Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

Tips Membeli Domain dan Hosting Murah Berkualitas 2019

Diposting pada

Tips membeli domain dan hosting di era digital ini sangat penting untuk diketahui. Sebab saat ini, website selain sangat diperlukan oleh suatu perusahaan guna memperkenalkan produk atau jasanya ke masyarakat luas, lebih dari itu juga merupakan suatu cara efektif dalam mendulang banyak penghasilan, yakni melalui aktivitas ngeblog.

Baca : Mudah Inilah Cara Agar Blog Gratis Bisa Menghasilkan Uang Jutaan Tiap Bulan

Semakin tingginya kebutuhan akan domain dan hosting, telah menjadikan semakin banyaknya perusahaan yang membelikan layanan ini. Mereka semua saling berlomba dalam menawarkan jasanya memberikan hosting web dengan kualitas yang terbaik.

Bukan hanya dengan harga yang murah, bahkan tak sedikit pula yang menawarkan cara untuk mendapatkan domain secara cuma-cuma, alias gratis.

Pengertian Domain dan Hosting

Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

Sebelum membahas lebih jauh, terkait tips membeli domain dan hosting murah. Ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari domain dan hosting itu sendiri.

Domain dan hosting memang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama berhubungan dengan dunia website. Namun demikian, sesuai namanya kedua istilah ini tentu memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda pula.

Pengertian domain pada dasarnya sebuah nama unik, yang digunkan agar pengguna mudah mengunjungi situ kita. Jadi dapat dikatakan bahwa domain merupakan sebuah tulisan khusus yang berisi alamat untuk menunju ke sebuah website. Contohnya duniaelektronik.net, inspirasi-dttg.blogspot.com, klikmania.net, dan lain sebagainya.

Lantas apakah hosting itu?

Pengertian hosting pada dasarnya adalah tempat bagi tinggalnya suatu website dan suatu domain tinggal. Setelah membaca pengertian kedua istilah tersebut, diantara sobat mungkin ada yang bertanya. Bisakah kita membeli domain tanpa membeli hosting ? atau bisakah kita ngeblog tanpa harus membeli domain dan hosting ?. Jawabannya tentu bisa, namun berarti kita belum bisa mandiri.

Referensi Kami : Panduan Blogger Blogspot Lengkap Khusus Pemula Sampai Menghasilkan Uang Banyak

Contoh blog www.inspirasi-dttg.blogspot.com yang penulis miliki, domain dan hostingnya semua gratis, dan berarti bukan milik penulis sepenuhnya. Sebab domian dan hosting tersebut milik blogspot dan Google. Beda halnya dengan duniaelektronik.net ini, domain dan hostingnya sudah mandiri, karena memang membeli dan setiap tahun harus diperpanjang.

Lantas bagaimana jika kita hanya membeli domain saja tanpa membeli hosting? Jawabannya sangat sederhana, berarti kita masih numpang. Ibaratnya domain adalah rumah, dan hosting adalah tanah. Sehingga jika kita hanya membeli domain tersebut, berarti kita tidak ikut serta dalam membeli tanahnya.

Fungsi Domain dan Hosting

Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

Dalam hal ini, sebuah hosting memiliki fungsi yang sangat penting. Sebab fungsi utama dari hosting itu sendiri adalah sebagai media penyimpan data, yang ada dalam sebuah blog atau website yang kita miliki. Sehingga semua artikel yang selama ini kita tulis dalam sebuah website, akan tersimpan rapi di sana.

Sementara fungsi domain adalah untuk mengamankan situs yang kita miliki dari pihak lain. Dengan hal ini, meskipun banyak sekali orang yang memiliki tema yang sama dengan tema website kita, namun domain tidak akan pernah ada satu pun yang menyamainya.

Jadi selain berfungsi sebagai rumah dan alamat sebuah situs, domain juga berfungsi sebagai identitas diri bagi website atau blog itu sendiri.

Tips Membeli Domain dan Hosting

Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

Setelah memahami istilah domain dan hosting dengan baik, maka tibalah saatnya kita membahas tips membeli domain dan hosting murah berkualitas. Kenapa disini memberikan tips dengan kata murah, sebab tidak sedikit domain dan hosting yang dijual dengan harga yang sangat murah, namun kualitasnya sangat mewah.

Pada tips kali ini, kami akan membagikan tips membeli domain dan hosting murah, dengan kualitas terbaik, dimana keduanya memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni untuk memperlancar aktivitas sobat dalam berkarya di dunia maya.

Berikut hal-hal yang sobat perhatikan sebelum membeli domain dan hosting :

a. Jangan Mudah Tergiur Iklan

Di zaman penuh pesaing ini, kita harus sangat hati-hati dalam segala hal, termasuk di dalamnya saat membeli domain dan hosting. Tidak sedikit iklan yang dibuat dengan tujuan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, tanpa mempedulikan kepercayaan customernya untuk jangka panjang.

Jika kita mudah terpedaya dengan oknum seperti ini, maka cepat atau lambat pasti kita akan menyesal sebab blog atau website yang kita bangun sulit untuk berkembang.

b. Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Saat hendak membeli domain dan hosting, kita juga harus memperhatikan harga dan biaya langganannya. Bukalah beberapa situs Hosting Provaider lokal yang sudah memiliki nama, kemudian bandingkan setiap harga paket yang mereka tawarkan.

Dengan cara ini, maka sobat bisa mendapatkan domain dan hosting terbaik dengan harga yang sangat terjangkau.

c. Tentukan Tipe Hosting yang Akan Dibeli

Dalam membeli hosting, sobat harus memperhatikan tipe hosting yang akan dibeli. Macam-macm tipe hosting yang dimaksud diantaranya adalah Cloud Hosting, Dedicated Hosting, Shared Hosting, dan Virtual Private Hosting.

d. Pilih Kapasitas BandWith yang Sesuai

Saat membeli hosting hal yang tidak boleh disepelekan adalah kapasitas bandwidth yang dimilikinya. Dalam hal ini, sobat harus membeli hosting dengan kapasitas sesuai kebutuhan.

Apakah akan menggunakan dengan kapasitas yang terbatas atau justru yang unlimited. Kualitas server adalah salah satu penentu, yang akan membuat performa website yang kita miliki baik, atau justru buruk.

e. Perhatikan Sistem Keamanan yang Dimiliki

Sistem keamanan domain dan hosting adalah sesuatu yang sangat penting di zaman ini. Sebab semakin majunya zaman dan teknologi, justru semakin banyak memunculkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mereka sangat senang membobol apapun, menggunakan sesuatu yang bukan miliknya. Merekalah yang lebih populer kita kenal dengan hacker. Hosting provider berkuakitas tentu akan memiliki sistem keamanan yang tangguh.

Sobat tidak mau bukan website dan penghsilannya dinikmati oleh hacker, dikarenakan salah saat membeli website dan domain ?

Baca Juga : Hanya Sekali Daftar, Ini Cara Supaya Blog Diterima Adsense

f. Kualitas Layanan

Saat hendak membeli domain dan hosting, perhatikan pula kualitas layanan yang dimiliki masing-masing provaider. Layanan ini bukan hanya kita butuhkan diawal, namun juga seterusnya.

Hal ini dikarenakan, masalah pada website bukan hanya datang diawal, namun bisa kapan saja datang menghampiri. Sehingga tak jarang kita akan membutuhkan bantuan provaider tersebut, untuk mengatasi berbagai masalah yanh mungkin muncul.

g. Pilih Domain dan Hosting yang Sudah Banyak

Direkomendasikan Sebenarnya sobat tidak perlu bingung dan membaca banyak teori, terkait tips membeli domain dan hosting berkualitas. Cukup dengan menggunakan domain dan hosting yang banyak direkomendasikan oleh para blogger terpercaya.

Baik itu teman, soudara, ataupun para blogger dengan integritas yang baik. Sekedar berbagi, penulis pribadi membeli domain dan hosting dari Puskomedia Indonesia. Selain karena memiliki layanan yang banyak, mulai dari jual beli hosting dan domain serta jasa pembuatan website dan lainnya.

Lebih dari itu, Direktur perusahaan ini sendiri adalah teman penulis saat menimba ilmu di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah Benda Sirampog, sehingga penulis sangat yakin perusahaan ini sangat amanah dan mengutamakan kualitas, serta kenyamanan dan kepercayaan para pelanggannya.

Puskomedia Indonesia adalah salah satu perusahaan penyedia layanan hosting dan domain, dengan harga jual sangat terjangkau. Tak jarang di momen-momen tertentu, Puskomedia Indonesia juga senantiasa memberikan diskon besar-besaran.

Selain biayanya yang sangat terjangkau, suport banyak tenaga ahli dibidangnya, akses website yang dimilikinya juga sangat cepat, dan memiliki integrasi dengan berbagai layanan berskala premium.

Demikian tips membeli domain dan hosting berkualitas. Jika ada pertanyaan mari kita diskusikan di kolom komentar, dan jangan lupa share jika bermanfaat.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.