Printer Epson error

Printer Epson Error? Pahami Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Diposting pada

Printer Epson error menjadi salah satu masalah yang umum terjadi pada printer apalagi yang sudah berusia lama dan juga sering digunakan. Seperti yang diketahui Epson merupakan salah satu merek printer yang sangat terkenal tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga luar negeri.Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan printer jenis ini. Apakah Anda salah satunya?

Meski merek Epson sangat populer, bukan berarti membuatnya terbebas dari masalah. Sama halnya dengan printer merek lainnya yang juga terkadang menjumpai error ketika digunakan untuk mencetak dokumen, foto ataupun gambar. Nah bagi yang memiliki printer merek Epson di rumah yang sedang error, maka Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda bisa menemukan solusinya di sini.

Baca Juga : Solusi Printer Epson L565 Mengalami Eror 0xF1 dengan Mudah

Memahami Penyebab Printer Epson Error Beserta Solusi Mengatasinya

Ink Run Out Error

Tahukah Anda bahwa salah satu masalah yang seringkali dialami oleh printer Epson adalah Ink Run Out Error. Apa itu ink run out error? Bagi yang menggunakan printer merek Epson tentu sudah tidak asing dengan masalah yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Anda mungkin sudah bisa menebak apa penyebab utama printer mengalami Ink Run Out Error.

Sebenarnya masalah Ink Run Out Error ini menjadi hal yang umum dijumpai pada printer apalagi jika sering digunakan. Maksud dari Ink Run Out Error di sini mengindikasikan bahwa printer tidak dapat mendeteksi tinta yang ada di dalam cartridge. Dalam hal ini biasanya monitor komputer atau laptop akan memberikan notifikasi bahwa tinta yang ada di dalam cartridge tidak bisa bekerja secara normal.

Lalu bagaimana cara mengatasi printer Epson error karena Ink Run Out Error? Untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, Anda hanya perlu melakukan reset pada printer Epson tersebut. Namun perlu diingat, terdapat dua pilihan dalam me-reset printer yakni dengan memakai Tool Resetter atau menggunakan cara manual. Jadi pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan printer Anda.

End of Service Life

Masalah printer selanjutnya yang juga sering terjadi adalah End of Service Life. Pada umumnya setiap printer pasti memiliki sebuah wadah atau tempat yang berfungsi untuk menampung tinta. Biasanya wadah penampung tinta tersebut terbuat dari semacam spons yang memiliki daya serap tinggi. Di bagian inilah semua tinta yang terbuang akan di tampung dalam Head cleaning.

Karena semakin sering digunakan, lambat laun tempat penampungan tinta tersebut akan semakin penuh sehingga perlu dilakukan pembersihan agar dapat berfungsi secara normal. Banyak orang yang salah dalam memahami printerEpson error yang satu ini, sehingga mereka beranggapan bahwa error yang terjadi pada printer disebabkan oleh penampung yang sudah penuh sehingga perlu diganti begitu saja.

Padahal hal tersebut bukan bisa menuntaskan masalah malah bisa memunculkan masalah baru pada printer. Lalu bagaimana cara mengatasi End of Service Life yang muncul pada printer. Tidak perlu khawatir karena Anda hanya perlu melakukan reset dengan bantuan Tool Resetter. Dengan menggunakan Tool Resetter ini Anda tidak perlu susah-susah mengganti bagian penampung tinta pada printer.

General error

Satu lagi jenis error yang seringkali dialami oleh printer merek Epson yaitu general error. Apa itu? Nah untuk jenis error yang satu ini memang jarang sekali dijumpai pada printer merek Epson. Jika dibandingkan dengan jenis error sebelumnya, general error menjadi salah satu masalah yang paling berat dalam hal penanganannya. Lalu bagaimana dijumpai printerEpson error karena hal ini?

Referensi Kami : Solusi Mudah Mengatasi Printer Epson yang Paper Jam

Jika Anda menjumpai masalah seperti ini maka ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan baik dari motherboard, sensor dan lain sebagainya. Lalu apa saja penyebabnya? Ada banyak sekali kemungkinan penyebab general error ini muncul pada mesin printer. Jika printer Anda di rumah masalah general error maka disarankan untuk segera membawanya ke tempat service printer terdekat.

Setelah mengetahui beberapa jenis error yang sering menyerang printer, tentu sekarang Anda tidak perlu bingung ketika menjumpai masalah tersebut, bukan? Namun perlu dipastikan, sebelum melakukan perbaikan cek terlebih dahulu kerusakannya agar tidak salah dalam penanganannya.

Demikian sedikit ulasan tentang penyebab printerEpson error besertacara mengatasinya dengan benar dan tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk ke depannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *