18 Web Sumber Backlink Gratis Berkualitas, Bermanfaat untuk SEO dan Trafik

  • Whatsapp
sumber backlink gratis

Sumber backlink gratis melalui 18 situs ini merupakan informasi penting untuk para blogger. Sampai saat ini link dari situs lain yang menuju situs kita memang masih dianggap sebagai salah satu faktor sangat penting untuk optimasi SEO. Perlu sumber backlink berkualitas untuk bisa bersaing dengan berbagai situs lain di halaman pencarian.

Mendapatkan backlink berkualitas memang tidak mudah, apalagi jika blog dan diri kita belum memiliki nama yang begitu famiiar di kalangan blogger lainnya. Namun dengan mengetahui sumber backlink berkualitas, apalagi sumber backlink gratis tentu hal ini akan sangat membantu sobat semua.

Pengertian Backlink dan Jenisnya

cara mendapatkan backlink gratis

Sebelum membahas cara mendapatkan backlink gratis dari web, ada baiknya kita bahas dulu pengertian backlink itu sendiri.

Pada dasarnya pengertian backlink adalah link menuju blog kita yang berada pada blog lainnya. Selain dapat meningkatkan jumlah visitor melalui link tersebut, blog yang kita miliki juga akan semakin dipandang baik oleh mesin pencari. Semakin banyak backlink yang menunuju blog kita, berarti semakin banyak yang merekomendasikan. Dengan hal ini tak ayal jika kemudian baik Google maupun visitor memandang blog kita sebagi blog yang berkualitas.

Jenis backlink sendiri ada dua jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah backlink yang sangat diburu oleh para blogger, bahkan tak tak sedikit yang rela membayar mahal jenis backlink ini. Selain para blogger, perusahaan yang memasarkan produk atau jasanya melalui internet juga sering membeli backlink ini. Selain untuk mendongkrak situs mereka, tentu saja agar produk atau jasa yang mereka tawarkan semakin dikenal public. Duniaelektronik.net sendiri sejak baru berusia sekitar 8 bulanan, sudah mendapat pesanan backlink jenis ini dari sebuah perusahaan.

Lantas apa itu backlink dofollow? Pada dasarnya backlink dofollow yaitu backlink yang mengarah pada blog kita, dimana ketika tulisan tersebut di klik maka akan langsung menuju blog kita. Contohnya ketika penulis menuliskan Wikipedia.org, maka ketika sobat klik tulisan tersebut akan langsung menuju halaman Wikipedia.

2. Backlink Nofollow

Kebalikan dari backlink dofollow, backlink jenis ini adalah backlink yang ketika di klik maka tidak akan mengarahkan ke situs tersebut. Menurut penulis sendiri, backlink ini tidak memiliki pengaruhnya di mata Google. Sementara di mata pengunjung setidaknya dapat memperkenalkan sirus tersebut.

Contoh backlink noffolow, wikipedia.org, tulisan Wikipedia tersebut tidak akan mengarah ke situs tersebut sebab tidak penulis buat sebagai backlink doffolow.

Manfaat Backlink untuk Blog

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatka suatu blog ketika mendapatkan backlink dari situs lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai branding, memperkenalkan blog Anda ke banyak pembaca sebagai situs berkualitas yang menjadi rujukan blogger lain.
  • Mampu meningkatkan kualitas perayapan dan pengindeksan search engine terhadap blog Anda.
  • Mendapatkan pengunjung refferal dari blog lain yang memiliki banyak visitor.
  • Mendapatkan banyak pengunjung yang bisa menjadi pembaca setia.
  • Dan lain sebagainya.

18 Web Sebagai Sumber Backlink Gratis Berkualitas Tinggi

sumber backlink gratis

Bagi Anda yang ingin mendapatkan backlink betkualitas secara instant, berikut ini akan kami berikan referensi situs backlink berkualitas yang terdiri dari blog personal, maupun platform berbasis komunitas sehingga akan berdampak besar bagi kemajuan blog yang saat ini sedang Anda bangun.

1. Kompasiana

Kompasiana adalah platform blog dari Kompas dimana siapapun bisa menulis untuk menyampaikan pendapat, menulis berita, dan lainnya seperti pada blogger yang kita miliki.

Kepopuleran, seo yang baik, banyaknya kontributor penulis, tentu bukan hal yang sulit untuk tulisan Anda dibaca oleh banyak orang. Penulis sendiri pernah menulis tentang jati purba di kompasiana.com/karbox akun yang penulis miliki, baru beberapa hari sudah dibaca 10 ribu lebih pembaca.

Sudah beberapa kali penulis menanam backlink di kompasiana.com dan hasilnya cukup memuaskan. Jika sobat ingin mencobanya, silahkan bisa memulai dengan membuat akun terlebih dahulu.

2. Dunia Elektronik

Yups betul duniaelektronik.net yang sedang Anda baca ini juga memberikan layanan menanam backlink gratis untuk para blogger, dengan catatan tidak untuk mempromosikan produk atau jasa. Menariknya lagi, jenis backlink yang ditawarkan juga berjenis doffolow. Menarik sekali bukan situs ini dijadikan sebagai salah satu sumber backlink gratis.

Syaratnya cukup mudah tinggal menulis artikel berkualitas bebebas copas minimal 600 kata, kemudian publikasikan. Cara mempublikasikannya ada dua pilihan, membuat akun pribadi sehingga Anda merupakan penulisnya, atau langsung mengirimkan artikelnya ke email admin situs ini.

Selengkapnya Baca : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi dengan Menjadi Penulis Tamu di Duniaelektronik.net

3. Membangun Inspirasi

Bagi sobat blogger juga bisa menggunakan blog Membangun Inspirasi. Blog ini telah diikuti oleh puluhan netizen dan telah memiliki banyak pembaca setia. Blog Membangun Inspirasi merupakan blog gado-gado sehingga bisa menanam backlink doffolow dari berbagai nice blog. Memiliki visitor yang banyak tak ayal sudah banyak para blogger yang menanam backlink melalui situs ini. Kabar baiknya situs ini juga dapat sobat gunakan sebagai salah satu sumber backlink gratis.

4. Linkedln Pulse

Linked Pulse memiliki domain authority 100, adapun jenis backlinknya adalah nofollow. Cara mendapatkan backlinknya tentu dengan menulis artikel baru di feed Linkedln milik Anda.

5. Medium

Medium memiliki domain authority 94, dengan atribut tautan yang disediakan berjenis nofollow.

Untuk mendapatkan backlink, Anda tinggal mendaftar untuk mendapatkan sebuah akun, kemudian mulai membuat postingan.

6. Steemlt

Steemlt memiliki domain authority 74 dan atribut tautan yang diberikan juga berjenis nofollow.

Caranya hampir sama dengan Medium, hanya saja untuk dapat disetujui, akun baru mungkin perlu menunggu persetujuan selama 1-2 hari. Setelah akun disetujui, selanjutnya Anda tinggal membuat postingan.

7. CrunchBase

Situs ini merupakan salah satu sumber backlink gratis yang berkualitas. CrunchBase memiliki domain authority 89, dan jenis backlink yang diberikannya adalah berjenis dofollow.

Cara mendapatkan backlink di sini sobat terlebih dahulu harus mendaftar untuk membuat akun baru, setelah itu bisa memulai membuat postingan menggunakan profil pribadi atau pun perusahaan.

8. About.me

About.me memiliki domain authority 91, dan dapat memberikan backlink dofollow untuk blog sobat. Seperti yang lainnya, sobat terlebih dahulu harus mendaftar untuk membuat akun baru dan membuat profil pribadi

9. Reddit

Reddit merupakan salah satu sumber backlink gratis lainnya yang bisa sobat gunakan. Situs ini memiliki domain authority 99, dan jika postingan yang sobat buat memiliki suara yang tinggi maka akan diberikan backlink dofollow.

Cara mendapatkan backlink tersebut adalah dengan sobat bergabung menjadi kontributor aktif di subreddit yang sesuai dengan niche blog yang dimiliki. Setelah itu buatlah postingan terbaik yang menarik sehingga dapat direspon cepat oleh komunitas yang ada di dalamnya.

10. ProductHunt

Sumber backlink berkualitas berikutnya adalah dari ProductHunt yang memiliki domain authority 82. Untuk dapat memiliki halaman profil yang dapat diindeks maka sobat diharuskan bisa menjadi kontributor aktif. Backlink yang dapat sobat peroleh dari platform ini adalah becklink dofllow.

11. YouTube

YouTube sangat populer sekarang ini, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia sudah begitu akrab dengan platform ini. Memiliki domain authority 100. tak ayal jika YouTube merupakan salah satu tempat sumber backlink berkualitas.

Dengan membuat chanel YouTube dan konsisten membuat video berkualitas yang dibutuhkan banyak orang, tentu bukan hal yang sulit mendapatkan banyak trafik melalui backlink yang sobat tanamkan pada video yang diunggah. Adapun jenis backlink yang sobat dapatkan dari situs ini adalah backlink nofollow.

12. Facebook

Sama seperti YouTube Facebook juga memiliki domain authority 100. Meski jenis tautannya nofollow, namun karena pengguna media sosial ini sangat banyak, tentu mendapatkan trafik bersumber darinya juga bukanlah hal yang sulit.

Dalam hal ini, sobat bisa membuat laman atau pun group yang sesuai dengan niche blog yang dimiliki sehingga semakin mudah mendapatkan pembaca setia.

13. Twitter

Twitter juga merupakan media sosial yang begitu familiar dan memiliki domain authority 100. Dengan hal ini meski backlinknya berjenis nofollow namun tetap cocok dijadikan sebagai salah satu backlink berkualitas.

Sejak tahun 2015 Google sendiri telah menampilkan halaman tweet pada hasil pencariannya. Dengan mempromosikan postingan blog yang baru dibuat pada Twitter, berarti dapat mempercepat pengindeksan oleh mesin pencari.

14. Google My Business

Google My Business memiliki domain authority 100, dan dapat memberikan backlink dofollow untuk blog sobat.

Selain dapat membuat blog sobat diindeks dan dirayapi ulang dengan teratur, Google My Business juga dapat meningkatkan visibilitas pencarian blog yang sobat miliki ke pencarian lokal.

15. Slideshare

Slideshare memiliki domain authority 96 dan tautan backlink yang diberikan berjenis nofollow.

Cara mendapatakan backlinknya yaitu dengan mengkonvermasikan konten berkualitas dari blog sobat menjadi slide deck untuk kemudian diunggah pada situs ini.

16. Quora

Quora juga menyediakan backlink berjenis nofollow dan memiliki domain authority 90. Cara menjadikan Quora sebagai salah satu sumber backlink berkualitas untuk blog yang sobat miliki, yaitu dengan memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang ditanyakan pengguja Quora yang lainnya. Semakin sering sobat memberikan jawaban terbaik, maka akan semakin banyak pula backlink yang sobat tanam di klik.

17. Academia.edu

Academia.edu memiliki domain authority 92, dan memberikan backlink berjenis nofollow.

Untuk mendapatkan backlink tersebut sobat bisa membuat akun di Academia.edu. Jika sudah sobat tinggal membuat artikel, baik dalam bentuk doc, pdf dan lainnya yang sudah berisi link yang mengarah ke blog sobat, selanjutnya tinggal upload ke academia.edu.

18. Scribd

Sumber backlink berkualitas gratis terakhir yang kita bahas adalah Scribd yang memiliki domain authority 93.

Carany cukup sederhana, setelah membuat akun di scribd.com sobat tinggal menulis postingan berisi backlink dan kemudian menguploadnya pada situs tersebut.

Penutup

Itulah beberapa situs yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber backlink gratis berkualitas untuk blog sobat. Semoga dengan mengetahui informasi ini blog yang sobat bagun bisa cepat mengalami kemajuan dan tentu saja sukses.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *