Inilah Cara Mengatasi Layar Android Macet Saat Digunakan

Diposting pada

Kapasitas memori pada RAM menjadi penuh, karena banyaknya aplikasi yang dipasang pada ponsel tersebut. Untuk membuat RAM menjadi lega kembali sehingga tidak membuat layar macet, adalah dengan menghapus segala aplikasi yang tidak penting. Setelah Anda berhasil mengosongkan isi sampah yang memberatkan RAM, maka secara otomatis layar akan kembali lancar digunakan.

Gunakan Safe Mode

Mengatasi layar Android macet dengan masuk ke mode bisa menjadi cara yang cukup jitu. Dengan mengaktifkan safe mode pada ponsel akan membuat HP hanya menjalankan aplikasi bawaannya saja sehingga tidak akan memberatkan sistem. Jika ingin menggunakan safe mode ini untuk HP Anda lakukan dengan cara tekan power lebih lama hingga muncul tulisan “reboot to safe mode” dan pilih OK.

Instal Multi Touch Tester

Ada satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya layar macet pada Android yaitu Multi Touch Tester. Layar yang macet bisa terjadi karena adanya masalah pada multi-touch sehingga membuatnya menjadi sering lag. Memasang Multi Touch Tester pada ponsel akan membantu mengatasi masalah layar macet pada Android yang sangat mengganggu penggunanya.

Bersihkan Layar Ponsel

Ponsel menjadi salah satu barang yang sering kita gunakan dimanapun dan kapanpun sehingga wajar kalau cepat kotor. Nah, bisa jadi layar yang macet pada ponsel Android disebabkan oleh kotoran yang menempel di atasnya. Untuk mengatasinya memang tidak ada pilihan selain membersihkan layar. Kalau takut resiko rusak sebaiknya bawa ke tempat servis dan minta untuk dibersihkan.

Restart Ponsel

Cara mudah lainnya untuk mengatasi layar Android macet adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali ponsel. Lakukan restart dan tunggu sampai menyala kembali setelah itu bisa dirasakan bahwa layar kembali lancar digunakan. Ini disebabkan karena kinerja ponsel yang tadinya berat sudah menjadi lebih ringan setelah dilakukan restart.

Melepaskan Sumber Data dan Energi

Saat layar Android sudah terasa sering error dan macet disarankan untuk melepaskan semua sumber data dan energi yang ada pada HP. Yang dimaksud disini adalah melepaskan kartu SIM, kartu memori dan juga baterai dari ponsel. Tunggu hingga beberapa menit baru kemudian pasang kembali ke tempatnya semula dan hidupkan ponsel kembali.

Sesuaikan Kalibrasi pada Ponsel

Melakukan kalibrasi pada ponsel juga akan mengatasi masalah layar Android macet dengan cukup mudah. Hal tersebut disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tampilan layar yang bisa menjadi lebih hangat atau lebih dingin karena penggunaan ponsel dalam jangka waktu lama. Kalibrasi pada ponsel akan mengoreksi warna pada ponsel Android Anda.

Jangan Sembarangan Memakai Charger

Cara mengatasi layar Android macet sebenarnya sangat mudah yaitu dengan hanya menggunakan charger asli bawaan ponsel tersebut. Meskipun lubangnya cocok, charger yang berbeda bisa menghasilkan arus listrik yang berbeda yang bisa merusak sistem dan membuat layar tidak responsif.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi layar Android macet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.