Berbedaan saat menulis artikel dan terpublish

Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul pada Postingan WordPress Karena Berbagai Sebab

Diposting pada

Cara mengatasi gambar tidak muncul pada postingan WordPress. Baik keseluruhan , ngeblank, hanya tampil gambar unggulan, dan lainnya akan kita bahas pada artikel ini. Meski pun solusinya mudah dan ada yang sangat sepele, namun jika tidak mengetahuinya akan membuat pusing.

Hal ini pernah penulis alami sendiri, dimana mencari cara mengatasi gambar tidak muncul pada postingan WordPress, namun tidak menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang sedang dihadapi. Menyikapi hal tersebut, setelah tidak sengaja menemukan solusinya maka akan penulis share. Harapannya, tentu saja dapat membantu sobat semua yang membutuhkan.

Penyebab Gambar Tidak Bisa Muncul pada Postingan WordPress

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gambar tidak tampil pada postingan WordPress, diantaranya karena telah melalukan perpindahan data WordPress, pergantian template, dan juga karena ada plugin yang bermasalah.

Baca Juga : 15 Plugin WordPress Terbaik yang Akan Membuat Situsmu Makin Mumpuni

Atas dasar penyebabnya yang berbeda-beda maka cara mengatasi gambar tidak tampil juga tentu berbeda-beda, sesuai dengan jenis penyebabnya.

Solusi Gambar Postingan Tidak Muncul Setelah Pindah Hosting

Setelah melakukan perpindahan data hoting dari yang lama ke yang baru, data yang sudah dipindah serta domain telah diarahkan pada server hosting yang baru, diperlukan waktu tunggu hingga 2×24 jam untuk melakukan masa resolve pada DNS nya. Setelah melalui proses resolve ini lah terkadang WordPress image tidak mau tampil, hingga tidak bisa upload gambar sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini, silahkan sobat bisa langsung masuk pada halaman wp-admin WordPress yang dikelola.

Selanjutnya silahkan masuk ke menu Setting, pilih Media, kemudian Konfigurasi.

gambar-postingan-wordpress

Solusi Hanya Gambar Unggulan yang Muncul di Postingan WordPress

Penulis pernah dibuat bingung karena hanya gambar unggulan yang tampil pada postingan WordPress. Seperti kita tahu, gambar unggulan adalah gambar yang muncul di dekat judul postingan, sementara gambar yang diupload pada tambahkan media letaknya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan artikel.

Berbedaan saat menulis artikel dan terpublish

Jika berita yang kita tulis, tentu tidak terlalu masalah jika postingan hanya menampilkan gambar unggulan saja. Namun jika artikel tutorial yang kita tulis, postingan tentu memerlukan beberapa gambar sebagai pendukung penjelas step yang dijelaskan pada tulisannya.

Beberapa teman saya tanya, browsing pun keberbagai situs namun belum menemukan solusi yang tepat. Akhirnya penulis kembalikan editor pada clasicc editor, gambar pun muncul namun ngeblank.

Baca Juga : Pertama Kali Membuat Website ? Ini 8 Kesalahan WordPress yang Harus Dihindari

solusi postingan wordpress ngeblank
tampilan gambar postingan WordPress ngeblank

Iseng tak buka gambar yang ngeblank  pakai klik kanan new tab, saat terbuka gambar ternyata berbentuk gif dan diatasnya ada logo salah satu plugin. Dari situ akhirnya penulis berpendapat bahwa plugin ini yang menyebabkan gambar hanya muncul satu pada postingan, yaitu gambar unggulannnya saja.

Akhirnya tanpa pikir lama-lama lagi, plugin tersebut langsung penulis non aktifkan dan saat dibuka ternyata berbagai gambar yang diunggah pada postingan pun pada muncul dari persembunyiannya. Saking kesalnya, langsung saja tak hapus plugin tersebut sehingga duniaelektronik.net selalu bisa menulis artikel tutorial dengan baik.

Solusi Gambar Tidak Muncul Setelah Ganti Template

Sebenarnya penulis sendiri tidak pernah mengalami gambar tidak muncul setelah ganti template. Namun demikian, beberapa blogger mengaku pernah mengalami hal ini. Jika kebetulan sobat mengalami gambar tidak tampil setelah ganti template, sebaiknya segera lakukan pengecekan.

Caranya silahkan sobat non aktifkan sementara template tersebut, jika setelah tidak menggunakan template tersebut gambar tetap tidak muncul berarti hal ini karena penyebab lain. Namun jika gambar muncul setelah tidak menggunakan template tersebut, berarti memang hal ini karena ada masalah pada template baru yang sobat gunakan. Disarankan sobat menghubungi penyedia template untuk segera mengatasinya.

Demikian pembahasan mengenai penyebab, dan cara mengatasi gambar tidak muncul pada postingan WordPress. Jika ada kendala lain, silahkan bisa bertanya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat…

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.