Cara Memperbaiki TV LED LG Mendadak mati
Image via LG.com

Perhatikan Cara Mudah Memperbaiki TV LED LG Yang Mendadak Mati

Diposting pada

Apakah Anda mempunyai TV LED LG? Jika benar, tentu Anda pernah mengalami berbagai masalah seperti TV mendadak mati dan tidak bersuara. Kerusakan tersebut bisa saja muncul setelah berapa lama pemakaian. Nah, jika Anda mendapati kerusakan ini, jangan bingung untuk mencari tukang service. Karena Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, Anda harus tahu alasan mengapa TV LED LG Anda tiba-tiba rusak. Gejala yang terjadi biasanya lampu indikator tiba-tiba mati. Selain itu, jika Anda colokkan USB dengan HP Anda maka tidak akan ada respons sama sekali. Apa yang terjadi? Ini bisa saja menjurus kepada adaptor atau mungkin power supply-nya. Jika ini berkaitan dengan power supply, berikut adalah cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki TV LED Mati Total dengan Mudah Di Rumah

Mengukur tegangan volt pada label

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur tegangan sesuai dengan label tegangan yang terdapat pada main board SMPS. Nilai dari tegangan untuk standby mikrokontroler harus berjumlah 5V atau pada beberapa TV jumlahnya bisa saja 3.5V. Untuk itu, agar tidak salah, Anda harus cek terlebih dahulu tegangan pada mainboard-nya.

Memutuskan kerusakan yang terjadi sebenarnya

Bagaimana memutuskan kerusakan yang terjadi pada TV LED LG Anda? Ini mudah sekali. Anda hanya perlu memeriksa nilai tegangannya. Jika tegangannya mencapai angka sesuai label, maka tidak ada yang rusak pada power supply.

Jika jumlahnya tidak sampai angka standard, maka dapat dipastikan power supply TV Anda lah yang bermasalah. Ingat, karena jumlah volt selalu berbeda, Anda harus memeriksa volt pada label agar tidak salah dalam perbaikannya.

Memeriksa kontrol On untuk indikasi kerusakan

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa tegangan pada kontrol on yang ada pada mainboard ketika power on dinyalakan. Jika tidak ada tombol on maka dapat disimpulkan bahwa mainboard TV Anda sudah rusak. Namun jika Anda mendapati kontrol on, yang harus Anda periksa lagi adalah SMPS utama yang membuat power supply tidak bekerja.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, TV Anda akan normal kembali. Namun jika tidak membantu, kerusakan kemungkinan terdapat pada adaptor atau board dari perangkat TV. Jika Anda bingung untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan jasa service untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan LED TV LGMati

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV LED Rusak, Ada Suara Tidak Ada Gambar

Board pada perangkat rusak

Jika Anda mendapati TV yang tiba-tiba mati seketika padahal listrik tidak padam, maka Anda bisa mengecek board pada perangkat. Apa yang harus ada lakukan? Anda bisa menggantinya dengan versi yang baru compatible. Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian untuk memperbaikinya, maka lebih baik untuk memanggil tukang service.

Nantinya, Anda akan diberikan dua pilihan yaitu menunggu penggantian board atau mengganti chipset yang rusak yang tidak akan membutuhkan banyak waktu. Tentu, jika Anda memanggil tukang service, perlu mengeluarkan bujet lebih untuk pembelian barang baru dan pembayaran jasa.

Tegangan listrik sering padam

Ada faktor eksternal lain yang ternyata dapat memicu matinya TV LED LG, salah satunya adalah sering padamnya listrik di rumah. Selain itu, kebiasaan menyalakan TV sepanjang waktu juga bisa menjadi pemicunya. Walaupun layar sudah mati, tetapi kabel belum Anda cabut dari sumber tegangan, maka tidak menutup kemungkinan inilah yang membuat chipset rusak.

Untuk mengatasi hal itu, tentu Anda harus memulai kebiasaan yang baik, seperti mencabut TV ketika tidak ditonton. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memasang stavolt yang dapat menstabilkan tegangan listrik. Jika Anda mau melakukan kebiasaan baik itu, maka TV di rumah dipastikan lebih awet dalam waktu yang lama.

Nah, itu tadi merupakan informasi mengenai cara mengatasi TV LED LGyang mati secara tiba-tiba. Tentu, cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Agar Anda tidak salah dalam memperbaikinya, ikuti step by step yang sudah dijelaskan dengan saksama.

Lalu, jika semua sudah normal kembali, Anda perlu memperbaiki kebiasaan Anda dalam menonton TV. Jangan sampai kerusakan yang telah terjadi terulang kembali. Tentu, akan sangat merepotkan, bukan?

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki TV LED LG mendadak mati, semoga bermanfaat. Jika ada permasalahan lain seputar elektronik yang ingin ditanyakan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *