Cara agar TV LED awet

Lakukan Ini Agar TV LED Awet Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Diposting pada

Beberapa tahun terakhir ini kita sudah sangat jarang bisa menemukan TV tabung dengan layar cembung yang bentuknya memang relatif besar dan tebal. Sekarang ini jamannya smart TV yang mayoritas menggunakan teknologi LCD atau LED. TV LED memiliki bentuk yang tipis dengan layar datar dan mudah diletakkan dimana saja. Hanya saja masalah sering datang ketika TV mengalami kerusakan karena biayanya mahal. Untuk itu sebaiknya kita tahu cara agar TV LED awet digunakan.

Dari segi perawatan memang TV jadul berbentuk tabung lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan TV LED. Pada TV LED kalau ada kerusakan biasanya kita harus mengganti suku cadang dengan harga yang relatif mahal hampir setara dengan uang yang dikeluarkan kalau beli yang baru. Jadi memang sebagai pengguna smart TV ini kita harus hati-hati agar tidak ada kerusakan yang terjadi. Atau Anda harus keluar uang lebih untuk melakukan perbaikan TV LED tersebut.

Baca Juga : Cara Tepat Memperbaiki TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambarnya

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar TV LED awet dan tidak cepat rusak. Bagaimanakah caranya silahkan cek di bawah ini.

Cara Menjaga TV LED Tetap Agar Lebih Awet

Perhatikan Letak TV LED

Bentuk TV LED yang tipis memang memudahkan kita untuk memasangnya dimana saja tetapi bukan berarti bisa sembarangan. Dimana kita menempatkan TV tersebut akan berpengaruh terhadap keawetannya. Sebaiknya letakkan TV LED di tempat yang relatif aman dan tidak mudah jatuh agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pilihlah bidang yang datar untuk menempatkan TV LED seperti posisi di tengah meja agar tidak mudah bergeser dan jatuh.

Terlindung dari Sinar Matahari

Agar TV LED awet carilah tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung untuk menempatkannya. Sinar matahari bisa membuat layar pada TV menjadi kusam dan juga bisa membahayakan suku cadang didalamnya sebagai akibat dari radiasi. Pastikan TV LED berada di tempat yang cukup terlindung dari sinar matahari langsung agar bisa lebih lama digunakan.

Jauhkan dari Magnet

Selain sinar matahari, hal lain yang harus Anda jauhkan dari TV LED adalah segala benda yang mengandung magnet. Adanya medan magnet yang berada di sekitar TV LED akan mengganggu kerja mesin dalam pesawat televisi tersebut. Jika hal tersebut terjadi lama kelamaan akan membuat TV Anda rusak. Contoh benda yang mengandung medan magnet misalnya adalah speaker aktif jadi jauhkan benda tersebut dari TV LED Anda.

Jauhkan dari Smartphone

Menjauhkan TV LED dari smartphone Anda juga termasuk upaya untuk membuatnya lebih awet. Terlebih jika televisi sedang dalam kondisi menyala pastikan ponsel Anda tidak berada didekatnya. Sistem kerja pada TV LED memang bisa terganggu jika berada di dekat gelombang sinyal dari smartphone. Jadi agar TV LED awet jangan terlalu sering mengoperasikan smartphone di dekat televisi yang sedang menyala.

Matikan TV Dengan Cara yang Benar

Bagaimana Anda ingin TV LED memiliki umur penggunaan yang panjang dan lama bagaimana cara untuk mematikannya juga harus diperhatikan. Bagaimana cara untuk mematikan yang benar? Matikan dulu TV dengan menggunakan remote setelah itu baru cabut kabelnya.

Referensi Kami : Cara Mudah Memperbaiki TV LED yang Mendadak Mati

Agar TV LED awet memang kabel sebaiknya dicabut agar komponen dan suku cadang didalamnya tidak rusak. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga kondisi dari power supply agar tidak cepat aus karena harus bekerja secara terus menerus. Jika TV LED lebih awet sama saja Anda akan lebih menghemat uang bukan.

Bersihkan dari Debu

Kalau Anda ingin TV LED bisa lebih awet jangan malas untuk membersihkannya. Tanpa disadari banyak kotoran terutama debu yang menempel pada pesawat televisi tersebut yang bisa menimbulkan kerusakan. Debu yang menempel pada permukaan televisi lama kelamaan akan masuk dan merusak komponen yang ada di dalam TV LED.

Jadi agar TV LED awet rajinlah membersihkannya dengan menggunakan kemoceng, lap bersih atau juga bisa dengan cairan optik yang bisa dibeli di toko perlengkapan komputer di kota Anda. Ingat, jangan gunakan sembarang cairan untuk membersihkannya seperti air sabun misalnya.

Demikian pembahasan mengenai cara agar TV LED awet, semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca semua.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.