Peluang usaha cetak foto

Peluang usaha cetak foto dewasa ini, semakin menarik untuk diperbincangkan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi akan jasa ini, sehingga tak ayal membuat para pelakunya dapat kebanjiran order sehingga bisa mendapatkan untung banyak.

Sobat bayangkan saja, dengan banyaknya bermunculan smartphone canggih yang dapat menghasilkan jepretan berkualitas. Sehinggamembuat setiap orang saat ini, tidak begitu sulit lagi untuk memotret berbagai momen berharga. Hal inilah kemudian, yang menyebabkan peluang usaha cetak foto ini semakin terbuka lebar.

Selain untuk mencetak berbagai momen berharga seperti foto nikahan, wisudaan, foto keluarga, foto bersama teman, saat ini kebutuhan cetak foto pun semakin tinggi. Mulai dari kebutuhan melamar kerja, bahkan tak sedikit saat ini, koperasi simpan pinjam mewajibakan melampirkan pas foto pada para pelanggannya.

Sebagai  salah satu orang yang bergelut langsung dengan usaha cetak foto ini, penulis paham betul betapa saat ini kebutuhan masyarakat akan cetak foto semakin meninggi. Selain itu, meski penulis tinggal di desa, keuntungan yang diperoleh pun terbilang tidaklah kecil. Hal ini terutama jika ada customer yang mencetak dalam jumlah banyak, seperti  foto momen pernikahan, khitanan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Dapat Dibuka dengan Modal Minim

Modal dalam usaha apapun, adalah sesuatu yang biasanya membuat orang memikirkan kembali ketika hendak membuka usaha. Padahal sejatinya, modal setiap usaha ini tergantung dari diri kita sendiri. Dalam hal peluang usaha cetak foto pun demikian, modal sangat ditentukan oleh kemampuan kita dalam membuka usaha.

Contohnya jika kita memiliki modal yang banyak, membuka usaha dengan membeli berbagai peralatan canggih, dan tempat yang nyaman tentu sangat direkomendasikan. Namun jika modal yang sobat miliki minim, tentu bukan alasan untuk sobat berhenti bertindak. Karenana nyatanya, modal awal usaha penulis membuka usaha ini pun terbilang minim. Namun ketika dilakukan dengan sangat serius, justru dapat membuat penulis dapat membuka berbagai usaha lain dari hasil keuntungannya.

Adapun beberapa modal yang harus disiapkan minimal adalah sebagai berikut :

  • Satu unit laptop/ atau komputer PC yang memiliki aplikasi Photoshop. Harga menyesuaikan budget, jika modal minim belilah komputer second namun masih berkualitas. Awal usaha ini penulis membeli laptop berukuran 17”, dengan harga Rp. 2.500.000. Meski second Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa digunakan untuk bekerja.
  • Satu unit printer, ini pun sama disesuaikan dengan kemampuan sobat.
    Sebagai panduan Baca : 5 Rekomendasi Printer Terbaik untuk Cetak Foto dengan Harga Murah
  • Kertas Foto , Harganya sangat murah biasanya satu pak kertas foto berisi 20 lembar harganya kurang dari Rp. 20.000,-
  • Tinta  Printer khsusu Foto harga satu set sekitar Rp. 300.000,-

Keuntungan Sangat Menggiurkan

Keuntungan cetak foto ini terbilang sangat menggiurkan, bayangkan saja satu kertas foto A4 yang perlembarnya kurang dari Rp. 1000,- jika untuk cetakl foto ukuran 10R, minimal dibayar Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000 (gambar variasi). Untuk mengetahui rekomendasi daftar harga cetak foto, silahkkan bisa klik di sini.

Baca Juga : Daftar Ukuran Foto lengkap, Pas Foto 2×3 hingga 30 R

Beda halnya jika cetak ukuran 4×6 yang perlembarnya dihargai antara Rp. 2.000 / 2.500, tentu lebih dari 15 lembar foto bisa kita cetak dalam satu kertasnya.

Perhitungan keuntungan minimnya seperti ini. Jika dalam satu kertas foto A4 dihargai Rp. 1000,- kemudian dalam satu cetakan, membutuhkan tinta minimal Rp. 2.000,- maka jika satu kertas A4 bisa menghasilkan cetakan minimal Rp. 15.000. Berarti keuntungan yang didapat dari 1 lembar kertas foto A4 dalah Rp. 12.000,- lantas bagaimana jika lebih dari itu ?

Kemudian jika dalam sehari sobat bisa melayani 10 lembar kertas foto saja, maka keuntungan minimal yang sobat dapatkan adalah Rp. 120.000,- Bagaimana jika dalam sehari sobat bisa melayani 30 lembar bahkan lebih. Ini tentu tidak sulit, terutama jika lokasi usaha sobat sangat strategis, dan dalam keramaian. Seperti di dekat sekolah, kampus, pasar, pemukiman penduduk, depan jalan raya, dan lain sebagainya.

Tips Sukses Usaha Cetak Foto        

Setelah mengetahui keuntungan peluang usaha cetak foto, berikut dijelaskan bagaimana caranya agar sobat bisa meningkatkan omset dan keuntungan.

  • Buka usaha di lokasi yang strategis
  • Berikan pelayanan yang menarik dan memuaskan
  • Berikan bonus untuk customer yang mencetak mencapai jumlah tertentu
  • Jual produk lain yang berhubungan dengan usaha sobat, seperti bingkai foto dan lain sebagainya.

Baca : Daftar Harga Ukuran Bingkai Foto Lengkap dari Berbagai Jenis dan Ukuran

  • Kumpulkan keuntungan, jika sudah terkumpul cukup banyak belilah kamera DSLR dan peralatannya, kemudian buka jasa pemotretan lengkap dengan jasa cetaknya.

Demikian peluang usaha cetak foto yang dapat kami jelaskan, jika ada pertanyaan mari kita bahas bersama di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

3 Cara Mencari Uang di Internet dengan Sangat Mudah dan Praktis

Cara mencari uang di internet, dalam era digital ini tentu semakin banyak orang butuhkan. …