Item Premium Smart TV
Item Premium Smart TV

Cara Memunculkan Aplikasi Item Premium Smart TV pada Menu Home

Diposting pada

Item premium Smart TV adalah aplikasi-aplikasi berbayar yang bisa di-install pada Smart TV. Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut muncul pada home start Smart TV untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya.

Namun karena suatu hal, pengguna tidak bisa memunculkan aplikasi tersebut dalam menu home smart TV dan tidak bisa mengaksesnya. Nah, berikut ini akan diulas bagaimana cara memunculkan aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam menu home.

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Internet Smart TV yang Tidak Terdeteksi

Cara Memunculkan Item Premium Smart Tv Pada Menu Home

Salah satu sebab aplikasi premium tidak muncul di menu home Smart TV adalah karena setting negara Smart TV diatur ke negara lain. Dalam kasus Smart TV milik LG, pengaturan negara masih auto yaitu Korea. Jadi aplikasi premium semacam You Tube, pooq, tving dan seterusnya tidak muncuk di menu home.

Ketika menggunakan Router, pengaturan negara default (Korea) bisa dirubah menjadi negara tempat Smart TV tersebut digunakan. Jadi pemilihan negara harus dirubah secara manual, dari setting Korea menjadi setting negara yang bersangkutan. Setelah dirubah, pasti aplikasi premium akan muncul pada menu home Smart TV. Ini berlaku untuk TV LG model 2012.

Sedangkan pada TV LG keluaran tahun 2011 memiliki cara yang berbeda. Urutannya dari menu Home>Advance Settings>Jaringan>Pengaturan Smart TV>Pengaturan Negara. Setelah negara dipilih, maka layanan premium dari negara tersebut akan muncul di menu home. Cara pengaturan ini juga berlaku untuk Smart TV keluaran LG tahun 2013.

Untuk WebOS TV yang keluar pada tahun 2014 juga bebeda lagi cara mengaturnya. Urutan cara mengaturnya adalah Home>Settings>Umum>Lokasi>Layanan Pengaturan Negara Otomatis. Nah jika pengaturan layanan negara otomatis tidak Korea maka bisa menghapus centang pada kotak dan pilih Korea.

Nah setelah melakukan cara-cara di atas, dijamin aplikasi premium akan nangkring pada menu home sehingga memudahkan pengguna dalam mengaksesnya. Apalagi jika pengguna menggunakan aplikasi remote control milik LG yang akan memudahkannya bermanuver langsung menuju layar premium. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Playstore untuk pengguna Android.

Cara Akses Item Premium Smart TV setelah Update Software

Kadang terjadi kasus dimana aplikasi premium tidak bisa diakses setelah pembaruan software. Jika ini terjadi tidak perlu panik, karena cara menyelesaikannya sangat mudah dan simpel. Masalah aplikasi premium setelah update ada dua, pertama aplikasi tidak bisa diakses semuanya dan kedua hanya beberapa aplikasi saja yang tidak bisa diakses.

Jika yang terjadi adalah masalah yang pertama maka tekan saja tombol Smart pada remote control. Urutannya setelah tombol Smart adalah Premium Application Panel>Wheel/Enter.

Pada jendela berikutnya bisa dipilih tombol Option kemudian klik Initialization of Premium. Jika sudah pengguna bisa menekan Wheel/Enter. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah menunggu sejenak hingga Smart TV reboot secara otomatis dan mengunduh update aplikasi premium.

Jika proses download item premium Smart TV sudah selesai, maka TV otomatis akan mati dan restart. Aplikasi premium bisa dicoba untuk diakses setelah layar premium diperbarui. Namun jika download gagal atau aplikasi premium tidak bisa dibuka maka TV harus diinisialisasi ulang. Caranya adalah dengan mengklik tombol Smart>Option>Initial Settings>Wheel/Enter.

Untuk catatan, jika Smart TV diinisialisasi ulang maka semua pengarturan akan dikembalikan ke default. Jika proses download software/aplikasi premium masih saja gagal maka disarankan untuk menghubungi service center.

Nah jika masalanya hanya beberapa aplikasi premium saja yang tidak bisa diakses, maka caranya lebih simpel lagi. Langkahnya sama seperti sebelumnya yaitu tekan tombol Smart pada remote control kemudian pilih Premium Application Panel>Wheel/Enter.

Selanjutnya pada menu options bisa dipilih aplikasi mana yang tidak bisa diakses kemudian dinonaktifkan dan tekan Wheel/Enter. Untuk mengaktifkan aplikasi tersebut cukup pilih aplikasi pada menu Premium Application Panel.

Demikianlah cara memunculkan aplikasi item premium Smart TV pada menu home. Diulas juga solusi mengakses aplikasi premium yang tidak bisa dibuka setelah update software. Semoga banyak membantu menambah wawasan agar lebih maksimal dalam menikmati opsi layanan hiburan dari si TV pintar ya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.