Yuk Kenali Berbagai Jenis Layar Smartphone Biar Nggak Salah Pilih

  • Whatsapp
Jenis layar smartphone

Saat ingin membeli sebuah smartphone, pastinya banyak hal yang harus dipertimbangkan agar mendapatkan smartphone yang berkualitas. Kamu harus memperhatikan dari segi prosesor, memori internal, RAM, kamera, baterai dan sebagainya. Salah satu yang juga tak boleh ketinggalan adalah jenis layar smartphone yang akan kamu beli.

Jenis layar smartphone menjadi bahan pertimbangan dikarenakan ada pengaruhnya terhadap interface yang ditunjukkan oleh ponsel. Bahkan ternyata banyak macam layar ini juga cukup berpengaruh terhadap ketahanan baterai pada smartphone yang kamu pilih. Jadi, biar nggak salah pilih handphone, yuk kenali beberapa jenis layar ponsel cerdas di bawah ini.

AMOLED

Amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah jenis layar smartphone yang menggabungkan antara teknologi OLED dan juga TFT. Layar Amoled memiliki kelebihan yaitu lebih efisien dari segi konsumsi daya dan juga dimensinya. Kemudian warna yang dihasilkan oleh layar jenis ini justru lebih tajam dan sangatlah baik jika digunakan di bawah sinar matahari langsung.

TFT LCD

TFT LCD atau Thin Film Transistor LCD adalah jenis layar yang sangat populer dipakai dalam banyak perangkat. Layar jenis TFT ini mempunyai resolusi yang tinggi, kemudian ia juga memiliki peningkatan kualitas gambar serta mendukung jutaan warna pada setiap pikselnya. Selain itu, harga produksinya pun tak terlampau mahal.

LCD

LCD atau Liquid Crystal Display telah digunakan pada smartphone selama beberapa tahun belakangan. Sangat populer karena jenis layar smartphone ini tetap tampil bagus meski sedang digunakan di bawah sinar matahari secara langsung. Tentunya hal itu berkat adanya elemen yang terbuat dari kristal cair agar dapat menghasilkan warna kemudian juga dibantu dengan backlight.

Apa Jenis Layar Smarphone yang Fleksibel?

OLED

OLED (Organic Light Emitting Diode) memiliki kelebihan yaitu fleksibel dan juga tipis. Alhasil, layar jenis ini kerap digunakan oleh vendor-vendor yang membuat handphone berbentuk tipis. OLED adalah jenis layar yang konon katanya mempunyai hasil warna lebih pekat, kemudian ia juga memiliki tingkat kecerahan yang tinggi. Namun, pastinya untuk memiliki smartphone dengan layar ini kamu harus merogoh kocek yang dalam karena memang layarnya saja lumayan mahal.

IPS LCD

In Place Switching atau IPS LCD merupakan layar pengembangan LCD paling mutakhir dan masih lumayan banyak digunakan pada ponsel zaman sekarang. Kelebihan dari jenis layar smartphone yang satu ini ialah pada sudut pandangnya yang lebih luas. Bahkan IPS LCD juga mempunyai kualitas layar yang lebih baik dibandingkan dengan TFT. Konsumsi dayanya pun lebih sedikit ketimbang jenis layar generasi sebelumnya.

Retina Display

Retina Display adalah julukan yang diberikan oleh Apple Inc. pada jenis layar IPS yang tajam dan juga mempunyai densitas piksel sangat tinggi. Dikarenakan saking tingginya layar jenis ini, bahkan mata kita sendiri tak mampu mendeteksi piksel yang terpisah apabila menggunakan jarak pandang normal. Jenis layar yang satu ini kelebihannya terletak pada kualitas gambar yang sangat jernih dan juga tajam. Namun, untuk kelebihan tersebut tentunya harus dibayar dengan konsumsi daya yang cukup tinggi.

Super AMOLED

Hal ini merupakan pengembangan paling mutakhir dari layar OLED. Kelebihannya ada pada hasil layar yang sangat tipis dan bisa ditanamkan dalam smartphone dengan dimensi yang juga tipis. Layar ini tak jauh bedanya dengan layar AMOLED yang biasa. Yakni adanya warna lebih tajam juga konsumsi daya baterai yang terbilang sedikit.

Referensi Kami : Cara Mengatasi Layar Android Macet Saat Digunakan

Nah, itulah berbagai jenis layar smartphone yang harus kamu ketahui sebelum mulai membeli smartphone. Karena jika tidak mengetahuinya, dikhawatirkan kamu akan menyesal di kemudian hari jika tak sesuai ekspektasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar