Service printer Canon

Service Printer Canon Berdasarkan Kode Error dan Kendalanya

Diposting pada

Service Printer Canon mungkin jarang dilakukan oleh pengguna printer itu sendiri. Padahal banyak juga kendala yang cukup ringan dan tidak memerlukan tukang service yang andal untuk menanganinya. Pada pembahasan kali ini akan fokus membahas mengenai berbagai macam kendala atau error message, yang muncul pada printer Canon MP287 dan cara menanganinya.

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kode error printer karena kendala kertas, tinta maupun cartridge.

Error Karena Kendala Kertas,Tinta dan Cartridge

Berikut ini beberapaservice printer Canon sederhana yang bisa dilakukan oleh pengguna printer Canon, salah satunya Canon MP287, antara lain:

Error E02

Kendala yang muncul dengan kode error E02 disebabkan oleh printer kehabisan kertas atau bisa juga karena posisi kertas tidak masuk dengan baik. Untuk menangani masalah ini, isi ulang kertas dan masukkan dengan benar.

Error E03

Error E03 disebabkan karena kertas mengalami macet atau paper jammed atau bisa juga karena output kertas tertutup. Nah, service printer Canon sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuka output kertas dan reload kertas dengan benar.

Error E04/E05/E14/E15

Hal ini disebabkan oleh cartridge tidak terdeteksi/dikenali karena pemasangan yang tidak benar atau cartridge tidak compatible. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti cartridge yang baru atau melepas lalu memasang ulang cartridge sambil didorong dan dikunci hingga bunyi klik ke tempatnya.

Error E07

Masih seputar kendala cartridge, kode error E07 bisa muncul karena pemasangan cartridge yang tidak benar atau tidak pas. Cobalah untuk memeriksa apakah posisi cartridge hitam dan warna sudah benar pada tempatnya.

Error E08

Error E08 ini disebabkan oleh kendala ink absorber yang hampir penuh. Hal ini bisa diatasi dengan menekan tombol hitam/warna pada printer untuk melanjutkan proses mencetak/printing.

Error E13

Error E13 disebabkan oleh sisa tinta tidak dapat terdeteksi. Hal ini bisa ditangani dengan menekan tombol Stop/Reset sekitar 5 detik atau mengganti tinta dengan cartridge yang baru dan orisinal/asli.

Error E16

Error E16 biasanya ditandai dengan lampu alarm atau lampu indikator warna/hitam yang berkedip, artinya cartridge warna/hitam sedang membutuhkan reset atau mengalami runout.Service printer Canon MP287 seperti ini bisa diatasi dengan cara menekan tombol Stop/Reset dan tombol Color/Star secara bersamaan sekitar 5 hingga 15 detiksampai LCD panel berputar lalu lepaskan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Printer Canon yang Lambat Mencetak

Jika muncul lagi bisa diulang kembali dengan cara yang sama. Error E16 memang sering terjadi ketika bongkar pasang saat isi ulang cartridge, jadi ini bukan masalah besar dan bisa ditangani sendiri.

Error P02/P10

Hal ini ditandai dengan kertas yang menyangkut pada printer saat proses mencetak, bisa jadi karena cartridge rusak/patah. Tangani dengan membatalkan proses mencetak, lalu matikan printer sekitar 5 detik dan hidupkan kembali.

Service Printer CanonKarena Kendala Lainnya

Selain dikarenakan oleh kendala kertas, tinta atau cartridge, printer juga bisa mengalami kode error lainnya, antara lain:

Error E31

Kode error E31 muncul karena disebabkan oleh printer tidak atau belum tersambung dengan komputer, segera sambungkan kabel USB printer ke port USB pada komputer/laptop.

Error E3

Error E30 biasanya disebabkan oleh ukuran dokumen yang terlalu kecil saat ‘fit copying is selected’.Hal ini bisa diatasi dengan memeriksa ulang posisi dokumen pada kaca scanner.

Error E50

Error E50 terjadi karena gagal memindai print headalignment. Solusinya yaitu dengan menekan tombol Stop/Reset dan pastikan beberapa hal berikut ini:

  • Atur kertas A4 atau lainnya sesuai dengan print head alignment
  • Print head nozzles tidak tersumbat
  • Posisi kertas sudah benar
  • Kaca plat tidak kotor

Kode Eror Printer Lainnya

Jika masih ditemukan kode error lainnya selain yang telah disebutkan di atas, maka lakukan langkah pertama dalam upaya service printer Canon. Caranya cukup mematikan printer secara keseluruhan dengan klik tombol OFF lalu cabut kabel power listrik selama 5 detik lalu pasang dan hidupkan kembali.

Itulah beberapa cara untuk menangani error message yang muncul ketika sedang menggunakan printer Canon MP287. Semoga pembahasan mengenai service printer Canon ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.