cara sukses bisnis percetakan undangan
Image via YouTube

Cara Sukses Bisnis Percetakan Undangan, Modal Minm Untung Puluhan Juta

Diposting pada

Cara sukses bisnis percetakan undangan, merupakan sebuah kalimat yang penulis gunakan di search engine Google. Hal ini dikarenakan penulis tak memiliki ilmu sama sekali untuk memulai bisnis ini. Namun melihat peluang kesuksesannya sangat terbuka lebar, penulispun sangat tertarik untuk menggelutinya.

Berbekal niat yang kuat, akhirnya penulis pun dapatkan ilmu yang cukup untuk memulai bisnis undangan. Mulai dari survai ke berbagai tempat bisnis percetakan undangan, browsing, hingga belajar langsung pada orang yang sudah lebih dulu menggeluti bisnis ini.

Akhirnya dengan modal minim, penulis pun berhasil membuka bisnis percetakan undangan Tama Kamal. Dan tidak harus menunggu lama, akhirnya pesanan pertama pun datang. Dan sampai saat ini, Alhamdulillah ketika musim hajatan tiba usaha percetakan undangan penulis tak pernah sepi konsumen.

Cara Sukses Bisnis Percetakan Undangan dengan Modal Minim

Cara sukses bisnis percerakan undangan dengan modal kecil ini, sangat penting untuk sobat ketahui. Sebab tidak sedikit orang yang menganggap bahwa membuka bisnis percetakan undangan itu membutuhkan modal yang sangat besar. Bahkan seorang teman pun pernah mengingatkan hal inu pada penulis, dan faktanya tidaklah demikian.

Hanya dengan modal sedikit saja, ternyata penulis bisa membuka bisnis percetakan undangan dengan keuntungan berkali-kali lipat. Dimana keuntungan tersebut tidak jauh berbeda dengan membuka bisnis percetakan undangan dengan modal besar.

Karena keuntungan bisnis percetakan undangan, pada dasarnya ditentukan oleh banyaknya jumlah customer dan orderan. Semakin banyak jumlah customer dan orderan, maka keuntungannya pun akan semakin besar pula.

Baca Juga : Cara Menjadi Facebook Gaming Creator Lengkap, Bergaji Hingga Ratusan Juta !!!

Nah melalui artikel ini penulis akan membahas dengan lengkap cara sukses bisnis percetakan undangan dengan modal minim, namun jumlah customer dan orderan bisa mengalahkan dengan yang membuka dengan modal besar.

Cara Membuka Bisnis Percetakan Undangan dengan Modal Minim

Dibawah ini, penulis akan menjelaskan beberapa peralatan wajib yang harus sobat miliki. Peralatan ini sifatnya fleksibel, artinya sobat bisa membelinya sesuai budget yang sobat miliki. Dalam hal ini sobat tidak harus membeli peralatan baru, sebab penulis pun awal membuka usaha ini menggunakan barang second yang masih berkualitas. Bahkan beberapa diantaranya masih penulis gunakan, meski usaha percetakan undangan ini sudah hampir dua tahun berjalan.

Adapun peralatan wajib tersebut adalah satu unit komputer atau laptop yang sudah dilengkapi aplikasi Photoshop atau pun CorelDraw. Satu unit printer all in one, dan katalog undangan.

Baca Juga : Ini Solusi Mudah Agar Printer Bisa Cetak Kertas Tebal

  1. Milikilah katalog yang lengkap melebihi para pesaing.
  2. Gunakan spanduk di tempat usaha, atau pun di tempat strategis lainnya sehingga usaha sobat akan mudah dikenal publik. Untuk katalog undangan, sobat bisa mendapatkannya dari toko yang menjual blangko undangan.
  3. Untuk mendapatkan katalog undangan ini, sahabat bisa mendapatkannya dengan cuma- cuma namun ada juga yang harus membayar.
  4. Dalam hal ini, silahkan sobat cari toko yang bisa memberikan sobat katalog undangan secara Free, sehingga sobat bisa dengan mudah mendapatkan banyak koleksi kapan saja.
  5. Lakukan promosi melalui media sosial dan lainnya.
  6. Gunakan desain yang menarik, sesuai zaman, dan kekinian. Bagi sobat yang belum benar-benar menguasai cara mendesainnya, berikut penulis berikan cara mudahnya melalui video:

Cara Meningkatkan Omset Bisnis Percetakan Undangan

Ketika omset bisnis undangan kita belum bisa menghasilkan omset maksimal, atau bahkan sudah maksimal namun ingin ditingkatkan. Salah satu cara paling efektif adalah membuka cabang.

Dalam hal membuka cabang, tentu ditentukan pada keuangan yang kita miliki. Jika memang keuangan kita sudah cukup banyak, tentu akan lebih baik jika sobat membuka cabang lengkap dengan tempat usahanya yanh baru. Namun jika bagi yang keuangannya masih minim, tidak usah berkecil hati sebab sobat tetap bisa membuka cabang tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Bagaiamana caranya? Caranya cukup mudah, sobat tinggal buat beberapa spanduk, dan memiliki stok katalog undangan tambahan, plus daftar harganya.

Hubungi beberapa teman sobat diberbagai wilayah berbeda, tawarkan kerja sama. Kemudian bawa semua perlengkapan tersebut kepada rekan sobat yang mau diajak kerjasama. Jadi dengan hal ini, maka cakupan customer sobat akan semakin banyak.

Sistemnya customer dari luar daerah akan dapat memesan undangan pada teman sobat, kemudian sobat garap orderan tersebut, dan teman sobat mendapat komisi dari bayarannya. Tentu besaran tersebut disesuaikan dengan jumlah pesanan. Sangat disarankan sobat tentukan besarnya komisi tersebut berdasarkan tiap lembar undangan, sehingga selain jelas rekan kerja sobat tersebut pun akan termotivasi untuk dapat mendapatkan orderan sebanyak-banyaknya.

Benarkah cara sukses bisnis percetakan undangan ini akan menghasilkan omset tinggi? Dari pada banyak bertanya akan lebih bijaksana jika sobat segera bertindak, dan akan Insya Allah akan bisa segera mewujudkan kebenaran dari artikel ini.

Baca Juga : Kenapa Anda Belum Bisa Sukses ? Inilah 5 Sebab dan Solusinya

Jika dalam prakteknya ada kebingungan, silahkan sobat bisa berkunjung kembali ke website ini dan bisa menanyakannya di kolom komentar. Insya Allah penulis akan menjawabnya berdasarkan ilmu yang diperoleh dari pengalaman dalam menggeluti bisnis ini.


Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.