Cara Mengatasi Printer Epson Paper Jam, dengan Tepat dan Mudah!

Diposting pada

Printer Epson Paper Jam, khusunya tife L Series bukanlah hal yang baru. Karena seperti yang diketahui, salah satu masalah atau kendala yang seringkali muncul ketika menggunakan printer untuk mencetak, yaitu masalah paper jammed atau kertas terjepit. Adanya kendala tersebut membuat printer tidak bisa melakukan pencetakan dengan baik dan sempurna.

Namun perlu diketahui sebelum melakukan cara mengatasi printer Epson paper jam, Anda harus benar-benar memastikan bahwa masalah yang muncul tersebut, memang disebabkan karena paper jammed, sehingga Anda tidak salah dalam melakukan perbaikan. Umumnya kerusakan paper jammed ini ditandai dengan printer yang tidak dapat digunakan untuk mencetak,baik karena kertas tidak berhasil keluar atau muncul error.

Baca Juga : Solusi Jitu Printer Tidak Bisa Cetak Kertas Foto Tebal

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson L Paper Jammed

Adanya Kotoran/Benda Asing

Salah satu penyebab mengapa printer mengalami kendala paper jammed, yaitu karena adanya kotoran atau benda asing yang dapat mengganggu sensor kertas pada printer. Umumnya paper jam yang disebabkan oleh benda asing, bukanlah suatu kerusakan yang serius. Jika mesin printer mengalami paper jammed karena hal ini, maka ada beberapa cara untuk memperbaikinya.

Untuk memperbaiki masalah ini Anda hanya perlu membongkar terlebih dahulu casing printer. Kemudian bersihkan printer tersebut dari benda yang menghalanginya,dengan menggunakan cairan khusus pembersih printer. Jika sudah, maka Anda bisa memasangnya kembali dan pastikan mesin terpasang dengan sempurna. Baca panduan lengkap membersihkan printer di artikel ini.

Per Penarik Sensor Kertas Lepas

Penyebab lainnya mengapa mesin printer Epson L sering mengalami paper jammed, yaitu karena per penarik sensor pada kertas lepas. Untuk mengatasi printer Epson paper jam, karena hal tersebut sangatlah mudah. Anda hanya perlu membongkar dulu casing printer kemudian pasang per nya dengan benar. Perlu diketahui dalam pemasangan per nya, Anda harus benar-benar memastikan telah terpasang sempurna agar printer bisa dipakai.

Per Dalam Rol Penarik Kertas yang Bawah Patah

Per dalam rol penarik kertas bagian bawah patah, menjadi salah satu penyebab mesin printer Epson L, mengalami masalah paper jammed. Seperti yang diketahui, bahwa pada bagian komponen roll penarik, terdapat per untuk membuat kertas keluar dengan sempurna. Jika per dalam rol tersebut mengalami patah atau masalah lainnya ,maka printer akan mengalami paper jammed atau error.

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada bagian ini, biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa gejala yang muncul pada printer yang mengalami masalah pada bagian per dalam rol, yaitu:

  • Indikator power tinta kertas nyala secara bersamaan atau biasa disebut blinking.
  • Biasanya muncul bunyi sesaat sebelum printer mengalami blinking.
  • Biasanya karet ASF akan bergerak sedikit sebelum printer blinking.

Lalu bagaimana cara mengatasi paper jammed printer Epson L yang disebabkan oleh per dalam rol yang patah tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, seperti:

  • Pastikan untuk membongkar casing printer sebelum melakukan perbaikan dan bongkar bagian casing atas terlebih dahulu.
  • Setelah itu lepas tempat pembuangan tinta yang posisinya berada di bagian bawah printer sisi kanan. Kemudian pindah tinta ke tempat yang lebih aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Selanjutnya Anda bisa membalik body printer sehingga bagian bawahnya menghadap ke arah atas.
  • Jika sudah maka Anda bisa melepas karet roll dan cabut besi as yang ada di tengahnya.
  • Kemudian Anda hanya perlu modif dengan menggunakan tang jepit atau tang buaya. Buatlah sebuah katan dengan ukuran sebesar 90 derajat.
  • Setelah berhasil melakukan modif per-nya, maka Anda bisa merakitnya kembali dan lakukan pengetesan apakah printer bisa berfungsi normal seperti sediakala.

Meski masalah paper jammed terlihat sederhana, kesalahan dalam penanganannya akan membuat komponen mesin lainnya bermasalah. Sehingga penting sekali untuk melakukan perbaiki secara hati-hati dan pastikan terlebih dahulu penyebabnya agar tidak salah dalam penanganan.

Nah itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi masalah atau kendala yang muncul pada mesin printer. Semoga sedikit informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah pada printer Epson paper jam.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.