Mengatasi Mabuk Perjalanan dengan 6 Makanan Ini, Mudah dan Berhasil!

  • Whatsapp
Cara mengatasi mabuk perjalanan sangat penting diketahui bagi kamu yang sebentar lagi akan bepergian menggunakan kendaraan, baik untuk liburan atau pun tujuan lainnya. Mabuk perjalanan adalah suatu keadaan yang tentu sangat membuat kamu tidak nyaman, dan biasanya lebih sering dialami oleh anak berusia 5 sampai 12 tahun, wanita yang sedang hamil, dan juga orang yang sudah lanjut usia.
Sebaik dan seindah apapun tujuan dan pemandangan selama perjalanan, mabuk perjalanan adalah suatu hal yang akan dapat merusak semua momen berharga tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu menyimak baik-baik cara mengatasi mabuk perjalanan yang akan dunielektronik.net bahas ini.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Mabuk Perjalanan

Dilansir dari aladokter.com, berikut beberapa faktor penyebab dari mabuk perjalanan:
  • Mata melihat ke arah berlawanan dari laju kendaraan, seperti melihat ke samping terlebih ke belakang kendaraan.
  • Kurang istirahat.
  • Sering mengalami mabuk saat berkendara menggunakan kendaraan.
  • Keseimbangan tubuh sedang terganggu seperti sakit kepala sebelah.
  • Ada perubahan hormonal disebabakan suatu kondisi tertentu, misalnya karena hamil. menstruasi, dan lainnya.

6 Makanan untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

makanan untuk mengatasi mabuk perjalanan

Biasanya untuk mengatasi mabuk perjalanan, seseorang mengkonsumsi obat anti mabuk. Disarankan untuk mengkonsumsi obat tersebut 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan. Namun beberapa orang mengaku mengantuk setelah mengkonsumi obat-obatan sehingga tidak bisa menikmati perjalanan mereka. Nah jika kamu termasuk salah satunya, ternyata ada loh makanan yang bisa kamu gunakan, berikut daftarnya.

1. Permen

Salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi adalah permen. Permen dapat membantu dalam menekan produksi asam lambung serta perasaan mual yang dapat diakibatkan ketika kamu mengalami mabuk perjalanan.

Adapun permen yang bisa kamu konsumsi adalah yang memiliki rasa mint, atau juga yang memiliki rasa buah-buahan, seperti strowberi , jeruk, maupun jeruk.

2. Air Jahe

Jahe adalah bahan yang sangat mudah untuk kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pun perlu tahu bahwa air jahe ini nyatanya dapat mengatasi mabuk perjalanan yang kamu alami. Hal itu dikarenakan dalam jahe sendiri mengandung dua zat penting seperti gingerol dan juga shogaol yang dapat menciptakan sensasi rasa pedas serta hangat.

Dengan dua zat yang terkandung di dalam jahe tersebut, bisa membuat rasa mual sedikit berkurang. Bahkan dari aromanya, air jahe ini bisa kamu jadikan sebagai penenang jika merasa pusing dan lemas ketika mengalami mabuk perjalanan.

3. Buah Apel

Apel juga termasuk makanan yang dapat mengatasi mabuk perjalanan. Sebab, buah yang satu ini juga mengandung banyak serat yang dapat memperlancar sistem pencernaanmu. Apel juga dapat membuang racun yang ada dalam tubuh. Apel akan bekerja dengan sangat cepat dalam menangani rasa mual. Maka ketika kamu sedang dalam perjalanan, kamu bisa menepi terlebih dahulu jika menemukan penjual buah.

4. Air Kelapa

Mual yang terjadi dalam keadaan apapun, biasanya karena tubuh sedang kekurangan cairan. Oleh karenanya, air kelapa adalah solusi yang tepat untuk menangani hal ini. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa dapat meredakan mual dan membantu tubuhmu dalam kondisi yang lebih prima lagi.

5. Teh Herbal

Selain air kelapa, minuman lain yang dapat mengatasi mabuk perjalanan yang bisa kamu konsumsi adalah teh herbal. Mendapatkan teh herbal juga sangat mudah di zaman sekarang ini. Kamu bisa mencoba memilih teh dengan rasa peppermint atau teh hijau bahkan juga chamomile demi meredakan rasa mual yang kamu alami.

Teh herbal bisa menghangatkan tubuh dan juga merilekskan otot-otot yang kerap tegang akibat terjadinya mual. Maka dari itu, selama dalam perjalanan ke tempat wisata yang dituju, maka teh herbal jangan sampai ketinggalan ya. Terutama bagi kamu yang sering sekali mengalami mabuk perjalanan setiap liburan.

6. Pisang

Lagi, buah yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi mabuk perjalanan selain apel adalah pisang. Buah ini bisa merangsang produksi lendir yang ada di lapisan perut supaya dapat membantu kamu dalam meringankan gangguan lambung yang terjadi. Dalam hal ini termasuk mual selama dalam perjalanan.

Selain itu, buah pisang yang kaya akan nutrisi bisa juga mengganti fungsi dari karbohidrat yang ada pada nasi. Sehingga jika kamu tak terlalu nyaman menelan makanan berat ketika mual terjadi maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah pisang.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

mencegah mabuk perjalanan

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan:

  • Istirahat yang cukup sebelum berpergian.
  • Saat timbul rasa mual, segera berbaring dan memejamkan mata hingga gejala tersebut kembali reda.
  • Jangan mengkonsumi makanan yang berat.
  • Berada di tempat duduk yang membuat kamu leluasa untuk memandang lurus ke arah depan jalan.
  • Hindari duduk di tempat yang memiliki bau-bau yang tidak sedap yang membuat tidak nyaman.
  • Mengkonsumi air putih.
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  • Jangan menatap layar smartphone atau pun membaca buku ketika kendaraan sedang melaju.

Penutup

Nah, itu adalah beberapa makanan yang dapat membantumu mengatasi mabuk perjalanan. Pusing dan mual selama menempuh perjalanan bisa saja terjadi. Maka persiapkan semuanya sebelum memulai perjalanan agar liburanmu semakin menyenangkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *