Tips Agar Smartphone Tidak Lemot

Cara Jitu Agar Smartphone Tidak Lemot, Mudah dan Berhasil!

Diposting pada

Pastikan smartphone yang Anda miliki selalu diupdate agar aplikasi yang dimiliki smartphone terhindar dari masalah. Update software sebaiknya menggunakan aplikasi yang berbayar. Hal ini karena banyak aplikasi gratis yang justru membuat smartphone menjadi lambat atau lemot.

Merawat Sector Body Smartphone

Agar smartphone tidak lemot selanjutnya yaitu melakukan perawatan sector body smartphone. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kemulusan smartphone agar selalu terlihat seperti baru . Untuk melindunginya bisa menggunakan hardcase maupun softcase. Pada perlindungan layar, sebaiknya menggunakan screen protektor agar layar terhindar dari goresan yang tidak disengaja.

Menginstal Aplikasi yang Diperlukan

Saat memiliki smartphone baru, biasanya banyak orang langsung menginstal aplikasi semaunya. Padahal, instal aplikasi secara berlebih dapat berakibat kinerja smartphone menjadi merosot. Sebaiknya instal aplikasi yang diperlukan saja untuk menjaga smartphone tidak lemot.

Melakukan Factory Reset

Factory reset atau reset pabrik juga sangat berpengaruh untuk memperbaiki kinerja smartphone. Melakukan factory reset artinya mengembalikan pengaturan smartphone kembali ke pengaturan awal. Meskipun berdampak menghilangkan semua fitur dan aplikasi yang diinstal, namun semua sampah atau chance juga ikut terhapus. Sehingga kinerjanya membuat smartphone tidak lemot.

Sebelum melakukan factory reset, sebaiknya matikan terlebih dahulu fitur auto sync. Fitur auto sync ini menghubungkan semua akun yang terpasang dalam smartphone. Fitur auto sync seringkali membuat smartphone merasa terbebani ketika melakukan operasi. Ketika dimatikan, maka akan mengurangi pekerjaan memory smartphone Anda.

Memindahkan atau Menghapus Aplikasi

Ketika sudah ada peringatan memori penuh, sebaiknya pindahkan file penting ke dalam memori eksternal. Jika tidak terlalu penting, alangkah baiknya menghapus file tersebut. Untuk jumlah aplikasi, sebaiknya pilih aplikasi yang penting saja. Menginstal banyak aplikasi dan menjalankannya secara bersamaan hanya membuat kinerja smartphone merosot dan lemot.

Jika dibiarkan, justru membuat smartphone eror dan bisa melakukan restart sendiri. Sebelum hal tersebut terjadi dan smartphone tidak lemot, hapuslah file dan aplikasi yang tidak diperlukan.

Merawat Software

Agar kinerja smartphone tidak lemot, sebaiknya perhatikan perawatan pada softwarenya. Pada perawatan software ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan, diantaranya yaitu memperhatikan spesifikasi kapasitas RAM, menginstal aplikasi seperlunya, jangan instal aplikasi sembarangan, dan menginstal aplikasi antivirus terpercaya yang benar-benar menjaga smartphone.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.