cara menjaga persneling mobil manual

Agar Tetap Awet, Ini 5 Cara Menjaga Persneling Mobil yang Harus Kamu Lakukan!

Diposting pada

Cara menjaga persneling mobil harus kamu pahami, selain mengendarai dengan baik cara ini juga akan membuat kendaraan kamu selalu nyaman untuk dikendarai. Tak jarang mudahnya suatu komponen atau sistem dalam kendaraan mengalami kerusakan adalah dikarenakan kesalahan dari pengguna itu sendiri.

Di tengah semakin banyaknya mobil matic yang beredar, mengendarai mobil secara manual bagi sebagian orang tetap menjadi sebuah kesenangan yang tidak bisa dimengerti. Terutama bagi orang-orang yang mencintai seluk beluk tentang mobil. Tentu akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Namun, terkadang dalam mengendarai mobil secara manual ada beberapa kendala yang kerap terjadi.

Pengertian Persneling Mobil

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjaga persneling mobil, ada baiknya kita pahami pengertian persneling yang juga dikenal dengan nama girboks ini. Pada dasarnya perseneling adalah sistem roda gigi dan hidraulik yang berfungsi untuk mengantarkan tenaga mekanis dari penggerak roda dengan kecepatan yang lebih rendah namun gaya putarnya lebih tinggi. Dengan adanya sistem ini mka dapat memungkinkan untuk pergantian perbandingan arah putaran atau kecepatan tenaga.

Saat ini dalam mobil ada 3 jenis persneling mobil, yaitu persneling manual, persneling otomatis, perseneling semi-otomatis. Perseneling mobil manual berarti dalam mengganti posisi gigi kendaraannya pengendara harus menggunakan bantuan tangkai. Selain lebih ringan dan lebih murah, kendaraan yang menggunakan sistem ini biasanya lebih irit bahan bakar dan memiliki kinerja yang lebih baik.

Dalam penggunannya perseneling mobil otomatis tentu lebih mudah digunakan dari pada perseneling manual. Jenis perseneling ini biasanya digunakan oleh kendaraan-kendaraan produk dari Amerika Serikat. Sementara sistem perseneling semi-otomatis, tangkai pengganti gigi kendaraan ini digerakan oleh komputer.

Baca Juga : 5 Mobil Diesel Bekas Terbaik yang Keberadaannya Masih Diburu, Harganya Cukup Fantastis!

5 Cara Menjaga Persneling Mobil

Seperti salah satunya sistem pada persneling yang terganggu atau sedikit membuat tak nyaman. Masalah yang terjadi pada persneling bisa bermacam-macam. Contohnya saja gigi yang susah dimasukkan, tuas persneling yang kerap bergetar dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum sistem pada persneling benar-benar mengalami kerusakan, ada baiknya kamu mulai menjaga semuanya dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Hindari Melakukan Setengah Kopling

cata menjaga persneling mobil

Ketika melewati tanjakan, teknik setengah kopling memang sangat bagus untuk dilakukan supaya dapat menahan mobil dan mencegahnya mundur ke belakang. Selain itu, juga untuk menjaga supaya mesin tidak mati begitu saja. Namun, melakukan teknik ini secara terus-menerus juga tidak baik. Sebab, akan membuat kopling menjadi cepat aus sehingga dapat mengganggu sistem persneling pada mobil. Maka dari itu, cara menjaga persneling mobil agar tetap awet yang pertama adalah jangan melakukan teknik ini terlalu sering.

2. Membiasakan Untuk Menginjak Pedal Kopling Secara Penuh

pedal kopling mobil manual

Menginjak pedal kopling secara setengah-setengah juga dapat menyebabkan pelat kopling jadi cepat aus. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem persneling itu sendiri. Maka dari itu, mulai sekarang biasakanlah untuk menginjak pedal pada kopling secara penuh agar membuatnya tetap awet.

3. Hindari Kebiasaan Menaruh Tangan Pada Tuas Persneling

Cara Menjaga Persneling Mobil

Banyak alasan mengapa sebagian orang justru meletakkan tangan mereka di atas tuas persneling. Apabila hal ini jadi kebiasaan dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama, hal ini justru akan membuat tuas persneling jadi rusak karena terlalu seringnya menahan beban tangan kita. Oleh karenanya, cara menjaga persneling mobil tetap tahan lama adalah dengan tidak membiasakan hal semacam ini dan memanfaatkan arm rest dengan sebaik mungkin.

4. Biasakan Untuk Menyesuaikan Posisi Gigi Dengan Jalan yang Dilalui

jalan menanjak

Supaya mobil dapat dikendarai dengan lancar, maka sangat penting melakukan penyesuaian terhadap posisi gigi dan juga jalan yang kamu lalui. Ketika tiba di kondisi jalan tanjakan atau awalan, maka hindari menggunakan gigi tinggi. Kemudian, jangan pula memakai gigi rendah saat posisi kecepatan pada mobil telah mulai naik.

Tak hanya berakibat pada persneling mobil saja, tapi juga dapat membuat mesin mobil jadi lebih berat. Apabila dilakukan terus-menerus, maka bisa dipastikan jika mobilmu tak akan bertahan lama. Maka dari itulah, lakukan cara menjaga persneling mobil ini dengan baik untuk menghindari kerusakan tersebut.

5. Jangan Melakukan Perpindahan Gigi Terlalu Sering

Cara Menjaga Persneling Mobil

Melakukan perpindahan gigi yang berlebihan bukanlah hal bagus untuk mobilmu. Selain tidak baik untuk sistem pada persneling, hal ini juga akan membuat tuas gigi jadi cepat rusak. Untuk itu kamu harus benar-benar melakukan perpindahan gigi persneling dengan baik dan dengan cara yang lembut. Jangan pula melakukannya terlalu sering apabila tidak benar-benar dibutuhkan.

Penutup

Menjaga setiap komponen pada mobil tetap awet memang bukan hal yang mudah. Tapi itu harus dilakukan supaya mobil tidak cepat rusak. Sebab, biaya untuk memperbaikinya saja cukup mahal. Maka dari itu, cara menjaga persneling mobil ini memang harus dilakukan sejak dini. Supaya tak ada biaya perbaikan yang harus kamu keluarkan. Nah, semoga informasi dapat bermanfaat ya untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *