Kesalahan WordPress yang Harus Dihindari

Pertama Kali Membuat Website ? Ini 8 Kesalahan WordPress yang Harus Dihindari

Diposting pada

Saat pertama kali menggunakan WordPress, memang akan  terasa cukup membingungkan, khususnya untuk pemula seperti penulis kala itu, yang sebelumnya memang hanya mengenal blogspot untuk membuat website atau blog. Kurangnya pemahaman dan pengalaman inilah, yang  rentan membuat seseorang bisa mengalami kesalahan. Dilansir dari niagahoster.co.id, berikut 8 kesalahan WordPress yang harus di hindari.

Untuk lebih memudahkan dalam  memahami setiap kesalahan  WordPress yang harus di hindari, garis besarnya tertuang dalam daftar isi berikut :

Daftar Isi

  1. Salah dalam  Memilih Platforma
  2. Tanpa Memperhitungkan Biaya
  3. Salah dalam Memilih Tema
  4. Sembarangan dalam Menginstall Plugin
  5. Sembarangan dalam Mengubah Domain
  6. Sembarangan Saat Memasukan Kode Snippet di File Tema
  7. Mengedit Function File pada Admin Area
  8. Memakai Label Uncategorized

1. Salah dalam  Memilih Platforma

Bagi pemula biasanya kurang memahami perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com. Meskipun keduanya sama-sama merupakan platform pembuatan website secara gratis dari WordPress, namun fitur yang ditawarkan dari keduanya sangatlah berbeda jauh.

Contohnya saja dari segi url, jika menggunakan versi WordPress.com maka anda tidak bisa bebas dalam memilih ekstansi domain, dan nama domain anda akan selalu disertai akhiran WordPress.com, contohnya www.dttgkamal.wordpress.com. selain itu. dengan menggunakan domain ini, anda juga nantinya tidak akan bisa untuk memasang iklan.

Selain itu, dengan menggunakan WordPress.com, anda juga tidak bisa menggunakan plugin yang sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah website WordPress. Dengan demikian, jika anda ingin membuat website dengan tujuan komersial, atau mendapatkan penghasilan gunakanlah WordPress.org. Selain leluasa dalam memilih ekstensi domain dan memasang iklan, anda juga akan sangat leluasa dalam berkreasi di sini.

Simak Tutorialnya : Cara Membuat Web dengan WordPress Lengkap, dari Awal Sampai Menjadi Profesional

2. Tanpa Memperhitungkan Biaya

Meskipun WordPress.org disediakan secara gratis, tapi kita tetap membutuhkan biaya untuk membeli domain dan menyewa hosting. Meskipun kita bebas menggunakan jasa dimana saja, namun dalam hal ini anda tidak boleh asal-asalan. Perhitungkanlah biayanya sedetail mungkin, sehingga tidak sampai membebani anda.

Jangan mudah juga tergiur promo murah, tidak sedikit penyedia jasa domain dan hosting yang memberlakukan biaya langganan yang mahal, padahal saat memesan diawal harganya sangat miring. Ini tak seberapa jika penghasilan situs anda sudah besar, jika belum tentu akan sangat terasa berat.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menghemat biaya, adalah dengan menggunakan penyedia jasa domain dan hosting terpercaya, dengan harga terjangkau dan harga perpanjangan yang tetap. Jangan lupa perhatikan pula kualitasnya, pastikan kualitas layanan yang diberikan juga lengkap dan memuaskan.

Baca : Tips Membeli Hosting dan Domain Murah dengan Kualitas Mewah

3. Salah dalam Memilih Tema

Memilih tema WordPress ibarat memilih sebuah desain dari bentuk rumah kita. Meskipun ada ribuan jenis tema yang bisa kita pilih, namun kita hanya bisa menggunakan satu saja, dan tentu seharusnya tema terbaiklah yang kita gunakan untuk situs kita.

Setiap orang tentu memiliki tife dan kriteria masing-masing dalam menentukan pilihan, seperti warna favorit anda besar kemungkinannya berbeda dengan warna favorit saya. Namun meskipun demikian, setidaknya ada empat pon penting yang harus diperhatikan, disaat memilih menggunakan suatu tema untuk situs anda, yaitu sebagai berikut.

  • Gunakanlah tema yang kompatibel digunakan untuk semua perangkat, baik desktop, tablet, maupun handphone.
  • Gunakanlah tema yang mudah untuk dikustomisasi.
  • Gunakanlah tema yang kompatibel dengan berbagai plugin penting.
  • Gunakan tema yang dapat mempercepat loading website anda.

Seperti apapun selera anda, jika tetap berpatokan pada keempat hal tersebut, maka setelah mengunakan tema tersebut performa website tidak akan mengalami penurunan, bahkan berpotensi besar untuk meningkat.

4. Sembarangan dalam Menginstall Plugin

Sembarangan dalam mengisntal plugin, adalah salah satu kesalahan WordPress yang harus dihindari. Meskipun ada banyak sekali plugin yang bisa kita gunakan untuk menambah fitur pada situs kita, namun bukan berarti kita bisa menggunakan semuanya. Jika salah dalam suatu jenis plugin tertentu, maka justru hal itu bisa berakibat buruk terhadap situs yang kita miliki. Setidaknya ada 4 hal yang harus anda perhatikan dalam memilih plugin, yaitu sebagai berikut :

  • Gunakanlah plugin dari direktori resmi WordPress.org, jika ingin menggunakan plugin dari pihak ketiga, pastikan pihak tersebut memiliki reputasi baik.
  • Ketika hendak menggunakan suatu plugin tertentu, bacalah selalu review dari plugin tersebut pada kolom review WordPress.org, serta diberbagai forum. Dengan hal itu, maka anda bisa mengetahui kualitas tema tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk digunakan atau tidak.
  • Jangan menggunakan plugin nulled, sekalipun memang menggiurkan., sebab dengan menggunakannya kita bisa mendapatkan fitur premium berharga murah hingga gratis. Tapi plugin ini bisa membahayakan situs anda.
  • Agar tidak salah pilih, selalu ceklah daftar plugin terpercaya dari situs terpercaya, seperti duniaelektronik.net.

Baca Panduannya : 15 Plugin WordPress Terbaik yang Dapat Membuat Situsmu Makin Berkualitas Mumpuni

5. Sembarangan dalam Mengubah Domain

Kesalahan WordPress yang harus dihindari berikutnya, adalah salah dalam mengubah domain. Ini biasanya terjadi karena niat awal anda membuat website hanya untuk iseng, sehingga tanpa pemikiran yang matang. Setelah ingin menggelutinya dengan serius, anda kemudian anda ingin mengganti domain tersebut dengan yang lebih baik.

Sebenarnya mengganti domain untuk situs anda itu sah-sah saja, namun jika menggantinya dengan sembarangan maka akan sangat merugikan. Trafik anda yang selama ini anda bangun dengan domain sebelumnya, akan hilang begitu saja.

Perlu metode yang tepat agar hal ini terjadi, sehingga saat mengganti domain trafik yang sudah sebelumnya anda bagun tidak hilang begitu saja. Salah satu cara yang bisa anda gunakan, yaitu dengan menggunakan Redirect 301.

6. Sembarangan Saat Memasukan Kode Snippet di File Tema

Menambahkan kode snippet di file function, juga merupakan kesalahan yang sering digunakan oleh para pengguna WordPress.org. Padahal berbagai kode snippet yang ada, sangatlah tidak cocok jika ditempatkan di file functions.php tema WordPress yang digunakan.

Jika hal ini dilakukan, maka ketika anda mengganti dengan tema lain modifikasi yang anda lakukan tersebut akan otomatis hilang. Sangat disarankan anda hanya menambahkan kode di functions file, hanya jika anda berniat untuk mengganti hal khusus pada tema tersebut, bukalah kode snippetnya.

7. Mengedit Function File pada Admin Area

Meskipun WordPress telah menyediakan fitur editor tema dan plugin, namun jika masih pemula sebaiknya anda jangan coba-coba untuk menggunakannya. Sebab jika sampai salah dalam pengeditan, akibatnya sangat fatal, bahkan yang terburuk anda bisa terkunci dari dasboard WordPress.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya nonaktifkan sajalah fitur editor tema dan plugin tersebut. Adapun untuk menonaktifkannya, anda tinggal menyalin kode berikut, di wp-config.php:

define( ‘DISALLOW_FILE_EDIT’, true );

Tempatkan kode tersebut sebelum baris kode ‘That’s all, stop editing! Happy publishing’ 

Namun jika anda teteap ingin mengedit tema anda, cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan file yang dapat anda unduh dengan FTP client.

8. Memakai Label Uncategorized

Uncategorized merupakan label default dari WordPress. Meskipun dapat kita gunakan, tapi label ini akan membuat situs kita terlihat tidak profesional. Namun demikian, label atau kategori jenis ini memang tidaklah dapat dihapus.

Sebaiknya gunakanlah selalu nama label, yang sesuai dengan berbagai konten yang anda miliki. Solusinya tentu dengan membuat berbagai kategori baru. Caranya silahkan klik post, pilih Categories.

Setelah itu silahkan Edit tepat di bawah nama label Uncategorized. Setelah itu rubahlah nama kategori tersebut beserta URL-nya sesuai dengan keinginan anda.

Demikian 8 kesalahan WordPress yang harus dihindari, semoga dengan menghindari berbagai kesalahan tersebut, website atau blog anda selalu memiliki kinerja yang optimal.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.