Penting Diketahui, Ini Panduan Cara Menggunakan Blender dengan Baik dan Benar!

Diposting pada

Meski sudah sangat familiar, namun panduan cara menggunakan blender harus tetap kita ketahui. Hal ini tentu saja agar selain awet peralatan tersebut juga akan senantiasa dapat bekerja dengan optimal.

Seperti kita tahu, blender merupakan salah satu peralatan rumah tangga dengan jumlah pengguna cukup banyak. Sekalipun bermunculan berbagai merk juicer berkualitas, namun fungsi blender yang digunakan untuk menghaluskan berbagai jenis makanan ini memang tak pernah tergantikan.

Memiliki banyak manfaat, pengguna blender tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja, namun juga tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk kebutuhan usaha. Hal ini sejalan dengan fungsinya yang bukan hanya dapat digunakan untuk menghaluskan buah, namun juga berbagai bahan makanan lainnya.

Baca Juga : 12 Merk Blender Berkualitas Tinggi dengan Harga yang Bersahabat

Berbagai Manfaat Blender

Sebelum membahas cara penggunaannya, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu manfaat blender itu sendiri. Adapun berbagai manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Menghaluskan Buah dan Sayur

cara menggunakan blender untuk jus

Manfaat paling banyak diketahui orang dari blender adalah dapat digunakan untuk menghaluskan buah dan sayur. Bahkan tak sedikit orang membeli blender, tujuan utamanya adalah untuk menghaluskan buah dan sayur ini.

Membuat Smoothie Bowl

Smoothie bowl atau milkshake tentu sangat familiar bagi Anda bukan ? Bahkan mungkin Anda sangat menyukainya?

Jika demikian, dengan menggunakan blender ternyata Anda juga bisa membuat sendiri kedua minuman tersebut loh. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal memasukan buah, gula, susu, dan es batu ke dalam blender, lalu menggunakan kecepatan sedang agar hasilnya tidak terlalu encer atau kental.

Membuat Sambal

Kehadiran blender memang sangat memanjakan ibu rumah tangga, salah satunya dalam hal membuat sambal. Bahkan bagi para pengusaha makanan, salah satu manfaat blender ini juga sangat membantu, sebab blender memungkinkan untuk digunakan membuat sambal dalam jumlah banyak.

Tidak perlu lagi mengulek secara manual, Anda tinggal memasukan semua bahan ke dalam blender. Sangat disarankan mengoprasikannya pada kecepatan terendah, sehingga sambal yang dihasilkan tidak akan terlalu encer.

Membuat Tepung atau Gula Halus

Berdasarkan pengalaman penulis blender juga dapat digunakan untuk menepung beras. Seperti biasa beras direndam terlebih dulu agar tidak terlalu keras, baru setelah itu diblender. Namun demikian, sangat disarankan tidak menggunakannya untuk jumlah banyak, jika diperlukan dalam jumlah banyak tentu tidak ada pilihan lain selain menggunakan gilingan tepung.

Selain itu, blender juga dapat digunakan untuk membuat gula-gula halus, hingga alternatif dalam memarut kelapa.

Mengiling Daging

Jika Anda ingin membuat minched beef atau pun bakso sendiri namun tidak ada gilingan daging, ternyata blender juga bisa membantu Anda loh. Anda tinggal memasukan daging beserta berbagai bumbunya ke dalam blender, dan memulai menggilingnya.

Agar dapat menghancurkan daging dengan cukup cepat, diawal bekerja sebaiknya langsung gunakan blender pada kecepatan tinggi. Jika sudah hancur segera turunkan kecepatan tersebut pada kecepatan sedang atau rendah, sehingga daging tidak terlalu cair dan masih memiliki serat.

Membuat Saus atau Selai

Siapa sangka jika dengan blender Anda juga bisa membuat saus atau pun selai sendiri. Untuk dapat menikmati salah satu manfaat blender ini, Anda bisa memasukan gula cair dan buah-buahan, kemudian gunakan putaran rendah dari blender. Gunakanlah waktu yang tidak terlalu lama, sehingga teksturnya akan tetap terasa. Sementara jika digunakan untuk membuat saus, tentu boleh menggunakan kecepatan tinggi sehingga hasilnya dapat lebih encer.

Panduan Cara Menggunakan Blender dengan Benar

cara menggunakan blender agar tidak cepat rusak

Setelah membahas manfaatnya, maka selanjutnya kita akan membahas cara penggunaan blender dengan baik dan benar. Adapun ulasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Blender dan Kelengkapannya dalam Keadaan Baik

Setiap kali akan menggunakan blender, sebelumnya pastikan blender telah dipersiapkan dengan baik. Jangan lupa siapkan pula komponen pendukung lainnya seperti gelas blender, mesin blender, tutup blender, sendok pengaduk dan juga tempat untuk menampung hasilnya nanti. Jika sudah lengkap pastikan juga jika blender masih berfungsi dengan baik.

Untuk mengeceknya Anda bisa terlebih dahulu mengisi gelas blender dengan air, setelah itu hubungkan ke listrik dan nyalakan blender tersebut. Tanda blender masih bekerja dengan baik adalah pisaunya yang akan berputar dengan cepat. Jika sudah silahkan buang air tersebut, dan bisa memulai menyiapkan berbagai bahan makanan yang akan dihaluskan menggunakan blender.

2. Potong Bahan Makanan Kemudian Masukan ke dalam Blender

Sebelum memasukan bahan makanan yang akan diblender, sebaiknya ptonglah terlebih dhulu semua bahan makanan tersebut sekecil mungkin. Dengan hal ini, maka pisau blender dapat bekerja dengan lebih optimal. Jika bahan makannya terlalu besar, pisau tersebut akan mengalami kesulitan saat menghaluskanya.

Selain itu, jika blender ini Anda gunakan untuk menghaluskan es batu jangan lupa tambahkan sedikit air sehingga pisau akan lebih mudah dala menghancurkan es batu tersebut. Hal ini karena es batu akan mengambang oleh air, sehingga dapat lebih mudah dihancurkan oleh pisau blender.

3. Gunakan Sendok Pengaduk Hanya untuk Bahan Makanan Lunak

Agar semua bahan makanan dapat tercampur rata, maka setiap kali kita membeli blender pasti telah dilengkapi dengan sendok pengaduk. Mayoritas sendok pengaduk yang digunakan oleh para produsen blender terbuat dari bahan plastik dengan tekstur keras.

Oleh karena itu, agar sendok ini senantiasa dapat bekerja dengan baik, sebaiknya gunakanlah hanya pada saat Anda menghaluskan makanan lunak, seperti buah maupun sayur. Sebaliknya jika yang akan Anda haluskan adalah bahan makanan yang agak keras, seperti daging atau es batu, sebaiknya tidak perlu menggunakannya.

4. Saat Dioprasikan Pastikan Blender Ditutup

Meski dalam prosedur menggunakan blender yang benar mengharuskan menutupnya saat digunakan, namun masih saja ada pengguna yang tidak menggunakannya sesuai prosedur yang benar. Mayoritas mereka menganggap menutup blender hanya akan menyulitkan ketika harus menambahkan berbagai bahan tambahan saat proses penghalusan berjalan.

Faktanya, sebagian orang belum menerapkan cara menggunakan blender yang benar. Mereka tidak menutup blender dengan alasan agar lebih mudah saat memasukkan bahan-bahan tambahan saat proses penghalusan.

Padahal jika diperhatikan dengan baik, pada tutup blender juga terdapat lubang kecil. Selain digunakan untuk memasukan sendok pengaduk, lubang kecil tersebut bermanfaat untuk menambahkan bahan makanan lainnya saat blender sedang beroprasi, misalnya saja memasukam garam. gula, susu atau yang lainnya.

Oleh karena itu, agar blender dapat bekerja dengan optimal sebaiknya selalu gunakanlah tutupnya ketika sedang dioprasikan. Agar bahan makanan tidak terciprat jangan lupa tutupi lubang tutup blender tersebut dengan tangan. Selain itu gunakan juga salah satu tangan Anda untuk menahan, sebab kadang tutup tersebut juga dapat lepas dengan sendirinya.

5. Oprasikan Blender pada Kecepatan yang Sesuai

Jika semua bahan makanan telah dimasukan pada gelas blender, maka Anda bisa memulai mengoprasikan dengan menyalakannya. Seperti kita tahu, setiap blender telah dilengkapi dengan beberapa tobol kecepatan Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Misalnya saja ketika Anda ingin memnghaluskan bahan makanan dengan sangat halus hingga cair, maka gunakanlah putaran blender pada keceptan tertinggi. Sementara kecepatan sedang hingga rendah, dapat Anda gunakan jika ingin membuat bahan makanan tidak terlalu halus.

Buka Tutup Blender dan Tuangkan Isinya

Jika makana  yang diolah terasa sudah halus, maka Anda bisa menonaktifkan blender. Waktu pengerjaannya tentu sesuai selera Anda terhadap tingkat kehalusan bahan makanan tersebut.

Jika sudah cukup dan blender sudah berhenti beroprasi, Anda tinggal menutup tutup blender dan menuangkan isinya pada tempat bersih yang telah disediakan. Agar sisa-sisa makanan yang menempel di pisau blender bisa lebih bersih, silahkan bisa Anda gunakan sendok pengaduk.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menggunakan Mixer Kue dengan Benar

Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Blender dengan Benar

cara membersihkan blender

Saat hendak menggunakan blender tentu kita harus senantiasa memastikan bahwa keadaannya dalam keadaan bersih, solusi terbaiknya adalah dengan membersihkannya setiap selesai digunakan. Namun demikian, tidak sedikit orang yang takut tangannya terkena pisau ketika mencuci blender.  Lantas bagaimanakah cara mencuci blender yang benar dan tentu saja aman, berikut ulasan lengkapnya :

  • Setelah selesai digunakan, silahkan siapkan perlengkapan blender yang akan dicuci seperti gelas, tutup, dan juga pengaduk blender dekat tempat pencucian.
  • Ambil gelas blender dan isi dengan air bersih, jangan lupa tambahkan pula sedikit cairan yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring.
  • Cuci sendok pengaduk dan tutup blender menggunakan spons seperti saat mencuci piring.
  • Untuk membersihkan bagian dalam blender Anda bisa menggunakan bagian spons yang kasar, sementara untuk membersihkan celah-celah pisau bisa menggunakan sikat gigi. Sebaiknya gunakan sikat gigi khusus. artinya dikhususkan hanya untuk membersihkan pisau blender tersebut.
  • Jika sudah, silahkan bilas sisa sabun hingga bersih. Untuk menseterilkan bagian dalam blender, serta agar senantiasa bebas dari bakteri dan bau, sebaiknya pada bilasan terakhir Anda gunakan air hangat.

Referensi Kami : Penting! Ini Kerusakan yang Sering Terjadi pada Blender dan Cara Memperbaikinya

Itulah panduan lengkap cara menggunakan blender dengan baik dan benar. Jika informasi ini bermanfaat jangan lupa share pada keluarga, sahabat, dan semua orang yang kita sayangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *