Cara Merawat Baterai Tanam Pada HP

Ikuti 8 Cara Merawat Baterai Tanam Pada HP Agar Lebih Awet

Diposting pada

Cara merawat baterai tanam sangat penting diketahui. Hal ini karena mayoritas smartphone jaman sekarang, sudah menggunakan baterai jenis non-removable atau baterai tanam. Penggunaan jenis baterai tanam akan membuat bodi ponsel menjadi lebih ramping, dan praktis.

Sebagai penggun, kita harus tahu bagaimana cara merawat baterai tanam pada HP agar tidak cepat rusak. Jika baterai tanam mengalami kerusakan mau tidak mau harus diganti di tempat servis.

Di sisi lain penggunaan baterai non-removable membuat kita tidak bisa membuka HP dan mencopot baterai saat terjadi hang atau lag. Selain itu menggunakan baterai tanam artinya jika baterai tersebut mengalami kerusakan harus diganti dengan cara membawanya ke layanan servis resmi untuk mendapatkan baterai baru yang memang sesuai dengan smartphone tersebut. Dan ini tentu saja tidak murah.

Agar baterai tanam menjadi lebih panjang umur dan bisa digunakan dalam waktu lebih lama, ikuti tips perawatannya sebagai berikut.

Tips Merawat Baterai Tanam pada Ponsel

Hindari Menggunakan Ponsel Sampai Baterai Habis

Merawat baterai tanam pada HP bisa dimulai dengan cara yang sederhana yaitu hindari memakai ponsel sampai baterainya habis. Memakai ponsel hingga daya pada baterai habis akan melemahkan dan bisa merusak komponen yang ada didalamnya. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus akan membuat baterai menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Hindari Mengisi Baterai Overcharge

Sebaliknya, jika ponsel yang Anda gunakan menggunakan jenis baterai tanam sangat disarankan jangan mengisinya hingga overcharge. Berlebihnya daya yang masuk ke dalam baterai juga bisa merusak sel dan komponen dari baterai. Lebih berbahaya lagi jika karena overcharge baterai menjadi menggelembung dan bisa terjadi ledakan.

Jangan Gunakan HP Saat Baterai Mulai Panas

Beberapa hal misalnya bermain game di ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat baterai menjadi panas. Jika hal tersebut terjadi segera berhenti menggunakan HP agar baterai lebih dingin. Tidak menggunakan ponsel saat sudah terasa sangat panas termasuk cara dalam merawat baterai tanam pada HP yang sangat mudah untuk dilakukan.

Baca Juga : Cara Jitu Agar Smartphone Tidak Mudah Panas

Jangan Isi Baterai Dengan Charger Mobil

Karena ingin praktis dan tidak mau kehabisan baterai saat sedang dalam perjalanan tak jarang membuat kita menggunakan charger yang ada di mobil untuk mengisi daya. Jika ponsel Anda memiliki baterai tanam sebaiknya hindari melakukan hal tersebut. Mengapa demikian? Baterai tanam membutuhkan pengisian daya dengan arus listrik yang stabil dari PLN sedangkan charger mobil relatif tidak stabil arusnya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.