoran pada Printer

Setelah dibuka, ternyata benar. Di bagian dalam bak tersebut, ada banyak sekali kotoran. Mulai dari debu, kerikil, bahkan hingga besi.

Akhirnya penulis membersihkannya, menggunakan tisu kering dan tisu basah. Penulis juga menggunakan pompa kasur karet, sehingga ada semburan tekanan angin cukup besar. Tujuannya agar berbagai kotoran dapat keluar dari berbagai bagian.

printer kotoran
debu, kerikil, dan besi ada di dalam printer

Setelah semua kotoran dirasa sudah hilang, semua bagian printer yang telah dilepas dipasang kembali.

Alhamdulillah setelah itu, printer bisa berfungsi kembali seperti sedia kala.

Ganti Roda Penarik Kertas

Penulis sendiri belum pernah mengalami. Namun jika cara di atas belum berhasil, besar kemungkinan roda penarik kertas ada yang aus. Cara mengatasinya, tentu saja bisa dengan menggantinya dengan yang baru.

Jika belum memiliki pengalaman yang cukup, disarankan untuk meminta bantuan jasa service. Namun jika ingin belajar tentu tidak ada salahnya di coba.

Cara Merawat Printer

Cara merawat printer untuk mencegah berbagai masalah terjadi sangatlah penting. Diantara masalah-masalah tersebut seperti paper jam, printer lambat mencetak, printer mencetak miring, hasil cetakan printer kotor, hasil cetakan printer bergaris, bantalan tinta printer penuh dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada printer.

  1. Tempatkan printer di tempat yang aman, jauh dari paparan debu dan benda lain yang bisa masuk.2.
  2. Gunakan tinta original.
  3. Gunakan kertas baru atau yang tidak kusut.
  4. Tutup penutup kertas jika sedang tidak digunakan, sehingga tidak ada benda hingga serangga yang bisa masuk.
  5. Bersihkan printer secara rutin.

Semoga artikel mengenai cara mengatasi printer mencetak miring ini bermanfaat. Jangan lupa sharing pengalaman setelah menggunakan cara di atas melalui kolom komentar.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319