Memperbaiki TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambarnya

Cara Tepat Memperbaiki TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambarnya

Diposting pada

TV LED rusak ada suara tidak ada gambar ? Tidak perlu khawatir atau buru-buru menggantinya dengan yang baru karena Anda bisa memperbaikinya dengan cara berikut ini. Seperti yang kita tahu TV menjadi salah satu perabotan elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap rumah. Dengan hadirnya TV ini menjadi sebuah hiburan ketika bosan atau jenuh dengan berbagai aktivitas yang dilakukan seharian.

Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, TV yang sudah lama atau sering digunakan akan menjumpai berbagai masalah mulai dari muncul garis, tidak ada suara atau gambar hingga kerusakan yang menyebabkan TV tersebut mati total. Dari banyaknya kasus kerusakan, masalah TV yang sering muncul yaitu TV LED rusak ada suara tidak ada gambar . Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV LED Mati Total, Simpel Namun Jarang yang Tahu

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambarnya

Penyebab TV tidak keluar gambar

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi masalah TV yang tidak muncul gambar, maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Mengapa harus dilakukan identifikasi penyebabnya terlebih dahulu? Hal tersebutdilakukan untuk menghindari kesalahan dalam perbaikan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan gambar hilang pada TV, yaitu:

  1. Terjadi kerusakan pada Tcon
  2. IC yang berada didekat Tcon mengalami kerusakan. IC yang dimaksud bernama IC Gamma AS-15
  3. Adanya kerusakan pada software
  4. Kabel LVDS yang terlepas yang mana bisa dikarenakan kurang kencang atau belum terpasang dengan sempurna.

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, mungkin Anda bisa melakukan pengecekan pada semua bagian tersebut. Dalam hal ini Anda harus benar-benar memastikan apakah pada layar TV masih mengeluarkan cahaya dari backlight atau benar-benar gelap hitam dan hanya muncul suara saja?

Baca Juga : Cara Mengatasi Layar TV LED Bergaris Horizontal

Jika kasusnya seperti itu maka ada dua kemungkinan yang terjadi yakni backlight yang mengalami kerusakan atau karena lampu TV LED rusak, sehingga perlu diganti secepatnya. Nah jika sudah dilakukan pengecekan ternyata kondisinya normal, maka Anda bisa melakukan perbaikan dangan menerapkan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambar

Ketika mendadak TV dirumah mengalami kerusakan yang mana muncul suara namun tidak ada gambarnya, Anda tidak perlu bingung dan khawatir. Mengapa? Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Nah berikut ini beberapa langkah perbaikan yang bisa Anda lakukan ketika menjumpai masalah TV LED yang rusak di rumah, antara lain:

  1. Langkah pertama yang perlu Anda coba ketika menjumpai masalah atau kerusakan pada TV seperti ini yaitu melakukan pemeriksaan tegangan pada bagian power supply-nya. Dalam hal ini Ada harus benar-bear memastikan bahwa bagian power supply ini benar-benar normal.
  2. Jika Anda merasa tegangan pada power supply sudah normal dan benar, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian lainnya yakni bagian tegangan output driver led.
  3. Setelah dilakukan pemeriksaan pada tegangan namun ternyata hasilnya masih saja normal, maka Anda perlu melihat dibagian yang seringkali menyebabkanTV LED rusak ada suara namun tidak ada gambarnya. Biasanya masalah yang seringkali muncul ketika TV mengalami kerusakan ini yaitu lampu backlight yang mati. Perlu diketahui lampu backlight ini menjadi salah satu komponen yang seringkali mengalami kerusakan.
  4. Ketika Anda menjumpai lampu backlight ini mati, maka sebaiknya untuk menggantinya dengan komponen yang baru. Hal tersebut perlu dilakukan agar kerusakan tidak semakin parah dan menjalar pada komponen lainnya.
  5. Selanjutnya jika Anda menjumpai tegangan nol ketika dilakukan pengukuran, maka sebaiknya perlu dilakukan penggantian pada IC Driver-nya. Nah untuk mengetahui IC Driver rusak atau tidak, biasanya ketika dilakukan pengukuran dengan menggunakan multi tester akan menunjukkan angka sekitar 50 volt saja.

Nah itulah sedikit uraian tentang penyebab dan juga cara mengatasi masalah TV LED rusak sehingga muncul suara namun tidak ada gambarnya. Jadi bagi Anda yang menjumpai masalah tersebut pada TV di rumah, tidak perlu khawatir karena semua bisa diatasi dengan baik asalkan Anda benar-benar mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya dengan tepat. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *