manfaat exhaust fan

4 Manfaat Menggunakan Exhaust Fan yang Harus Kamu Tahu, Apa Saja?

Diposting pada 436 views

Sudah tahukah kamu apa saja manfaat menggunakan exhaust fan? Pada saat beli rumah baru, tentunya kita berharap rumah yang bersih dengan udara sehat di dalamnya. Melakukan aktivitas apa saja di dalam rumah pasti dapat terasa lebih nyaman bila dapat bernafas dengan leluasa.

Supaya kualitas udara di dalam rumah dapat terjaga dengan baik, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan ventilasi elektronik, seperti exhaust fan. Apa saja fungsi dari alat satu ini? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Exhaust Fan?

Exhaust fan merupakan kipas yang memiliki fungsi dalam menjaga kebersihan udara di dalam ruangan, lebih spesifiknya lagi di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang sempurna.

Cara alat ini bekerja adalah dengan menyedot udara di dalam ruangan dan membuangnya ke luar. Exhaust fan akan membantu membuang udara kotor dan pengap keluar yang digantikan dengan udara yang lebih bersih.

Alat ini biasa ditemukan di tempat-tempat, seperti kamar mandi, dapur, atau ruangan yang tidak memiliki jendela maupun ventilasi. Exhaust fan membantu orang-orang yang beraktivitas di dalam ruangan tersebut untuk menghirup udara yang lebih bersih.

Manfaat Exhaust Fan

Dengan terpasangnya exhaust fan pada perumahan Bekasi, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat seperti berikut.

Menjaga Kualitas Udara

Seberapa baik kualitas udara di dalam ruangan ditentukan oleh sirkulasi udara yang ada pada ruangan tersebut. Penggunaan exhaust fan merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menjaga kualitas udara. Tentunya selain menggunakan ventilasi atau pemasangan pintu dan jendela.

Exhaust fan bisa membuang udara yang sudah tercemar polutan, bakteri, hingga bau tidak sedap ke luar ruangan. Tentunya kamu dapat merasakan udara yang lebih bersih di dalam ruangan.

Apabila di rumahmu ada ruangan yang tidak dilengkapi dengan jendela atau sistem ventilasi yang baik, bisa coba untuk mempertimbangkan penggunaan exhaust fan ini.

Mengurangi Risiko Kelembapan

Manfaat selanjutnya dari exhaust fan ketika dipasang pada waktu beli rumah baru adalah membuat kelembapan udara di dalam ruangan menjadi seimbang.

Apa bahayanya ruangan yang terlalu lempap? Ruangan yang terlalu lembap bisa menjadi sarang bagi jamur untuk berkembang biak. Hal ini nantinya bisa saja menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan, seperti alergi hingga asma.

Tidak hanya memiliki pengaruh pada kesehatan, kemunculan jamur di dinding ruangan akan mengganggu keindahan rumah. Agar bisa mencegah risiko tersebut, sebaiknya pasang exhaust fan agar bisa mengatasi kelembapan ruangan.

Menjaga Suhu Ruangan

Selain untuk memelihara kebersihan dan kualitas udara dalam ruangan, exhaust fan juga dapat menjaga suhu ruangan. Udara panas umumnya timbul karena kegiatan tertentu, misalnya memasak di dapur.

Uap panas yang dihasilkan dari kegiatan memasak atau mandi akan tertinggal di udara bila tidak segera dikeluarkan. Exhaust fan bisa membantu mengeluarkan udara panas tersebut.

Bila exhaust fan dinyalakan di dalam kamar mandi atau dapur yang pengap akibat udara panas, suhu udara akan kembali sejuk dan terasa lebih nyaman.

Mencegah Masalah Kesehatan

Bukan rahasia lagi jika kualitas udara pada perumahan Bekasi yang buruk akan berdampak negatif pada kesehatan penghuninya. menurut U.S. Environmental Protection Agency, udara rumah yang terlalu lembap dapat meningkatkan perkembangan polutan biologis, seperti bakteri dan jamur.

Polutan biologis ini memiliki risiko dalam meningkatkan reaksi alergi pada sebagian orang. Ditambah, bila seseorang menderita asma, paparan terhadap polutan ini yang akan membuat asma lebih mudah kambuh.

Bayangkan bila kamu membiarkan udara rumah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman lainnya tanpa diganti dengan udara yang baru.

Maka dari itu, pemasangan exhaust fan, terutama di dalam rumah yang tidak dilengkapi dengan sistem ventilasi yang mumpuni bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Menjaga kualitas udara rumah pada saat beli rumah baru adalah bentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang wajib dijalani oleh setiap orang. Sebelum memutuskan untuk memasang, pilihlah jenis exhaust fan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.